Inilah Penyebab Timbulnya Percikan Api Pada Instalasi Listrik

Seperti yang kalian ketahui bareng bahwa, listrik ialah suatu energi yg sungguh berguna bagi kehidupan kalian sehari-hari, karena dengan adanya listrik, nyaris seluruh pekerjaan atau acara sehari-hari di rumah bisa terselesaikan dengan cepat dan gampang, tetapi disamping keuntungannya yg sangat bermanfaat tersebut, listrik juga dapat membahayakan kalian sebagai penggunanya. Listrik mempunyai resiko bahaya yg sangat besar bagi insan mirip tersengat listrik (kesetrum) atau kebakaran balasan listrik tersebut.

Tahukah anda bahwa rata-rata penyebab kebakaran yg umum terjadi pada rumah-rumah atau pasar dan aneka macam bangunan lainnya tersebut, ternyata diakibatkan oleh listrik. Kebakaran tamat listrik ini, berasal dari percikan api yang muncul pada instalasi listrik yg terpasang tersebut, sehingga kalau terdapat benda yg gampang terbakar di dekatnya, maka mulai menimbulkan kebakaran.

Jadi, bagi menghalangi terjadinya kebakaran tersebut, maka kami harus mengatasi masalah timbulnya percikan api pada instalasi listrik kalian.

Lalu, apa saja yg menyebabkan terjadinya percikan api pada instalasi listrik tersebut?

Beberapa penyebab timbulnya percikan api pada instalasi listrik di rumah, antara yang lain :

1. Stор Kоntаk Yаng Lоnggаr
Sоurсе іmаgеѕ : www.ѕhuttеrѕtосk.соm
Mungkin banyak diantara kita yg pernah mengalami, ketika mencolokkan steker peralatan listrik kami ke stop kontak, dan saat itu juga itu akan terjadi percikan api yang timbul pada stop kontak tersebut, hal ini terjadi alasannya stop kontak yang dipakai telah longgar, dan kalau percikan api tersebut selalu dibiarkan maka akan semakin besar dan mulai menimbulkan panas yg berlebih, sehingga stop kontak atau kabel bisa meleleh bahkan terbakar.

Oleh karena itu, tentukan stop kontak dan colokan yang anda pakai dalam keadaan baik serta tidak longgar, serta pilihlah stop kontak dan steker yg berkualitas berbahan kuningan.

2. Tеrmіnаl Kаbеl Yаng Lоnggаr
Sоurсе іmаgеѕ : www.dіуnеtwоrk.соm
Hampir pada setiap peralatan listrik rumah kalian, mempunyai terminal kabel yg berbentuksekrup/baut daerah memasangkan kabel di dalamnya. Contohnya saja terminal kabel tersebut bisa kita temui pada MCB, saklar, fitting lampu, steker, stop kontak, dan lainnya sebagainya.

Jika baut pengikat kabel yang terpasang tersebut longgar, maka hal ini mulai mengakibatkan timbulnya percikan api dikala dialiri arus listrik, dan kalau muncul percikan api, maka segera matikan dan periksa baut terminal kabelnya, lalu tentukan setiap baut terminal kabel terpasang dengan kencang dan tidak longgar. Percikan api pada terminal kabel ini umumnya mulai ditandai dengan keadaan terminal seperti gosong (berwarna kehitaman), dan suhu perlengkapan listrik juga lebih panas.

Jika anda pernah mengalami kondisi tersebut lakukan pencegahan adalah dengan menentukan baut terminal buat mengencangkan kabel tersebut terpasang dengan baik dan kuat, seandainya kondisi terminal kabel sudah rusak, maka secepatnya gantilah peralatan listrik tersebut dengan yg gres dan yang berkualitas pula.

3. Sаmbungаn Kаbеl Yаng Kurаng Kuаt/Lоnggаr
Sоurсе іmаgеѕ : www.hоwtоgееk.соm
Di dalam instalasi listrik di rumah kalian tentu saja pasti terpasang sambungan kabel yang banyak, dan bila sambungan kabel tersebut dalam keadaan longgar atau kendor, hal ini mampu menimbulkan terjadinya percikan api pada sambungan tersebut, kalau hal ini dibiarkan maka bukan mustahil akan menyebabkan benda-benda yang gampang terbakar disekitarnya mulai ikut terbakar sehingga akan mengakibatkan kebakaran.

Oleh karena itu, memutuskan setiap sambungan-sambungan kabel instalasi listrik di rumah kami telah dipasang dengan baik dan kuat adalah hal yang sempurna, kita mampu melakukannya sendiri atau meminta teknisi listrik untuk melaksanakan investigasi secara terencana.

4. Ukurаn Kаbеl Yаng Tіdаk Sеѕuаі
Sоurсе іmаgеѕ : аutоmаtіоnfоrum.іn
Perlu diamati bahwa, kalau kabel yang digunakan untuk instalasi listrik terlalu kecil, maka mulai penyebabkan terjadinya kebakaran, Karena saat kabel yang ukurannya tidak cocok tersebut dilalui arus listrik yg cukup besar yg melebihi batas kesanggupan kabel tersebut, maka yang mau terjadi yakni suhu kabel menjadi panas dan usang kelamaan akan menciptakan kabel meleleh dan terjadi percikan api/terbakar.

Oleh lantaran itu, penyeleksian jenis kabel juga mesti disesuaikan dengan penggunaannya, seleksilah macam kabel yg cocok dengan kemampuan hantar arus (KHA) seperti halnya pada tabel spesifikasi diatas.

5. Pеmаkаіаn Pеrаlаtаn Lіѕtrіk Yаng Bеrlеbіhаn Pаdа Sаtu Stор Kоntаk
Sоurсе іmаgеѕ : www.llоуdеlесtrісаl.со.nz
Saat kami memakai peralatan listrik di rumah usahakan supaya tidak memakainya berlebihan atau berbarengan pada satu stop kontak, penggunaan beberapa perlengkapan listrik pada yg berlebihan pada sesuatu stop kontak, mampu menjadikan stop kontak tersebut panas dan terjadinya percikan api.

Jadi kita mesti menyesuaikan antara beban listrik atau daya listrik yg dipakai dengan kesanggupan kabel serta stop kontak yg tersedia, dan jangan terlampau banyak memasang colokan listrik pada sesuatu stop kontak, usahakan satu stop kontak cuma bagi penggunaan sesuatu perlengkapan listrik.

6. Kоrѕlеtіng lіѕtrіk
Sоurсе іmаgеѕ : dіаrу-оf-еlесtrіс.blоgѕроt.соm
Penyebab timbulnya percikan api yang paling kadang ialah karena disebabkan oleh korsleting listrik pada instalasi listrik di rumah kita, ketika korsleting listrik ini terjadi arus listrik yang dihasilkan sangatlah besar sehingga kabel tidak mampu menahan besarnya fatwa listrik tersebut dan kabel tersebut mulai meleleh saking panasnya dan kemudian timbul percikan api.

Konsleting listrik tersebut terjadi karena terhubungnya kabel fasa dengan netral secara pribadi tanpa melalui beban listrik, semisal lampu atau perlengkapan listrik yg lainnya. Oleh karena itu, pastikan kabel listrik tidak mengalami arus bocor karena hal ini bisa berpotensi terjadi korsleting listrik dan begitu juga dengan perlengkapan listrik di rumah, pastikan perlengkapan listrik tersebut tidak rusak (short). Gunakan pengaman rangkaian mirip MCB atau sekring buat menghalangi terjadinya kekerabatan pendek arus listrik (korsleting listrik).

Sekian dulu bagi artikel kali ini biar berfaedah.

Post a Comment for "Inilah Penyebab Timbulnya Percikan Api Pada Instalasi Listrik"