Ketahui Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Ngeprint

Bekerja memakai komputer dan printer pasti telah tak ajaib bagi siapapun. Namun demikian, kedigdayaan teknologi bukan memiliki arti minim hambatan. Adakalanya printer dan komputer tersedia namun entah kenapa printer tidak mampu ngeprint. Maka dari itu, pengguna mesti mengenali apa penyebab printer tidak bisa bekerja.

Penyebab Printer Tidak Bisa Digunakan

Perangkat pencetak ini memang mudah digunakan. Namun adakalanya tidak bisa digunakan alasannya adalah berbagai alasannya tak terduga. Berikut ialah beberapa penyebab yang tak pernah terpikir oleh pengguna, yang menciptakan printer tidak mampu dipakai:

1. Pastikan Printer Sudah Dinyalakan

Hal pertama yang mesti dipastikan ketika mendapati keadaan kenapa printer tidak mampu ngeprint yakni pastikan perangkat telah menyala. Ketika seseorang bekerja, biasanya cuma konsentrasi terhadap PC atau laptop saja, tanpa mengamati printer-nya.

Maka, hal ini menjadi penyebab utama kenapa printer tidak bisa ngeprint. Pastikan printer telah dalam kondisi menyala saat akan digunakan, sebab perangkat tersebut membutuhkan waktu untuk membaca data yang mau dicetak.

Beberapa printer yang dinyalakan saat file telah dikirim atau diperintahkan “CTRL + P”, tidak otomatis mencetak bahkan menjadi terjeda. Oleh sebab itu, pastikan pengguna telah menekan tombol power sebelum menggunakannya.

2. Periksa Kabel Penghubung Printer 

Hal ini juga menjadi penyebab kenapa printer tidak bisa ngeprint yang sering terjadi. Kabel printer terhubung dengan CPU atau laptop dengan port USB. Biasanya, alasannya adalah terburu-buru kabel tersebut tidak terhubung dengan sempurna.

Dengan demikian, tentu saja perintah dari komputer atau laptop tidak mampu terbaca dengan baik. Printer membutuhkan kabel penyambung ke CPU atau laptop dan juga ke sumber listrik. Pastikan keduanya tertancap dengan baik, supaya menghantarkan listrik dan juga mampu membaca data dari komputer atau PC.

Salah satu tanda bila kabel tersambung dengan baik ialah, printer merespons saat ditekan tombol power. Selain itu, pada PC atau laptop akan terbaca “printer ready” dikala akan melaksanakan pencetakan menggunakan printer. Jika tidak terbaca demikian, maka itulah alasannya kenapa printer tidak bisa ngeprint.

Terkait dengan sumber listrik, dilema yang sering tidak disadari yakni saat listrik padam. Terutama, bagi pengguna laptop yang masih tetap mampu melakukan pekerjaan sepanjang perangkat masih memiliki daya. Tidak demikian halnya dengan printer yang tidak bisa menyimpan daya mirip laptop. Maka saat listrik padam, simpel printer tidak akan bekerja meskipun kabel tersambung.

3. Masalah pada Driver Printer

Sebelum menggunakan printer, pastikan printer tersebut sudah terinstall di komputer yang dipakai. Cara menginstallnya adalah dengan menggunakan driver printer, yang diinstal di perangkat komputer yang digunakan.

Setiap printer mempunyai driver yang berlawanan-beda. Meskipun merknya sama, seringkali berlawanan tipe akan berlainan pula driver yang dipakai. Maka dari itu, pastikan driver printer telah terpasang di PC atau laptop yang akan digunakan untuk bekerja.

Jika telah terpasang, otomatis printer akan dengan gampang digunakan. pengguna cuma tinggal menyambungkan kabel dari perangkat komputer ke printer saja. Namun kalau tidak menemukan driver-nya, pengguna mampu mencari driver tipe printer yang dituju di internet.

Akses melalui Google atau lewat situs resmi pabrikan printer, lalu unduh driver yang tepat dengan printer yang hendak dipakai. Jika telah terpasang tepat, maka duduk perkara printer yang tidak bisa ngeprint akan diatasi.

File driver printer yang didapatkan secara online ini bisa juga disimpan ke dalam flashdisk. Dengan demikian, jikalau suatu saat membutuhkan driver untuk printer tipe tertentu, cukup menyambungkan flashdisk dan menginstall di perangkat yang mau dipakai.

4. Salah Pengaturan Printer

Pada dasarnya printer bekerja atas dasar perintah yang diinstruksikan melalui perangkat komputer. Dalam hal ini pengguna mesti menentukan bahwa printer yang dituju sudah sesuai dengan printer yang diseleksi untuk melakukan pekerjaan di PC atau laptop.

Hal ini sering terjadi pada pengguna yang melakukan pekerjaan dengan satu perangkat komputer, tetapi sering terhubung dengan beberapa printer yang berlawanan. Alhasil, pengguna cuma menyuruh komputer untuk melaksanakan pencetakan, tanpa melihat kesesuaian printer yang dituju.

Untuk meminimalisasi masalah ini, biasakan memilih salah satu printer selaku default. Selain itu, minimalisasikan juga berganti-ganti printer, biar kegiatan mencetak menggunakan printer bisa lebih cepat dijalankan.

5. Masalah Pada Cartridge

Hal selanjutnya yang menjadi karena kenapa printer tidak bisa ngeprint adalah cartridge. Komponen yang memuat tinta pada printer ini sedikit berbeda dengan kala printer pita. Cartridge yang sudah rusak atau terlalu usang dipakai, akan besar lengan berkuasa pada kinerja printer. Salah satunya, printer tidak bisa berlangsung.

Langkah pertama yang perlu diperhatikan yaitu pastikan cartridge telah terpasang dengan benar pada tempatnya. Jika posisinya salah, terbalik, atau belum terpasang dan terkunci dengan baik, segera sesuaikan posisi cartridge.

Berikutnya, kalau tidak ada persoalan pada posisi cartridge, tentukan cartridge masih pantas pakai. Meskipun tinta mampu diisi ulang, tetapi semestinya tidak memakai cartridge dengan tinta isi ulang dalam jangka waktu terlalu usang.

Biasanya, cartridge dengan tinta tetes isi ulang cuma bisa dipakai 3 sampai 5 kali pengisian ulang. Hal ini yang sering diantisipasi dengan mengganti penggunaan tinta isi ulang menjadi bentuk tabung luar, atau yang dikenal dengan tinta infus. Penggunaan tinta infus akan membuat cartridge lebih baka.

6. Penyimpanan Data Komputer Over Capacity

Perangkat yang digunakan juga akan kuat pada kinerja printer. Jika penyimpanan data telah mencapai batas tertentu, maka proses cetak tidak akan berlangsung. Hal ini serupa dengan kinerja smartphone, dikala RAM mulai penuh maka akan ada aplikasi yang tidak mampu dibuka. Dengan demikian, memastikan printer melakukan pekerjaan bisa dengan mempertahankan kapasitas ruang penyimpanan komputer.

7. Jenis Kertas yang Digunakan Tidak Sesuai

Selain masalah pada printer, kenapa printer tidak bisa ngeprint bisa juga karena jenis kertas yang mau digunakan untuk mencetak. Biasanya, kertas yang terlalu tebal, terlampau banyak, atau terlalu sedikit, akan menciptakan printer tidak bekerja maksimal.

Perhatikan jumlah kertas yang ada di paper feed. Pastikan tidak terlalu banyak, dan tidak juga memakai jenis kertas yang terlalu tebal. Jika mesti mencetak dalam jumlah besar, maka mampu dengan menambah kertas bertahap.

8. Paper Jam

Printer macet mampu juga disebabkan karena paper jam, atau ada kertas yang tersangkut di dalam printer. Pengguna harus terlebih dulu membersihkan printer dari kertas atau belahan kertas yang tersangkut, supaya printer mampu digunakan kembali.

9. Paper Feed Rollers Rusak

Salah satu bagian printer yang berfungsi untuk menarik kertas saat mencetak disebut paper feed rollers. Bagian ini kerap kali tidak berfungsi dengan baik, bisa disebabkan karena aus, atau macet karena bubuk. Maka yang harus dilakukan pengguna yaitu membersihkan paper feed rollers ini dari kotoran, atau mengubahnya dengan yang gres.

Paper feed rollers memang menjadi bab yang paling sering dicurigai kalau printer terhenti. Hal itu alasannya adalah bagian ini memiliki kinerja cukup berat. Kertas yang tersangkut juga mampu menghancurkan rollers ini, selain abu alasannya adalah usia printer.

Mengetahui penyebab kenapa printer tidak mampu ngeprint, niscaya terkait dengan cara merawat printer itu sendiri. Pengguna printer dan perangkat komputer mesti mengerti kebutuhan setiap perangkat, termasuk kebersihannya agar kinerjanya mampu optimal.



Post a Comment for "Ketahui Penyebab Kenapa Printer Tidak Bisa Ngeprint"