Panduan Cara Kirim File Besar Lewat Email Paling Efektif

Email menjadi sebuah layanan yang begitu sering dimanfaatkan oleh penduduk . Berkirim dokumen lewat email juga sudah menjadi kebiasaan yang mendukung kelancaran aktivitas kerja. Hanya saja email mempunyai batas maksimal kapasitas dokumen sehingga kadang kala sulit mengirim file besar. Kali ini akan dibahas seperti apa cara kirim file besar melalui email paling efektif biar urusan pekerjaan jadi semakin tanpa hambatan.

Aturan Pengiriman Email

Sebelumnya, mari identifikasi dahulu hukum pengiriman email yang berlaku dikala ini. Pengguna email bisa bebas menggunakan email untuk mengantarkan aneka macam jenis file. Hanya saja kapasitas file yang bisa diantarmemang dibatasi. Pengguna cuma bisa mengirim email dengan kapasitas optimal 25 MB. Tentunya kapasitas optimal ini kadang kala mengakibatkan kendala bagi sebagian besar orang.

Ukuran file yang dikirimkan lewat email memang biasanya terbilang kecil. Kecuali pada keadaan tertentu dimana pengguna memang harus mengantarkan file dengan ukuran yang besar. Biasanya pengguna akan melakukan compress pada file yang akan dikirim. Langkah compress ini akan membantu memperkecil ukuran file sehingga mampu dikirim melalui email.

Namun ada juga keadaan tertentu dimana ukuran file tidak memungkingkan untuk diperkecil lagi. Bahkan meskipun telah lewat proses compress tetap saja ukuran file masih terlalu besar melebihi kapasitas pengantaran melalui email. Lalu, penyelesaian apa yang bisa diambil jika hal ini terjadi? Seperti apa cara kirim file besar lewat email tersebut?

Dibutuhkan solusi yang sempurna agar file besar tetap bisa diantarkan. Apalagi untuk orang-orang yang pekerjaannya memang berhubungan dengan file-file berukuran besar. Contohnya saja mirip content creator yang menciptakan konten dalam bentuk gambar dan video. Jadi mesti ada penyelesaian lain yang mampu diambil agar file berskala besar dapat diantarkan.

Gunakan Fitur Google Drive

Agar bisa berkirim file dengan ukuran yang besar, maka mampu digunakan fitur Google Drive. Fitur ini memang diciptakan oleh Google untuk memudahkan pengguna dalam mengurus file. Termasuk selaku penyelesaian untuk mengirimkan file yang ukurannya terlalu besar melampaui kapasitas pengantaran menggunakan email biasa. Berikut yakni petunjuk mengantarfile besar melalui Google Drive:

1. Akses Fitur Google Drive

Langkah pertama silahkan kanal dulu fitur Google Drive. Fitur ini sangat mudah untuk dijumpai, mampu masuk melalui perangkat PC atau bisa juga lewat ponsel pintar. Jika memang sering berkirim email atau file, sangat direkomendasikan untuk membiasakan diri dengan penggunaan fitur Google Drive ini.

2. Lakukan Login

Setelah berhasil masuk ke Google Drive, secepatnya kerjakan login. Login dilaksanakan dengan menggunakan akun Gmail. Saat login tentukan email dan password yang dimasukkan sudah tepat. Cek juga jaringan internet dan tentukan melakukan pekerjaan dengan baik supaya mampu tanpa gangguan saat melakukan login.

3. Masukkan File

Begitu masuk dengan akun Gmail yang sudah dimiliki tadi maka pribadi saja masukkan file. Proses unggah file ke Google Drive ini sungguh mudah dan bisa tamat dengan segera. Langsung saja klik tombol New untuk mengunggah file. Pilih file mana yang hendak diunggah lalu klik opsi unggah atau drag file tersebut ke Google Drive. Tunggu beberapa ketika hingga file sukses diunggah.

4. Dapatkan Link File

Jika file sudah ada di Google Drive maka eksklusif saja klik kanan di file tersebut. Akan muncul hidangan, eksklusif pilih hidangan Get Shareable Link. Ini ialah link file yang mau dikirimkan. Kaprikornus singkatnya pengiriman file berkapasitas besar ini akan digantikan dengan sebuah link sehingga lebih ringkas.

5. Kirimkan Link Lewat Email

Setelah menerima link, pribadi masuk ke halaman Gmail. Lakukan pengiriman email mirip lazimdengan memasukan email peserta dan subjek email. Setelah itu salin link file tadi ke badan email. Kirimkan email tersebut terhadap akseptor. Nantinya akseptor akan menerima suatu link yang mengarahkannya pada suatu dokumen.

Cara kirim file besar melalui email ini memang sungguh praktis. Selain itu layanan Google Drive juga telah terhubung langsung dengan Gmail sehingga dijamin aman. Link dokumen juga bebas dibagikan melalui media apapun, tidak cuma lewat email. Dengan adanya fitur Google Drive ini maka pengguna mampu berkirim file dengan ukuran atau kapasitas sungguh besar sekalipun.

Pakai Dropbox

Selain menggunakan Google Drive yang memang sudah terintegrasi eksklusif dengan Gmail, pengantaran file besar juga bisa dilakukan pakai Dropbox. Ini merupakan sejenis aplikasi yang sering digunakan untuk berbagai banyak sekali jenis dokumen. Dropbox lebih banyak dikenal sebagai aplikasi untuk menyebarkan file video dan mampu juga jadi penyelesaian kirim file berkapasitas besar. Berikut adalah petunjuk cara kirim file besar melalui email dengan Dropbox:

1. Daftar Akun

Agar mampu mengirim file besar lewat Dropbox ini diperlukan dua akun adalah akun Gmail dan akun Dropbox. Tentu pengguna sudah niscaya memiliki akun Gmail jadi tinggal buat akun Dropbox. Cara daftarnya sama saja seperti fitur-fitur yang lain dan mampu mendaftar pakai akun dan password Gmail. Selanjutnya tinggal setujui halaman persetujuan pembuatan akun dan klik daftar untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

2. Akses Dropbox dan Lakukan Login

Jika sudah sukses menciptakan akun Dropbox maka pribadi saja masuk ke aplikasi ini. Lakukan login dengan memakai akun tersebut. Biasanya akun Dropbox ini bisa langsung secepatnya digunakan begitu proses pembuatan akun simpulan.

3. Lengkapi Data Pengiriman

Selanjutnya silahkan lengkapi data pengantaran email. Tuliskan alamat email tujuan yang mau dikirimi file. Jangan lupa tuliskan juga subjek email yang mau diantarkan. Langsung saja klik pilihan Unggah File yang ada di sebelah kanan atas. Setelah itu akan timbul window open, pribadi pilih file yang akan diunggah. Muncul kotak obrolan unggah ke…, langsung pilih Dropbox dan klik pilihan Unggahan.

Setelah langkah ketiga tadi simpulan dilaksanakan maka tinggal tunggu saja sampai file selesai diunggah. Begitu selesai maka file akan eksklusif timbul di laman Dropbox dan mampu diakses juga oleh akseptor email tadi. Cara ini juga sungguh efektif untuk mengirim file berukuran besar bahkan file foto dan video yang ukurannya lebih besar dari file-file biasa.

Pengiriman file lewat Dropbox ini mampu diakses melalui perangkat PC maupun smartphone. Pastikan koneksi internet berjalan lancar biar pengunggahan file mampu lebih singkat. Selain itu pastikan juga akun email yang digunakan sudah valid. Lewat cara ini pengguna mampu berkirim file dengan kapasitas hingga 2 GB  jadi tak ada lagi kendala karena batas-batas attachment berkapasitas 25 MB.

Itulah tadi klarifikasi singkat mengenai cara kirim file besar melalui email. Jika hanya mengandalkan fitur bawaan dari email mungkin akan sulit untuk mengirim file berskala besar. Jadi sungguh diusulkan untuk menggunakan fitur pendukung seperti Google Drive dan Dropbox. Dua fitur ini akan menciptakan pengantaran file besar jadi lebih lancar sekaligus berlangsung dengan segera.


Post a Comment for "Panduan Cara Kirim File Besar Lewat Email Paling Efektif"