9 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Salah satu aplikasi yang sangat membantu pengguna smartphone Android adalah Play Store. Namun adakalanya aplikasi ini tidak bisa dibuka atau berhenti beroperasi. Maka, hal yang mesti dimengerti pastinya cara mengatasi play store yang tidak bisa dibuka. Teknik ini penting diulik agar mampu melanjutkan menggunakannya.

Bagaimana Memperbaiki Play Store Tidak Bisa Dibuka?

Jika berselancar mencari referensi supaya Play Store mampu digunakan kembali, pasti banyak sekali cara yang mampu dilaksanakan. Namun selaku langkah gampangnya, beberapa cara ini mampu dicoba sebelum menjinjing ponsel pintar ke service center:

1. Selaraskan Waktu dan Tanggal

Masalah bisa saja muncul alasannya ada perangkat yang belum tersinkronisasi, tergolong pengaturan date and time. Dengan demikian, cara menanggulangi play store yang tidak bisa dibuka termudah ialah menyelaraskan waktu dan tanggal pada hp. Caranya sangat gampang:

  • Masuk ke sajian pengaturan
  • Cari pengaturan tanggal dan waktu
  • Pastikan setting tanggal dan waktu serta zona waktu berada pada pengaturan otomatis
  • Setelah melaksanakan cara tersebut, coba buka kembali Play Store, sebab bisa saja aplikasi tersebut tidak mampu dibuka sebab ada settingan manual pada hp.

2. Hentikan Semua Mode yang Berjalan Pada Perangkat

Tidak terbukanya Play Store umumnya terkait dengan mode sambungan yang sedang dipakai. Maka caranya yakni menghentikan semua mode agar Play Store dapat dibuka lagi. Sebelumnya, apalagi dahulu menyambungkan jaringan internet, kemudian lakukan beberapa langkah berikut:

  • Play Store. Masuk ke Settings, lalu masuk ke manager aplikasi dan pilih Google Play Store. Berikutnya pilih ‘Force Stop’.
  • Wi-fi. Jika sedang terkoneksi wifi, matikan apalagi dahulu koneksi wifi, tunggu beberapa ketika kemudian nyalakan kembali.
  • Airplane mode. Lakukan cara yang serupa jikalau sedang memakai airplane mode, adalah aktifkan sejenak kemudian matikan lagi.
  • Matikan perangkat. Cara lain mampu dengan mematikan perangkat beberapa menit, kemudian nyalakan kembali dan coba lagi terusan Play Store.

3. Uninstall Pembaruan Play Store

Pembaruan otomatis kadang kala besar lengan berkuasa pada pengoperasian Play Store. Maka lakukan pengecekan berikut semoga Play Store dapat dipakai kembali:

  • Masuk ke menu pengaturan.
  • Pilih “aplikasi”, atau pada beberapa smartphone berjulukan “aplikasi dan notifikasi”.
  • Akses aplikasi “Google Play Store” di sajian tersebut.
  • Lakukan uninstall update.

4. Hapus File Sampah di Google Play Service

Play Store dan aplikasi lainnya mungkin berhenti beroperasi sebab cache atau file sampah yang menumpuk. Bukan pada file Google Play Store, tetapi pada Google Play Service yang menyinkron aplikasi dengan akun Google mirip email atau Google maps. Jika hal tersebut terjadi, maka kerjakan langkah berikut ini:

  • Masuk ke hidangan setting, kemudian saluran manajemen aplikasi.
  • Akses aplikasi “Google Play Service” pada hidangan tersebut
  • Pilih sajian “storage” lalu teruskan dengan bersihkan cache dan data
  • Lakukan restart hp dan saluran kembali Play Store.

5. Perbarui Aplikasi

Jika pembersihan file sampah di Google Play Service telah dilakukan tetapi belum juga dapat membuka Play Store, maka lakukan pembaruan pada file tersebut sebagai cara mengatasi play store yang tidak bisa dibuka.

  • Ketuk tanda titik tiga dan cari menu pengaturan pada aplikasi Play Store.
  • Akses Play Store Version atau versi Play Store.
  • Update model menjadi yang modern. Aplikasi tidak perlu dijalankan pembaruan jikalau pada sajian tersebut telah terbaca “Google Play Store is up to date”.

6. Reset Google Accounts

Berikutnya, melakukan reset pada akun Google juga merupakan cara menangani play store yang tidak bisa dibuka. Bisa juga dengan menghapus apalagi dulu akun google kemudian dipasang kembali. Cara melakukan reset akun google ialah dengan langkah mudah berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan pada hp, kemudian pilih akun google yang mencantumkan email yang terdaftar
  • Pilih akun google yang akan dihapus, kemudian tekan “delete”
  • Lakukan login ulang di hp memakai akun google tersebut
  • Coba kanal kembali Google Play Store

Cara ini pada dasarnya merupakan upaya untuk mensinkronisasi ulang akun google yang digunakan di hp. Dengan demikian, semua aplikasi yang terintegrasi dengan akun google seolah ter-restart dari awal, tergolong Google Play Store yang terintegrasi memakai akun google yang didaftarkan.

7. Pastikan RAM HP Masih Punya Ruang

Aplikasi Play Store yang tidak dapat diakses mungkin pula sebab ruang penyimpanan yang sudah penuh. Jika ini terjadi, maka semua aplikasi tentu saja akan melambat hingga tidak bisa dibuka. RAM ialah tempat penyimpanan memori sementara di hp, sebelum dipindahkan ke internal atau eksternal memory.

Komponen ini memiliki fungsi untuk membaca menyimpan gosip, sekaligus yang akan membaca data-data instruksi untuk dikerjakan oleh hp. Hal ini menciptakan kerja RAM sungguh berat karena seluruhnya dilaksanakan dengan sungguh cepat. Intensitas kerja tinggi tersebut, membuat memorinya mampu sewaktu-waktu sarat oleh file sampah dari banyak aplikasi.

Junk file inilah yang menyebabkan RAM tidak melakukan pekerjaan secara optimal. Akibatnya, Google Play Store dan aplikasi-aplikasi yang lain tidak bisa dibuka. Maka, pengguna mesti membersihkan dan mengosongkan ruang RAM sehingga bisa melakukan pekerjaan kembali untuk mengakses data dan berita. Lakukan langkah gampang ini:

  • Masuk ke sajian pengaturan setelan atau setting pada hp
  • Akses menu “manage apps” dan pilih “All”
  • Bersihkan cache pada setiap aplikasi satu persatu
  • Lakukan juga “clear data” untuk setiap aplikasi

Membersihkan RAM mampu juga dijalankan menggunakan aplikasi aksesori mirip “Clean Master”. Jika memasang aplikasi ini di hp, maka pengguna hanya tinggal menyentuhnya dan proses akan berlangsung secara otomatis.

Proses pencucian cache memakai aplikasi ini dapat dilaksanakan sekaligus untuk semua aplikasi. “Clean Master” akan melaksanakan scanning perangkat dan berikutnya melaksanakan proses otomatis. Jika proses sudah selesai, cek kembali apakah Google Play Store telah mampu digunakan kembali.

8. Mematikan Koneksi VPN

Berikutnya, ada cara memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka melalui deaktivasi VPN. Mungkin saja pengguna tanpa sengaja mengaktifkan VPN pada hp. Maka yang perlu dilaksanakan yaitu mematikan koneksi VPN tersebut dengan langkah mudah berikut ini:

Masuk ke menu “Wireless and Networks”, kemudian pilih “more” dan tekan “VPN”. Pada sajian tersebut tekan “Putuskan Koneksi” dan lanjutkan dengan memilih “ok”. Dengan demikian VPN tidak lagi terkoneksi dan pengguna bisa memeriksa kembali Play Store-nya.

9. Mode Factory

Berikutnya,  lakukan langkah terakhir dengan mengembalikan ke mode pabrik selaku cara memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka. Hal ini memiliki arti pengguna akan melaksanakan factory reset. Jika ingin melakukan cara ini, sebaiknya lakukan terlebih dulu back up data.

Hal tersebut dijalankan pengguna biar tidak kehilangan data penting mirip nomor hp, foto, atau berkas yang lain. Cara ini menjadi langkah yang paling selesai kalau beberapa cara di atas tidak menolong.

Berbagai cara mengatasi play store yang tidak mampu dibuka kerap dihubungkan pada kebutuhan update versi. Selain itu, pada umumnya cara tersebut menitikberatkan pada daya tampung RAM saat menggunakan ponsel pintar. Maka,  lakukan juga perawatan dengan membersihkan junk file atau cache yang menumpuk balasan pemasangan banyak aplikasi di hp.




Post a Comment for "9 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Dibuka"