Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus

Apakah anda pernah mengalami kipas angin yg putarannya lambat atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali dan ketika baling-baling digerakkan dengan tangan serasa berat atau seret? Jika pernah, maka itu disebabkan oleh bos dan rotor kipas angin yang melaksanakan dalam kondisi macet atau seret sehingga membuat kipas angin putarannya lambat atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali.

Umumnya penyebab kemacetan pada serpihan bos dan rotor atau as tersebut dikarenakan oleh kemasukan debu yang cukup tebal sehingga kipas angin menjadi berat putarannya, atau mampu juga lantaran memang terdapat kerusakan pada kepingan bos kipas angin tersebut yang aus dan minta diganti.

Keausan atau rusaknya bos tersebut sebenarnya berawal dari abu garang yg menggerus permukaan bos alasannya bersentuhan secepatnya dengan rotor atau as. Nah, jika anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya karena jika bos telah mengalami aus, lazimnya rotor atau as juga akan ikut aus jikalau kipas angin senantiasa digunakan dan pastinya ausnya rotor tersebut akibat tergerus oleh bos yang aus tadi.

Kaprikornus, lebih baik anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya dan kemudian secepatnya melakukan perbaikan adalah dengan mengganti bos yang sudah aus tersebut, hal ini bagi menghalangi terjadi kerusakan yang lebih parah lagi misalnya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.

Untuk itu pada kesempatan kali ini aku mulai membicarakan perihal bagaimana cara mengganti bos kipas angin yg aus, proses perbaikan ini bantu-membantu cukup gampang dan anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tempat jasa reparasi.

Baiklah untuk mengganti bos kipas angin yg aus ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti seperti di bawah ini.

Cаrа Mеnggаntі Bоѕ Kіраѕ Angіn Yаng Auѕ

Tentu saja pertama-tama kalian harus membuka semua epilog kipas anginnya mulai dari pelindung baling-baling, cover depan (penutup dinamo depan) dan juga gearbox yg ada dibelakang dinamo.

Setelah semua proses membongkar atau membuka yg diatas telah tamat, maka lanjutkan dengan memisahkan cuilan motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya untuk mengambil kedua rumah bosnya, dan jikalau dibutuhkan potong juga kabel yang mengarah ke dinamonya, sebab kadang-kadang ada beberapa merek yg tidak bisa dilepas secepatnya kabelnya sehingga harus memotongnya.

Lihat pada gambar dibawah ini
Keterangan :
1. Bos depan dan belakang
2. Bagian as atau rotor yg menjamah bos

Periksa pada kedua bosnya tersebut, umumnya yang kadang rusak yaitu bos cuilan depan, tetapi juga tidak menutup kemungkinan bos serpihan belakang mengalami kerusakan, kesimpulannya ialah anda harus melaksanakan penggantian bos yang aus dengan yg gres walaupun mesti mengganti keduanya. Bos gres ini mampu anda beli ditoko-toko elektronika terdekat di daerah anda.

Jangan lupa buat memeriksa asnya juga, umumnya akan terasa ada garis-garis yg agresif jika diraba dengan tangan. namun bila tidak terlalu parah, ini mampu diselesaikan dengan cara mengamplasnya dengan amplas super halus namun amplas sedikit saja karena cara ini hanya bertujuan untuk menghilangkan permukaan agresif atau keausan pada asnya, alasannya adalah rotor atau as yang aus tersebut kalau dibiarkan mulai membuat bos yang baru kami ganti akan ikut aus atau rusak dikala kipas angin digunakan.

Oke bila anda sudah paham serpihan bos mana yang perlu diganti, maka pribadi saja kami lakukan penggantiannya dengan melepaskan terlebih dulu cangkang bosnya dengan melepas 3 pengunci seperti pada gambar berikut.
Anda mesti berhati-hati ketika melepas tiga pengunci ini, gunakan obeng min bagi membengkokannya karena pengunci ini rawat patah, bengkokkan dengan berlahan sampai bisa dilepas.

Jika sudah maka lepaslah dan keluarkan bosnya, ingat baik-baik posisi atau urutan pecahan-bagiannya.
Keterangan :
1. Cangkang bos
2. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
5. Rumah bos

Bersihkan setiap cuilan-bagiannya mirip cangkang, peredam dan belahan yg lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan belahan-bagiannya seperti semula. Sebagai pelengkap saja, anda bisa memberi lem buat memperkuat 3 penguncinya, namun tetap kerjakan dengan hati-hati jangan hingga bosnya terkena lem.
Jangan lupa bagi memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu dikenang jangan memakai pelumas asal pilih semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket, lantaran itu cuma akan menciptakan bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yg cantik misalnya seperti minyak mesin jahit singer yang aku gunakan dibawah ini.
Setelah bos telah diganti maka kini tinggal memasang kembali semua bab-bagiannya mirip dinamo, as, gearbox dan beberapa belahan lainnya tergolong juga sambungan kabelnya seandainya belum tersambung.

Kembalikan seluruhnya seperti sediakala kemudian colokan steker kipas angin ke sumber listrik dan wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan semua serdadu nyamuk. haha ..

Oke mungkin cukup sekian, gampang-mudahan artikel ini bisa menolong dan berfaedah bagi anda semua, selamat menjajal dan biar sukses. Jika ada beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan memakai kotak komentar dibawah.

Post a Comment for "Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus"