Cara Mematikan Sensor Proximity HP Oppo dengan Menggunakan Aplikasi

Pengguna Android tentunya pernah melihat layar ponsel yang mati dikala sedang menerima panggilan. Momen mirip ini sering kali terjadi pada HP Android yang mempunyai sensor proximity, tergolong HP Oppo. Apabila pengguna terganggu dengan adanya sensor tersebut, maka mampu menginstal aplikasi dan mempelajari cara mematikan sensor proximity HP Oppo sebagaimana pembahasan berikut:

Kegunaan Sensor Proximity

Sebelum beranjak jauh pada pembahasan cara mematikan sensor proximity HP Oppo, pembaca perlu memahami kegunaannya terlebih dahulu pada smartphone. Sehingga, pengguna dapat mempertimbangkan untuk mematikan sensor tersebut atau membiarkannya menyala. Setiap smartphone umumnya dilengkapi dengan sensor jarak yang dikenal dengan sensor proximity.

Kegunaan sensor ini adalah untuk mendeteksi eksistensi objek yang posisinya dekat dengan HP. Selebihnya sensor proximity melakukan pekerjaan dengan cara mematikan layar sentuh saat HP berada di objek tertentu. Itulah sebabnya, layar ponsel akan mati ketika HP ditaruh dekat indera pendengaran dikala sedang menelpon. Sebaliknya, layar akan hidup lagi saat HP menjauh dari telinga.

Cara Mematikan Sensor Proximity di HP Oppo Menggunakan Aplikasi

Sebetulnya cara mematikan sensor proximity HP Oppo tidaklah terlalu sulit, alasannya adalah smartphone ini mempunyai setelan yang mampu dikontrol dengan leluasa. Tetapi untuk HP Oppo versi terbaru, layanan tersebut tidak bisa didapatkan. Sehingga, pengguna mampu mengatur sensor proximity melalui dukungan aplikasi. Berikut usulan 7 aplikasi beserta cara mematikan sensor proximity yang bisa dipelajari:

1. Proximity Sensor Screen On Off

Aplikasi ini dikembangkan oleh Argon Dev dan mulai diluncurkan pada Oktober 2021. Proximity Sensor Screen On Off didedikasikan guna mengontrol sensor yang terdapat pada HP Android, termasuk HP Oppo. Layanan yang tersedia pada aplikasi tersebut sangat membantu utamanya untuk HP Oppo yang tidak menyediakan pengaturan sensor.

Apabila pengguna membuka halaman pertama dari Proximity Sensor Screen On Off, di sana akan terlihat bab Service Enabled. Opsi ini bisa diatur sedemikian rupa semoga sensor mati atau menyala. Apabila tombol berada di sebelah kanan, mempunyai arti sensor sedang aktif. Cara mematikan sensor proximity HP Oppo lewat aplikasi yakni dengan menggulirkan tombol ke segi kiri.

2. Proximity Screen Off Lite

Aplikasi ini dikembangkan oleh Shailesh Soliwal dan rilis pada Desember 2010. Proximity Screen Off Lite menunjukkan akomodasi untuk mengontrol waktu nyala dan mati dari layar ponsel. Aplikasi ini juga mampu diterapkan untuk mengatur sensor layar pada HP Android. Sehingga pengguna mampu mengaktifkan atau menonaktifkan layar saat sedang menelpon.

Proximity Screen Off Lite sungguh gampang dioperasikan, pengguna mampu menginstalnya apalagi dulu pada HP Oppo. Adapun cara mematikan sensor proximity HP Oppo bisa dijalankan dengan cara membuka fitur Screen Off. Aktifkan fitur tersebut supaya sensor proximity yang terdapat pada HP tidak menyala lagi. Kemudian, cobalah menelpon untuk memutuskan bahwa sensor telah mati.

3. KinScreen

Apabila pengguna HP Oppo memperoleh persoalan berhubungan dengan layar yang gampang mati. Baik saat dipakai untuk menelpon, charging, maupun penggunaan aplikasi tertentu. Maka alternatif yang mampu dilaksanakan yakni dengan menginstal KinScreen dan memasangnya pada ponsel. Aplikasi ini dikembangkan oleh TESTIC dan rilis di bulan April 2014.

Cara mengoperasikan aplikasi sangatlah sederhana, silahkan buka KinScreen untuk pertama kalinya sesudah mengunduh. Pada tampilan permulaan, pengguna akan menemukan opsi sensor proximity. Klik bagian checklist tersebut untuk menonaktifkan sensor tersebut. Sekarang pengguna tidak perlu khawatir lagi layar akan mati ketika ponsel sedang dioperasikan.

4. Proximity Sensor Open App

Fitur mematikan layar ponsel pada HP Oppo saat dipakai untuk telepon sesungguhnya mempunyai tujuan yang baik. Tidak lain supaya mampu mengurangi daya baterai, ataupun menyingkir dari gesekan yang menyebabkan berpindahnya sajian. Akan tetapi, untuk pengguna yang menelepon sambil memakai aplikasi lain maka sensor proximity pastinya akan sedikit mengganggu.

Proximity Sensor Open App bisa diinstal apalagi dahulu pada perangkat HP Oppo yang dimiliki. Pada tampilan pertama kali, pengguna akan memperoleh Service Enable dengan tombol yang menyala (ditandai dengan warna biru). Tombol ini sesungguhnya mempunyai arti bahwa sensor proximity yang terdapat pada smartphone dalam keadaan baik dan sedang aktif.

Adapun cara mematikan sensor approximity HP Oppo mampu dilihat pada bagian Serviced Enable. Hampir serupa dengan aplikasi lainnya, sensor tersebut tentunya mampu dinonaktifkan dengan cara menggulirkan tombol tersebut ke arah kiri hingga warna birunya menghilang. Selain itu, pengguna juga bisa menertibkan notifikasi selaku pengingat kalau akan menuntaskan pekerjaan menggunakan HP.

5. Proximity Service

Bila pengguna memiliki problem terkait sensor proximity yang membuat layar mudah mati ketika menerima panggilan, aplikasi ini sangat diusulkan. Proximity Service dikembangkan oleh ssaqua yang lalu diluncurkan pada bulan Juli 2016. Layanan ini berkonsentrasi untuk mengontrol sensor layar dikala sedang digunakan untuk banyak sekali acara.

Pengguna bisa memasang Proximity Service dan pastikan muncul ikon pada beranda HP Oppo. Cara menonaktifkan sensor dikerjakan dengan klik satu kali pada ikon tersebut, kemudian pilih Settings. Selanjutnya layar ponsel akan menampilkan isu bahwa sensor proximity sedang aktif. Klik Turn Off semoga sensor non aktif, kini layar akan terus menyala sampai pengguna mengunci ponsel.

6. [XPOSED] Sensor Disabler

Memodifikasi sensor bawaan yang terdapat pada HP Android akan lebih mudah dikerjakan dengan dukungan Xposed. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mematikan sensor jarak maupun jenis sensor yang lain yang terdapat pada ponsel. Terutama ketika layar mati ketika sedang menerima panggilan dan tidak menyala sampai telepon tersebut dimatikan. Tentu hal tersebut sangatlah kurang tenteram bagi pengguna.

Xposed dikembangkan oleh Wardell Bagby, yang lalu dirilis pada November 2015. Setelah memasangnya pada HP Oppo, silahkan membuka fitur sajian yang terdapat didalamnya. Untuk menonaktifkan sensor, klik opsi Proximity dan pilih Remove Sensor. Selanjutnya sensor tersebut akan dinonaktifkan guna menghindari layar ponsel yang menghitam dikala mendapatkan panggilan telepon.

7. Proximity Screen Off

Rekomendasi terakhir yang bisa diinstal untuk membantu mengontrol sensor proximity pada HP Oppo ialah Proximity Screen Off. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membangkitkan layar yang mati saat sedang diperlukan. Proximity Screen Off dikembangkan oleh Slash-/ dan diluncurkan pada April 2018, fitur ini membantu menangani duduk perkara pengaturan sensor yang tidak tersedia di beberapa Android.

Karena aplikasi ini tidak memiliki ukuran berkas yang besar, maka berbagai tipe HP akan kompatibel termasuk Oppo. Cara mematikan sensor proximity mampu dijalankan dengan klik satu kali pada ikon aplikasi. Selanjutnya akan timbul notifikasi untuk mematikan sensor proximity pada bagian atas layar. Tab notifikasi tersebut biar sensor pada HP Oppo dimatikan, sehingga layar akan terus menyala meski sedang menelpon.

Itulah penjelasan wacana aplikasi beserta cara mematikan sensor proximity HP Oppo yang bisa dipraktekkan dengan gampang. Terlepas dari berkhasiat atau tidaknya fitur ini untuk pengguna, sensor proximity perlu diperlakukan dengan baik semoga tidak mengalami kerusakan. Pengguna mampu membersihkan sensor proximity dengan tisu dan cairan pembersih lensa supaya terbebas dari abu.


Post a Comment for "Cara Mematikan Sensor Proximity HP Oppo dengan Menggunakan Aplikasi"