Tips Cara Melepas dan Memasang Bearing Pompa Air

Seiring dengan berjalannya waktu, pompa air yg selalu kami gunakan sehari-hari juga mampu mengalami persoalan gangguan atau kerusakan pada beberapa bagian mesin pompa air tersebut, dan salah satu unsur yg terkadang rusak ialah bearing atau laher. Bearing sendiri termasuk salah sesuatu spare part pompa air yg penting peranannya, itu sebab seandainya bearing rusak maka akan menciptakan suara yg berisik dan jika bearing hingga mengalami macet bahkan hal ini mulai berakibat fatal pada dinamo mesin pompa air anda.

Untuk itu, utama juga mengamati masalah bearing pada pompa air sehingga diharapkan langkah pencegahan dengan cara mengganti spare part yang sesuatu ini agar tidak terjadi sesuatu yg tidak diharapkan mirip terjadinya kerusakan dinamo dan semacamnya.

Selain bunyi berisik dikala pompa air dinyalakan lazimnya bearing juga mengalami sedikit kemacetan (bukan macet total) sehingga hal ini membuat pompa air bekerja secara komplemen akibat beban dari bearing yang sedikit macet tersebut, dan mungkin anda tidak sadar bahwa problem ini bisa memperpendek usia pakai mesin pompa air anda. Oleh alasannya itu segeralah atasi dilema ini dengan cara mengganti bearing pompa air anda agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

Artіkеl Tеrkаіt : Tаndа-tаndа Kеruѕаkаn Bеаrіng (Lаhеr) Pаdа Mеѕіn Pоmра Aіr

Nah mungkin mengganti suatu bearing pada mesin pompa air yaitu hal yg remeh bagi mereka yang sudah sudah biasa, namun bagi mereka yang masih awam atau kurang mempunyai pengalaman hal ini pasti mulai lebih sukar, bahkan saya juga sering menjumpai beberapa orang awam yg melaksanakan perbaikan memasang bearing pada pompa airnya, namun sesudah dicoba ternyata bearing tersebut masih mengeluarkan suara yg berisik padahal bearing yang terpasang tersebut masih baru.

Tentunya persoalan ini bukan berasal dari bearing yg masih baru tersebut, namun penyebabnya yakni pada proses pemasangannya yg kurang tepat sehingga bearing gres sampai cacat.

Memang sedang pemasangan bearing pada mesin pompa air mesti dijalankan dengan pelan dan berhati-hati, pasti hal ini bermaksud buat menghindari kesalahan-kesalahan yang fatal mirip yg sudah terjadi pada kasus diatas. Nah bagi anda yg masih awam tetapi ingin melakukan penggantian bearing sendiri, maka anda mampu mendengarkanuraian dibawah ini tentang tips tindakan cara mengubah bearing yg sempurna dan benar.

Bеrіkut Tірѕ Lаngkаh Cаrа Mеlераѕ dаn Mеmаѕаng Bеаrіng Pоmра Aіr 

1. Langkah pertama bersihkan dulu kotoran-kotoran yang ada pada as serpihan depan, tentu hal ini berencana untuk mempermudah proses mengubah bearing depan nantinya, begitu pula dengan as cuilan belakangnya. Hal ini jangan hingga anda lewatkan sebab bila terlupakan maka proses melepas dan memasang bearing nanti akan menjadi sangat sukar alasannya adalah membutuhkan tenaga aksesori.

Makara, pastikanlah bahwa tidak ada sisa-sisa kotoran yg masih menempel, untuk proses membersihkan secara efektif lakukan pengamplasan menggunakan kertas gosok halus yang dibantu dengan menyalakan mesin pompa air anda.
2. Jika sudah higienis, maka berikutnya bongkar dan ambil asnya, lalu lepaskan bearing yang rusak memakai trekker.
3. Jika sudah terlepas bearingnya, maka pribadi siapkan bearing barunya untuk dipasang nanti.
Kemudian gunakan tutup cover rumah motor buat diletakkan diatas dudukan yg agak tinggi kira-kira kalau as dipasang hingga mentok kebawah as tidak sampai menyentuh ganjal atau lantai.
Disini saya menggunakan selotip selaku dudukannya karena saya pikir selotip mulai sedikit meredam hantaman keras dikala proses memasang bearing nantinya.

4. Sebelum pemasangan bearing dijalankan, apalagi dulu letakkan mika seal kedalam lubang kawasan bearing, letakkan tepat di tengah dan jangan sampai miring.
Gunakan mikanya (yang warna putih) saja dan buang karet hitamnya. Untuk mendapatkan mika seal ini, anda harus membeli sparepart oli seal pompa air gres ditoko-toko elektronika terdekat yang lazimnya sudah termasuk mika sealnya.
Sраrе раrt оlі ѕеаl bаru
Bаса Jugа : Pаnduаn Mеnggаntі Olі Sеаl Pоmра Aіr Yаng Bосоr

5. Jika telah, maka sekarang mulai lakukan proses memasang bearingnya. Pukul asnya dengan palu secara berlahan dikala memulai menyearahkannya ke titik sentralnya atau titik tengah.
Apabila telah pas ditengah maka teruskan dengan pukulan yg agak keras hingga bearing menyentuh snap ring.
Jіkа bеаrіng ѕudаh mеnjаmаh ѕnар rіng ѕереrtі раdа gаmbаr аnаk раnаh dіаtаѕ mаkа реmаѕаngаn bеаrіngnуа ѕudаh аkhіr.
Bеаrіng bаru ѕudаh tеrраѕаng dаn ѕіар dіgunаkаn lаgі bаgі mеѕіn роmра аіr аndа.

Yang aku contohkan diatas ini ialah pemasangan bearing bab depan saja, hal ini mengenang bearing kepingan belakang kondisinya masih anggun. Untuk pemasangan bearing serpihan belakang cara memasangnya pun tidak jauh berlawanan dengan yg diatas.

Dengan menerapkan tindakan diatas pemasangan bearing tidak mulai memiliki masalah. Cara mirip ini senantiasa saya terapkan ketika mengganti bearing konsumen saya dan itupun senantiasa berlangsung dengan baik.

Oke mungkin cukup sekian dulu bagi artikel aku kali ini. Semoga artikel ini mampu berfaedah dan membantu masalah anda.

Post a Comment for "Tips Cara Melepas dan Memasang Bearing Pompa Air"