Ini Panduan Cara Memperpendek Link Google Form dengan Mudah

Google memang menawarkan begitu banyak fitur berguna bagi para penggunanya. Salah satunya adalah fitur Google Form yang umum dimanfaatkan untuk membuat kuesioner maupun formulir. Agar mampu mengakses Google Form tersebut umumnya akan dibagikan sebuah link. Kali ini akan dibahas seperti apa cara memperpendek link Google Form dengan gampang dan efektif.

Tujuan Memperpendek Link

Bagi pengguna Google Form niscaya sudah sangat akrab dengan penampilan link yang begitu panjang. Link yang panjang ini pasti akan susah untuk dikenang dan dikenali. Meskipun memang ketika ini mudah saja untuk membuatkan link. Pengguna cukup melakukan copy link dan membagikannya terhadap pengguna lain.

Tampilan link Google Form yang terlalu panjang ini kerap kali terlihat rumit. Banyak pengguna yang menghendaki link Google Form dalam bentuk yang lebih ringkas sehingga mudah untuk diingat dan dibagikan. Ternyata ada solusi yang bisa diambil biar link ini menjadi lebih singkat dan mudah bagi pengguna.

Penyederhanaan link Google Form tidaklah sesulit yang dibayangkan. Justru sangat mudah untuk memperpendek link biar bisa diingat dengan cepat oleh para pengguna. Selain itu, sesudah memperpendek link pengguna juga mampu menerima keuntungan lain yakni menyaksikan berapa banyak klik menuju link tersebut.

Penyingkatan link Google Form ini juga umumnya diperlukan untuk meminimalisir risiko kesalahan. Banyak sekali pengguna yang jadinya salah mengakses link alasannya adalah link yang diberikan terlalu panjang sehingga sukar diingat dan dideteksi kesalahannya. Oleh sebab itu demi menghindari insiden seperti maka link Google Form lebih baik disingkat saja menjadi lebih ringkas.

Memperpendek Link Google Form

Tampilan link yang lebih ringkas dan padat akan memudahkan para pengguna dalam mengakses link tersebut. Proses membagikan link juga akan jadi lebih gampang apabila link yang dibagikan tidak terlalu panjang. Lalu, seperti apa cara memperpendek link Google Form ini? Berikut ialah pilihan cara yang mampu dijalankan untuk meringkas link Google Form:

1. Pakai Bit.ly

Pilihan cara pertama untuk memperpendek link Google Form ialah dengan memakai layanan Bit.ly. Layanan ini gratis dipakai dan punya banyak fitur yang berguna. Lewat Bit.ly ini pula pengguna bisa melaksanakan custom link sehingga bisa dibuat link sesuai dengan cita-cita. Berikut ini isyarat cara menyingkat link Google Form memakai Bit.ly:

  • Buat akun gratis apalagi dahulu di Bit.ly.
  • Klik pilihan Create kemudian klik Link di bagian atas dasbor tampilan Bit.ly.
  • Masukkan link Google Form pada kolom yang tersedia.
  • Muncul jendela baru, pribadi isi kotak title dengan judul link Bit.ly.
  • Pada kolom Customize Back-Half, isikan link yang diinginkan caranya dengan menghapus link yang sebelumnya.
  • Isikan tag dengan label yang membuat lebih mudah pengelompokkan link.
  • Klik opsi Save bila telah tamat.

2. Gunakan TinyURL

Selain Bit.ly, pengguna juga mampu memanfaatkan layanan TinyURL. Ini merupakan jenis layanan yang cukup terkenal digunakan untuk mengganti link dan memang terbukti sangat mudah. Salah satu kelebihan dari layanan ini yaitu pengguna mampu mengubah link tanpa harus menciptakan akun apalagi dulu. Ini beliau tindakan yang mampu diikuti:

  • Akses situs tinyurl.com.
  • Ketikkan link Google Form di kotak yang sudah disediakan.
  • Pakai menu Alias kalau ingin memakai link custom.
  • Klik pilihan Make TinyURL jika telah final.

Layanan TinyURL ini sangat cocok dipakai jika pengguna ingin menciptakan link sendiri secara mudah. Meskipun tidak menggunakan akun, link yang telah dibuat oleh pengguna akan tetap tersimpan. Jadi pengguna tidak perlu cemas link yang sudah dibuat tadi hilang dan tidak dapat diakses lagi.

3. Manfaatkan GG.gg

Pilihan cara memperpendek link Google Form selanjutnya adalah dengan menggunakan GG.gg. Layanan ini juga punya konsep yang sama dengan Bit.ly dan TinyURL. Layanan ini juga mempunyai beberapa fitur menarik seperti fitur tracking dan custom link. Makara pengguna bisa membuat link sesuka hati sekaligus memantau berapa banyak orang yang mengakses link.

Sama seperti TinyURL, pengguna GG.gg tidak perlu membuat akun apalagi dulu. Hanya saja memang ada fitur pengerjaan akun tetapi jikalau hanya ingin mengubah link maka pengguna tidak diwajibkan membuat akun.  Berikut ini langkah-langkah menyingkat link Google Form melalui Gg.gg:

  • Akses website GG.gg.
  • Salin link Google Form di kotak atau kolom yang ditawarkan.
  • Berikan tanda centang pada pilihan Customize Link semoga mampu mengganti nama link.
  • Ketikkan nama link custom yang diharapkan.
  • Pilih tombol Shorten URL untuk memperpendek link.

4. Pakai SafelinkU

Ada lagi layanan URL shortener yang mampu dimanfaatkan untuk menyingkat link Google Form yaitu SafelinkU. Layanan ini cukup menawan untuk dicoba alasannya pengguna yang menciptakan link di sini bisa mendapatkan duit. Konsep layanan SafelinkU ini hampir sama dengan tools lain yang berfungsi sama. Setelah link final diubah dan dibagikan kepada orang lain maka pemilik link tadi bisa mendapat uang.

Konsep ini pasti sangat mempesona dan menciptakan banyak orang ingin mencobanya. Link yang telah dikreasikan tadi bisa mendatangkan banyak uang tergantung jumlah orang yang mengakses link tersebut. Berikut yaitu langkah-langkah menyingkat link Google Form lewat SafelinkU:

  • Masuk ke situs SafelinkU.com kemudian buat akun dahulu secara gratis.
  • Di bagian atas dasbor eksklusif masukkan link Google Form.
  • Masuk ke menu Pengaturan Link, mampu dengan klik ikon bergambar gerigi.
  • Di hidangan ini pengguna mampu langsung memberikan nama link dan mengubah domain yang digunakan.
  • Jika perlu, pengguna juga mampu menawarkan passcode supaya link cuma mampu diakses oleh orang-orang tertentu.
  • Klik opsi Shorten untuk mengganti link Google Form.

5. Gunakan S.id

Layanan Si.id juga menyediakan cara memperpendek link Google Form yang gampang dan sungguh mudah. Jika ingin mengganti link melalui layanan ini maka pengguna perlu membuat akun apalagi dahulu secara gratis. Berikut yaitu petunjuk cara memperpendek link Google Form memakai layanan S.id:

  • Akses situs S.id dan silakan buat akun baru.
  • Lakukan login lalu masukkan link Google Form di kolom yang sudah tersedia.
  • id eksklusif melakukan pekerjaan secara otomatis mengganti link Google Form menjadi lebih pendek.
  • Jika ingin mengganti link sesuai impian maka klik pilihan Ganti lalu masukkan link yang hendak dijadikan selaku pengganti.
  • Selesai membuat link sendiri pribadi saja klik Simpan atau tekan tombol centang yang berwarna biru.

Pengubahan link Google Form ini bisa dilakukan kapan saja saat dibutuhkan. Demi mempertahankan keselamatan link maka tentukan untuk membagikan link tersebut ke orang-orang yang tepat. Hanya bagikan link kepada orang-orang yang berkepentingan dan memang memerlukan akses ke dokumen tersebut.

Itulah tadi pembahasan singkat tentang cara memperpendek link Google Form. Jika sudah akhir dipersingkat maka link mampu bebas dibagikan dengan gampang. Pastikan untuk memakai layanan atau fitur Google Form ini secara bijak demi mendukung kelangsungan persoalan belajar maupun bekerja.

Post a Comment for "Ini Panduan Cara Memperpendek Link Google Form dengan Mudah"