Cara Mengatasi Layar Komputer No Display Secara Tiba-Tiba

 

Cara menanggulangi layar komputer no display secara datang-datang padahal kipas CPU masih nyala. Tidak jarang peristiwa ini dialami oleh pengguna PC desktop maupun laptop.

Dan mungkin juga mempunyai sedikit variasi duduk perkara yang berbeda, sebab spesifikasi dan cara penggunaan tiap orang berbeda-beda juga.

Kejadian seperti ini sudah sering dikeluhkan oleh banyak pengguna komputer. Jadi bila anda sedang mengalami hal serupa maka tidak perlu terburu-buru pribadi di bawa ke daerah service.

Anda bisa coba untuk melaksanakan beberapa hal yang akan kita bahas lebih dalam berikut ini. Sebab mampu jadi hanya masalah ringan saja yang bekerjsama mampu eksklusif anda benarkan sendiri, tetapi mampu juga tidak.

Berikut ini beberapa hal yang mampu anda lakukan untuk mencoba mengenali penyebab dan cara mengatasinya agar komputer bisa wajar kembali.

Cara mengatasi layar komputer no display secara datang-datang

Cara mengatasi layar komputer no display secara tiba Cara Mengatasi Layar Komputer No Display Secara Tiba-Tiba

 

1. Cek Monitor

Sedang main game datang-datang terjadi no display pada layar ? Atau mampu juga sedang nonton film dari komputer kemudian layar blank menjadi hitam ?

Jika hal seperti ini terjadi maka anda mampu coba mengevaluasi bab monitornya apalagi dulu. Periksa apakah sambungan kabel telah terpasang dengan benar ? Coba copot dan pasang kembali kabel power dan kabel vga/hdmi yang mampu jadi memang kurang pas memasangnya.

Apabila anda memiliki lebih dari satu monitor maka akan sangat menolong sekali untuk membandingkan antara monitor satu dengan lainnya.

Coba anda ganti dengan monitor yang no display itu dengan monitor lain. Jika berhasil menyala maka tertangkap tangan sudah jika memang bab monitor nya yang bermasalah.

Namun bila telah ganti monitor ternyata pada bagian layarnya masih blank hitam saja maka silahkan gunakan cara kedua berikut ini.

2. Periksa slot dan potongan Ram

Kecurigaan paling besar lengan berkuasa sesudah mengecek monitor yang mampu anda periksa yakni bagian RAM pada sebuah komputer entah itu desktop atau laptop.

Umumnya komputer ketika ini telah memakai dual channel yang memiliki arti ada dua keping ram yang harus anda periksa. Kondisi belahan RAM yang kotor mampu menjadi penyebab terjadinya no display pada layar.

Cara menangani yang efektif dan praktis adalah dengan membersihkan debu dari bagian ram yang kotor. Jangan lupa bersihkan juga bab kuningan RAM atau pin ram yang sungguh sensitif dengan adanya abu.

Anda bisa coba bersihkan dengan menggunakan setip atau penghapus pensil ke bab pin kuningan agar mengkilap kembali.

Tiup juga bab slot ram agar jikalau ada abu yang melekat mampu segera higienis kembali. Jika semua hal tersebut sudah anda kerjakan maka pasang kembali ram nya dan lalu coba nyalakan kembali komputer anda.

Khusus untuk pengguna laptop, sayangnya cara ini cuma mampu anda lakukan bila tipe RAM nya bukan tipe onboard (sudah menyatu dengan motherboard).

Namun jikalau yang satu keping lagi mampu anda lepas maka coba ganti dengan RAM yang gres dan lalu nyalakan kembali laptop anda.

80 Persen cara ini mampu sukses mengembalikan komputer menjadi wajar kembali. Sebab RAM ialah unsur yang sangat sensitif dengan abu serta menjadi gampang panas apabila berlangsung pada frekuensi tinggi.

Beruntung jikalau potongan RAM yang berurusan tersebut masih garansi maka bisa langsung anda coba klaim. Sebab lazimnya pihak toko atau distributor akan eksklusif mengubahnya baru ! (Setidaknya untuk produsen terkemuka)

Ganti Power Supply atau PSU

Untuk kalian pengguna PC desktop, terlebih jikalau PC tersebut memang dirakit untuk keperluan gaming maka sungguh wajib sekali untuk memakai PSU yang manis.

Jangan sekali-kali menggunakan merk PSU yang tidak jelas kualitasnya karena mampu sungguh merugikan sekali untuk pemakaian jangka panjang.

Prosesor ialah otak dari komputer itu sendiri, tetapi PSU atau power supplay juga tidak kalah pentingnya sebab merupakan jantung dari komputer itu sendiri.

Gunakan PSU yang telah memiliki akta 80 plus sekurang-kurangnyalevel bronze, atau bila ada anggaran lebih mampu pribadi yang Gold.

PSU dengan sertifikasi 80 plus mempunyai efisiensi yang sangat baik untuk memasok power ke unsur PC mirip motherboard, VGA, dan lainnya.

Terjadinya gangguan pada PSU dapat menimbulkan banyak dilema yang salah satu diantaranya yakni no display pada layar.

Gejala khas kalau PSU sudah lama atau memang abal-abal dari permulaan yang sering timbul ialah komputer sering restart sendiri.

Dan tentu saja layar monitor jadi blank hitam tetapi kipas CPU masih menyala wajar . Untuk perkara seperti ini solusinya sudah pasti dengan mengubah PSU baru yang lebih berkualitas.

Jangan sekali-kali untuk membongkar bab dalam PSU sebab mampu menyebabkan setrum kejut kalau anda memang sama sekali awam dengan bab kelistrikan.

Ganti thermal paste graphic card dengan yang baru

Sudah berapa tahun anda memakai komputer desktop atau laptop tanpa mengganti thermal paste ? Perlu anda pahami bahwa selain berkala mengganti thermal paste CPU atau prosesor, bagian GPU juga perlu anda perhatikan thermal paste nya.

Jika laptop atau PC desktop anda telah bertahun-tahun tidak pernah menggantinya maka thermal paste tersebut akan menjadi seperti kerak yang keras.

Thermal paste yang sudah kering dan mengeras tersebut tentu saja tidak akan bisa menghantarkan panas dengan baik lagi mirip masih baru.

Alhasil GPU pada vga card menjadi overheat atau menyebabkan panas yang sungguh berlebihan. Jika sudah begini maka pastinya banyak sekali duduk perkara akan timbul yang dapat membuat pusing para penggunanya.

Kasus layar menjadi blank hitam ketika sedang main game berat atau aplikasi yang lain ialah salah satu yang bisa terjadi balasan overheat.

Solusinya telah niscaya ialah ganti dengan thermal paste yang gres agar panas dari GPU bisa terbuang dengan tepat kebagian HSF vga card.

Jangan lupa juga sebelum memberi thermal paste yang berkualitas, pastikan anda sudah membersihkan semua kerak atau thermal pasta sebelumnya yang sudah mengeras itu.

Pada intinya, jikalau suhu wajar maka vga card juga akan beroperasi wajar . Dan sebaliknya jika suhu terlalu tinggi atau overheat maka vga card niscaya akan timbul banyak problem yang sungguh beragam sekali, sehingga mampu bikin gundah para penggunanya.

Wajib Gunakan UPS ! minimal Stabilizer

Untuk bisa menghalangi banyak sekali dilema yang timbul di lalu hari, wajib gunakan UPS sekurang-kurangnyastabilizer. Sangat sayang sekali bila sampai sekarang ini mutu PLN masih sungguh buruk dalam memasok listrik.

Tegangan yang tidak stabil sampai sering terjadi pemadaman sudah tentu dapat menjadikan kerusakan pada komputer itu sendiri.

Komputer merupakan perangkat yang sungguh sensitif sekali dengan listrik. Ada banyak transistor, chip dan bagian lainnya yang bila salah satunya rusak maka pasti akan sangat susah sekali untuk melacaknya.

Bisa pada bagian motherboard atau bisa juga dari bab vga card nya.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Layar Komputer No Display Secara Tiba-Tiba"