Pilihan Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca dengan Mudah

Hardisk eksternal menjadi salah satu penyelesaian terbaik untuk menambahkapasitas penyimpanan data. Namun sering kali ada problem juga pada pemakaian hardisk ini, misalnya yaitu data yang ada di dalam hardisk tidak bisa terdeteksi atau terbaca. Kali ini akan dibahas beberapa pilihan cara menanggulangi hardisk tidak terbaca biar mampu kembali digunakan secara tanpa gangguan.

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Terlebih dahulu mari cari tahu apa bahwasanya yang menimbulkan suatu hardisk tidak bisa terbaca. Ada beberapa faktor yang menimbulkan hardisk sukar terbaca di perangkat laptop maupun PC. Biasanya faktor pertama alasannya duduk perkara usia dari hardisk sehingga performa atau kinerjanya akan menyusut. Jika ini menjadi masalahnya maka perlu dikerjakan penggantian hardisk ke yang lebih baru.

Namun ada juga beberapa penyebab yang sesungguhnya masih mampu teratasi tanpa harus berbelanja hardisk gres. Misalnya saja seperti kesalahan pada kabel, adanya serangan virus, terjadinya crash file, dan lain sebagainya. Bisa juga kendala membaca hardisk ini disebabkan oleh faktor kinerja komputer atau PC yang digunakan.

Intinya, hambatan dalam membaca hardisk ini tentu akan sungguh mengusik penggunanya. Apalagi jikalau hardisk tersebut dipakai untuk keperluan kerja. Pasti permasalahan pekerjaan akan terhambat bila terus terjadi hambatan dalam membaca isi data di dalam hardisk. Oleh karena itu diharapkan pilihan solusi yang tepat supaya hardisk bisa terbaca dan bekerja dengan lancar.

Solusi yang Bisa Dipilih

Ada beberapa penyelesaian yang mampu diandalkan biar data dalam hardisk kembali mampu terbaca. Pengguna bisa mencoba solusi ini satu per satu jika memang penyebab hambatan tersebut tidak dimengerti dengan terang. Berikut ialah beberapa pilihan solusi atau cara menangani hardisk tidak terbaca dengan mudah:

1. Lakukan Update Driver

Pilihan cara pertama yakni melakukan update driver. Terkadang Windows memiliki hambatan driver yang menjadikan hardisk ini susah terbaca oleh File Explorer. Kaprikornus lebih baik lakukan update terlebih dahulu dengan cara membuka sajian Start dan ketik Device Manager. Begitu menemukan menu tersebut eksklusif saja klik Enter untuk memasukinya.

Segera perbesar hidangan Disk Drive juga Universal Serial Bus. Di sana pengguna mampu menyaksikan apakah hardisk tersebut muncul atau tidak di sajian. Selanjutnya tinggal diseleksi hardisk eksternal yang dipakai lalu klik kanan dan ambil opsi Properties. Akan muncul menu pop up, pribadi saja klik tab Driver di sana dan klik pilihan Update Driver di bab bawah.

Jika langkah ini terlalu susah, maka pengguna bisa pribadi menyelidiki hardisk. Cek situs manufaktur hardisk untuk menemukan jenis driver yang spesifik. Ini akan lebih mempermudah pengguna dalam melakukan update driver untuk memperlancar pembacaan hardisk.

2. Ganti USB Port

Langkah paling mudah yang bisa dijalankan saat hardisk tidak bisa terbaca adalah mengganti USB port yang digunakan. Dalam sebuah perangkat PC atau laptop, ada beberapa tipe USB port. Hardisk bisa saja tidak terbaca alasannya pengguna memasukkan kabel ke USB port yang tidak tepat. Misalnya, hardisk dicolokkan ke USB port 3.0 maka bisa dicabut kemudian diganti ke USB port 2.0.

Apabila cara ini tidak berhasil maka cobalah untuk mengubah jenis perangkat yang digunakan. Bisa ke sesama PC Windows atau bisa juga dicoba ke perangkat Mac bila tersedia. Cara ini juga bisa dijalankan untuk mengenali dimana letak dilema yang terjadi sampai menjadikan hardisk sulit terbaca.

3. Lakukan Format Ulang

Pilihan cara menanggulangi hardisk tidak terbaca berikutnya yakni dengan melaksanakan format ulang. Namun mesti dimengerti dulu bahwa proses ini secara otomatis akan menghapus semua data yang ada di dalam hardisk. Oleh sebab itu pengguna dianjurkan untuk menyelamatkan data-data penting apalagi dahulu.

Agar mampu melakukan format hardisk, silakan klik opsi start sajian Windows dan ketikkan Disk Management. Kemudian pilih pilihan Create and Format Hard Disk Partitions atau mampu juga dengan menekan variasi tombol keyboard Windows + R. Setelah itu akan timbul halaman Run dan eksklusif saja ketikkan diskmgmt.msc. Selanjutnya akan timbul laman Computer Management dan mampu langsung format ulang hardisk.

4. Lakukan Pembersihan

Langkah ini sangat direkomendasikan saat hardisk tetap tidak mampu terbaca padahal telah diformat sebelumnya. Hal ini bisa saja terjadi alasannya proses pencucian kurang sempurna sehingga harus dibersihkan lagi. Langsung saja masuk ke sajian Start dan ketik diskpart lalu tekan tombol enter. Setelah itu akan timbul prompt dan langsung saja ketik list disk lalu tekan lagi tombol enter.

Langsung saja cari drive yang terlihat di sana kemudian laksanakan command select nama drive tersebut dengan memakai hardisk yang akan dibersihkan. Segera ketik clean lalu tekan tombol enter. Langkah ini akan meniadakan semua data yang tersimpan dalam hardisk. Pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di hardisk tersebut.

5. Ganti Letter Hardisk

Pilihan cara menangani hardisk tidak terbaca yang satu ini bisa dipraktekkan pada keadaan khusus. Kondisi tersebut saat pengguna memperoleh tidak ada aksara khusus yang ada di samping nama hardisk. Makara saat melakukan terusan ke perangkat komputer, umumnya akan muncul nama-nama drive dan di sampingnya ada aksara khusus. Jika karakter ini tidak ada maka secara otomatis isi drive tidak terbaca.

Cobalah untuk mengganti letter harddisk semoga isi hardisk bisa terbaca dengan lancar. Caranya mudah, klik kanan volume yang dimaksud lalu pilih pilihan Change Drive Letter and Paths. Begitu masuk pilihan hidangan tersebut pengguna bisa langsung menambahkan abjad. Pilih saja karakter yang tolok ukur seperti H, G, dan J.

6. Aktifkan Hardisk di BIOS

Cara selanjutnya yang mampu dicoba yaitu mengaktifkan hardisk di BIOS. Ketika hardisk eksternal tidak aktif di BIOS maka metode operasi tidak akan mampu terdeteksi dan isi hardisk tidak mampu muncul di Windows. Langsung saja restart komputer dan tekan tombol BIOS sesuai dengan perangkat komputer yang dipakai. Kemudian pakai tombol panah yang ada di keyboard dan pilih Integrated Peripherals lalu tekan enter.

Selanjutnya, pengguna mampu memilih opsi USB Controller dan mengusut apakah kondisinya aktif atau tidak. Jika tidak aktif maka bisa langsung diubah menjadi Enabled. Setelah itu tinggal simpan dan keluar dari BIOS kemudian perangkat mampu di-restart untuk memeriksa kembali apakah hardisk mampu terbaca atau tidak.

7. Ganti Kabel yang Digunakan

Setelah menjajal semua cara tetapi hardisk tetap tidak bisa terbaca, maka pengguna mampu segera mengubah kabel yang dipakai pada hardisk. Bisa saja kendala dalam membaca hardisk ini disebabkan oleh kerusakan kabel. Jadi belilah kabel hardisk yang gres atau gunakan kabel hardisk yang lain yang sesuai.

Itulah tadi pilihan cara menanggulangi hardisk tidak terbaca di perangkat komputer atau laptop. Penyebab hardisk tidak terbaca oleh perangkat ini memang sangat beragam. Makara, cobalah satu per satu cara-cara ini untuk memperoleh penyelesaian yang tepat. Pasti akan ada satu cara yang cocok dan bisa membantu hardisk terbaca kembali.


Post a Comment for "Pilihan Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca dengan Mudah"