Petunjuk Cara Mengaktifkan Windows Defender di Berbagai Versi

Ancaman virus pada perangkat PC mampu menyebabkan aneka macam kerugian. Selain kerusakan fungsi, virus juga mampu menyebabkan pengguna kehilangan data. Untuk menghalangi dan menyingkir dari serangan virus ini diharapkan santunan yang optimal dari Windows Defender. Kali ini akan dibahas ihwal isyarat cara mengaktifkan Windows Defender di aneka macam model supaya perangkat terlindungi dengan baik.

Tentang Windows Defender

Sebelum membicarakan cara pengaktifannya, mari apalagi dahulu kenali lebih jauh ihwal fitur yang satu ini. Windows Defender ialah fitur perlindungan yang dihadirkan oleh Windows untuk melindungi perangkat PC dari virus maupun bahaya lain yang bisa menyerang sistem keselamatan. Tentunya eksistensi fitur ini akan sungguh berguna bagi para pengguna perangkat PC berbasis Windows.

Sebenarnya Windows telah cukup lama merilis fitur ini. Pada mulanya, fitur ini diberi nama Microsoft SpyWare. Seiring dengan kemajuan teknologi, dilaksanakan beberapa pembaharuan dan ubahlah nama fitur ini menjadi Windows Defender. Seiring dengan pergeseran nama ini, semakin lengkap pula fitur yang tersedia dan pemberian perangkat PC juga kian optimal.

Windows Defender punya aneka macam fungsi yang akan bekerja optimal melindungi perangkat PC. Contohnya mirip Active-X, fitur perlindungan virus, dan any-spyware. Secara garis besar bahwasanya fungsi yang ditunjukkan oleh Windows Defender ini sungguh efektif dan sudah lengkap. Sayangnya masih banyak pengguna PC yang lebih percaya dengan aplikasi antivirus lainnya.

Sebenarnya, pemakaian Windows Defender saja telah lebih dari cukup untuk melindungi perangkat PC dari virus dan bahaya lain. Pelindung ini akan bekerja efektif dalam memberi metode keamanan dasar yang memuaskan. Tentunya metode keselamatan dari Windows Defender ini baru mampu dicicipi jika sudah diaktifkan.

Cara Pengaktifan

Sebelumnya perlu dikenali bahwa dikala ini ada beberapa versi Windows yang masih digunakan di penduduk . Meskipun senantiasa timbul versi modern tetapi sebagian orang masih bertahan memakai versi Windows yang lama. Cara mengaktifkan Windows Defender ini berbeda-beda untuk setiap model. Berikut akan dibahas isyarat mengaktifkan Windows Defender di versi Windows yang berlawanan-beda:

1. Windows 7

Meskipun telah banyak muncul versi Windows modern, namun Windows 7 ini masih tetap banyak dipakai. Sebagian orang merasakan bahwa jenis Windows ini memiliki keunggulan-keunggulan yang sangat menguntungkan dibanding versi Windows lainnya. Berikut ialah cara pengaktifan Windows Defender di versi Windows 7:

  • Klik pilihan Windows yang ada di PC.
  • Akan timbul kolom pencarian, langsung saja ketikkan Windows Defender.
  • Klik pilihan sajian Windows Defender lalu akan muncul jendela baru.
  • Pilih hidangan Tools and Settings atau klik ikon yang bergambar gear.
  • Pilih tulisan Option lalu klik Administrator.
  • Setelah masuk menu Administrator, pribadi tandai kotak kosong yang bertuliskan Use this Program.
  • Simpan pergeseran dengan klik hidangan Save di bab bawah jendela.
  • Windows sudah diaktifkan.

2. Perangkat Windows 8

Bagi pengguna Windows 8, maka cara pengaktifannya juga akan berlainan lagi dari versi sebelumnya. Sebenarnya desain pengaktifannya sama tetapi menu yang tertera di sistem komputer berlainan. Berikut ini adalah langkah aktivasi Windows Defender untuk perangkat PC dengan Windows 8:

  • Tekan pilihan Windows atau Start yang ada di perangkat PC.
  • Ketikkan Windows Defender pada kolom pencarian.
  • Masuk ke Windows Defender kemudian pilih pilihan Settings.
  • Klik menu Real-time Protection yang terletak di sebelah kiri performa jendela.
  • Tandai dengan tanda centang pada kolom kosong yang bertuliskan Turn on Real-time Protection (recommended).
  • Simpan perubahan dengan tekan tombol Save Changes.
  • Selesai, Windows Defender sudah diaktifkan dan siap memberi dukungan untuk perangkat PC.

3. Windows 10

Versi yang terbaru yakni Windows 10 juga sekarang sudah banyak dipakai oleh para pengguna PC dan laptop. Berikut adalah isyarat cara mengaktifkan Windows Defender pada perangkat yang menggunakan Windows 10:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settingan (bisa dengan klik tombol Settings atau tekan tombol Windows + I pada keyboard.
  • Klik pilihan Update and Security (Windows Update, Recovery, Backup).
  • Masuk ke pilihan Windows Security lalu klik Virus & Threat Protection.
  • Klik sajian Manage Settings.
  • Geser tombol ke posisi ON semoga fitur Windows Defender bisa diaktifkan.
  • Windows Defender secepatnya aktif dan akan melindungi perangkat PC.

Kelebihan Windows Defender

Melindungi perangkat komputer dari serangan virus dan malware memang sungguh penting untuk dilakukan. Windows Defender yang datang sebagai fitur bawaan dari Windows ini nyatanya mampu dipercaya secara maksimal selaku tata cara pertolongan perangkat komputer.

Setelah memahami cara mengaktifkan Windows Defender, mari cari tahu apa saja bahwasanya keunggulan dari fitur ini. Berikut yakni beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Windows Defender:

1. Aktif Memberi Peringatan

Sebagai sistem keamanan bawaan dari Windows, ternyata fitur yang satu ini dinilai unggul alasannya adalah sangat aktif bekerja. Windows Defender secara aktif akan memperlihatkan peringatan kepada pengguna jika ada deteksi virus berbahaya atau malware yang memiliki peluang merusak. Peringatan ini akan sangat berfaedah bagi para pengguna perangkat PC atau laptop alasannya adalah bisa mengambil langkah pencegahan yang sempurna.

Pada dasarnya virus dan malware memang tak mampu dipisahkan 100% dari perangkat PC atau laptop. Apalagi jika pengguna sering memakai flashdisk juga melaksanakan browsing ke situs-situs yang ternyata berbahaya. Dengan adanya Windows Defender ini maka banyak sekali indikator bahaya mampu terdeteksi sedini mungkin dan risiko kerusakan mampu dihemat.

2. Pembersihan Berjalan Optimal

Tak cuma aktif memberi peringatan, Windows Defender juga akan melakukan fungsi pembersihan secara optimal. Sistem ini akan membersihkan virus secara menyeluruh sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada sistem perangkat komputer atau laptop. Jika dibentuk perbandingan dengan antivirus pihak ketiga maka kerja Windows Defender ini jauh lebih efektif.

Menariknya lagi, cara pencucian Windows Defender ini sangat aman dan efektif. File-file yang ada di dalam perangkat komputer tetap tersadar dan tidak akan hilang. Windows Defender ini dijamin akan melakukan pekerjaan hanya pada virus-virusnya saja tanpa mengusik fungsi maupun eksistensi file di dalam perangkat.

3. Ada Notifikasi Restart

Kelebihan lain dari fitur Windows Defender ini adalah ada notifikasi restart. Notifikasi ini akan muncul secara otomatis saat Windows Defender menemukan adanya virus ganas. Jenis virus ini pasti akan sangat merugikan jika hingga menggerogoti metode keselamatan perangkat. Ketika ada virus ganas yang potensial menenteng kerusakan besar maka akan pribadi muncul usul restart sebagai langkah-langkah tunjangan.

Jika notifikasi ini muncul maka pengguna disarankan untuk secepatnya melaksanakan restart. Setelah perangkat di-restart maka proses pencucian virus akan berjalan. Setelah perangkat menyala kembali maka virus sudah higienis. Dengan begitu serangan virus berbahaya tidak akan menyebabkan kerusakan yang fatal.

Segera terapkan cara mengaktifkan Windows Defender ini sesuai dengan versi Windows yang dipakai. Pastikan untuk melindungi perangkat komputer atau laptop secara maksimal dengan menggunakan fitur ini. Jika ada notifikasi yang timbul maka langsung lakukan langkah-langkah sesuai dengan yang dianjurkan.


Post a Comment for "Petunjuk Cara Mengaktifkan Windows Defender di Berbagai Versi"