Simak 7 Cara Mengecek Kecepatan WiFi IndiHome dengan Hasil Akurat

Pengecekan kecepatan WiFi menjadi aktivitas yang cukup penting untuk dijalankan bagi pengguna. Hal ini bermaksud untuk memastikan jika ketika-waktu terjadi hambatan ketika mengakses internet. Itulah sebabnya, pembaca perlu mempelajari cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome baik lewat aplikasi maupun tidak. Sehingga, bisa mendapatkan hasil kecepatan internet dengan nilai yang akurat.

IndiHome tergolong penyuplailayanan internet yang paling populer di kelompok masyarakat, mengingat ISP ini kerap memperlihatkan paket menawan. Namun, kondisi cuaca yang kurang baik seringkali menghalangi koneksi internet di rumah. Dengan penggunaan fitur Speed Test, pengguna IndiHome mampu mengenali berapa kecepatan WiFi. Penjelasan berikut akan mempermudah pembaca dalam memahami fitur Speed test:

Aspek yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Fitur Speed Test

Layanan pengecekan kecepatan internet tidak cuma berasal dari situs web resmi IndiHome saja, melainkan banyak situs lain yang mampu dioptimalkan. Bahkan saat ini banyak aplikasi khusus yang memfasilitasi pengguna smartphone untuk memeriksa koneksi internet dengan cepat. Berikut beberapa aspek penting yang perlu diamati dalam memilih tools untuk menganalisa kecepatan WiFi IndiHome:

1. Operasional yang Praktis

Aspek paling dasar yang perlu ditekankan dalam memilih fitur Speed Test yakni perihal akomodasi dalam pengoperasiannya. Misalnya saat memakai situs resmi IndiHome, pengguna tidak akan diminta untuk memasukkan data apa pun. Sehingga, keamanan dari data WiFi pengguna tetap tersadar. Pengguna hanya perlu memutuskan bahwa perangkat yang digunakan dikala itu sedang terhubung ke WiFi yang mau diperiksa.

2. Kecepatan Pengecekan

Proses pengecekan kecepatan WiFi IndiHome seharusnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Terhitung dari pengguna pertama kali melakukan pengecekan, hingga halaman menampilkan hasilnya cuma membutuhkan waktu beberapa menit saja. Layanan terbaik tidak akan membuat pengguna menanti lama untuk mengenali kecepatan internet yang digunakan pada perangkat.

3. Hasil yang Lengkap

Tidak semua fitur Speed Test mampu menampilkan hasil yang detail, sehingga pengguna perlu memisah-misahkan layanan yang dirasa lengkap. Pastikan layanan Speed Test yang diseleksi bisa memperlihatkan hasil mirip kecepatan upload, kecepatan unduh, dan sinyal ping. Dengan demikian, pengguna mampu mengenali kecepatan WiFi IndiHome yang dimiliki dengan akurat.

Cara Mengecek Kecepatan WiFi Indihome yang Dapat Dilakukan

Persoalan yang sering timbul dari pengguna IndiHome yakni bagaimana cara menganalisa kecepatan WiFi IndiHome dengan segera. Sebab, wawasan ini sungguh diharapkan terutama untuk mendeteksi adanya masalah yang mungkin terjadi pada jaringan. Berikut ini beberapa cara mendeteksi kecepatan WiFi IndiHome baik menggunakan website maupun aplikasi khusus untuk dipelajari:

1. Mengakses Website Resmi IndiHome

Pengguna WiFi IndiHome sesungguhnya tidak perlu repot untuk menyaksikan berapa kecepatan internet yang sedang berlangsung. Sebab, ISP ini mendukung fitur untuk melaksanakan Speed Test yang akurat. Sehingga pengguna mampu lebih damai saat mendapati sinyal internet yang berurusan, alasannya adalah pengecekan jikalau dijalankan dengan sangat gampang.

Adapun cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome mampu dijalankan dengan mengakses website resminya. Pengguna mampu menentukan sajian Speed Test yang tersedia di bagian paling atas. Pilih opsi tersebut dan klik 'Mulai' supaya halaman memproses data yang diminta. Selanjutnya, situs web akan menampilkan data berupa sinyal ping, kecepatan unduhan dan upload dari jaringan.

2. Menggunakan Aplikasi Speed Test

Pengukuran kecepatan WiFi IndiHome akan lebih baik jikalau dilakukan secara real time, sehingga pengguna bisa mendeteksi kalau terjadi gangguan. Adapun aplikasi yang dianjurkan yakni Speed Test. Bukan cuma untuk mendeteksi koneksi WiFi saja, melainkan aplikasi ini mampu bekerja pada semua jenis jaringan internet yang tersambung pada perangkat.

Adapun cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome bisa dilakukan dengan klik 'Test' yang terdapat pada performa beranda. Aplikasi akan memperlihatkan diagnosa berupa tes sinyal, tes ping, kecepatan unduhan dan upload. Hasil tes tersebut otomatis tersimpan pada perangkat, sehingga di saat-waktu bisa dilihat kembali bila diperlukan.

3. Mengakses Situs Fast.com

Alternatif lain bagi pengguna IndiHome yang tidak mau menginstal aplikasi Speed Test khusus mampu mendatangi situs Fast.com. Begitu halaman utama timbul, pengguna tidak akan diminta untuk menginputkan data apa pun. Sebab, layanan ini bisa melakukan pekerjaan hanya dengan mengoneksikan perangkat pada WiFi IndiHome yang mau dicek kecepatannya.

Pengguna bisa memilih pilihan 'Start' untuk mengevaluasi kecepatan internet yang ketika ini sedang aktif pada perangkat. Beberapa detik kemudian, situs akan menampilkan berapa Mbps dari kecepatan WiFi. Apabila kurang percaya dengan hasil tersebut, silahkan kerjakan recheck untuk menentukan keakuratan data kecepatan koneksi internet.

4. Menggunakan Aplikasi FAST Speed Test

Aplikasi ini menghidangkan performa yang mudah dimengerti, terutama bagi pengguna yang ingin mengenali kecepatan internet di rumah. Adapun cara menganalisa kecepatan WiFi IndiHome mampu dikerjakan cuma memakai satu klik saja. Setelah aplikasi terpasang, pengguna dapat klik 'Start' dan menunggu hingga aplikasi memperlihatkan berapa kecepatan jaringan WiFi yang diakses.

5. Mengakses Situs Project Stream Google

Jika pengguna merasa repot bila harus mendownload aplikasi cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome apalagi dahulu. Maka salah satu usaha yang mampu dilaksanakan adalah dengan mempergunakan Google. Web Browser ini memiliki layanan berjulukan Projectstream yang memiliki kegunaan untuk mengidentifikasi kecepatan koneksi internet hanya dalam beberapa detik.

Pastikan perangkat sedang terhubung pada WiFi IndiHome yang ingin dicek kecepatannya. Ketiklah Projectstream pada Google dan klik situs pengecekan yang muncul. Klik opsi 'Check Now' untuk mengawali identifikasi. Setelah beberapa saat kemudian, halaman situs ini akan menampilkan isu yang pengguna perlukan.

6. Menggunakan Aplikasi Opensignal

Mendeteksi persoalan kecepatan jaringan internet mampu dilakukan dengan akurat menggunakan aplikasi Opensignal. Begitu masuk pada bagian beranda, pengguna bisa menentukan pilihan 'Test' dan menanti beberapa menit. Selanjutnya aplikasi akan memperlihatkan hasil analisis statistik koneksi jaringan internet yang sedang aktif. Sehingga pengguna bisa mengenali seberapa cepat data yang digunakan.

7. Menggunakan Aplikasi SPEEDCHECK

Menerapkan cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome bahwasanya tidaklah rumit, apalagi bagi pengguna yang perlu setiap ketika memantau koneksi internet. Sebab, SPEEDCHECK hadir dengan ukuran ringan dan layanan yang lengkap. Data yang ditampilkan akan sungguh memiliki kegunaan untuk mengevaluasi apakah paket internet yang disediakan oleh ISP sesuai dengan layanan yang diberikan.

Melalui satu kali klik 'Check' pengguna bisa memantau kecepatan WiFi IndiHome yang saat ini sedang digunakan. Aplikasi ini menampilkan berita penting seputar koneksi internet yang mencakup kecepatan download, upload, dan sinyal ping. Di samping itu, pengguna juga akan menerima berita perihal kemampuan jaringan untuk dipakai bermain game, browsing, streaming, dam chatting.

Itulah gosip seputar cara mengecek kecepatan WiFi IndiHome yang dapat diketahui semoga mampu dipakai ketika butuh. Dengan fitur Speed Test tersebut, pengguna mampu memastikan apabila sinyal internet yang dipakai cukup stabil. Sebaiknya seleksilah paket WiFi IndiHome terbaik semoga koneksi internet di rumah tidak mudah mengalami problem. Dengan demikian, rutinitas pekerjaan bisa berjalan dengan tanpa hambatan.


Post a Comment for "Simak 7 Cara Mengecek Kecepatan WiFi IndiHome dengan Hasil Akurat"