Item Service Berkala 70000 KM Pengalaman Ala Toyota Tanjungpinang

Tentu sering kita mendengar istilah servis berkala atau perawatan rutin, servis ini dilakukan secara berulang setiap kali telah mencapai kilometer tertentu. Servis berkala sangat penting dilakukan sebagai tindakan pencegahan dan deteksi dini terhadap komponen mobil.

Selayaknya servis pada umumnya, saat servis berkala mobil akan dilakukan pengecekan menyeluruh atau scanning setiap komponen mobil. Hasil scanning tersebut akan dijadikan acuan bagi mekanik untuk memutuskan komponen apa saja yang harus diganti. Untuk komponen yang bersifat slow move hanya perlu dilakukan pemeriksaan dan perbaikan jika diperlukan.

hondabintang.com

A. Diperiksa pada Service Berkala 70000 KM

Masih banyak kurang paham soal waktu yang tepat atau rutinitas merawat mobil. Perawatan mobil bukan sekedar dicuci setelah kotor, atau dibawa ke bengkel saat bermasalah. Menurut Good Year Indonesia, perawatan kendaraan seharusnya dilakukan secara berkala.

Ya, jadikan perawatan mobil sebagai rutinitas. Tanpa harus menunggu adanya momen penting seperti Lebaran sekalipun, mobil seharusnya tetap mendapat perawatan yang tepat. Dari anjuran yang dipaparkan Goodyear Indonesia, ada lima waktu yang bisa jadi rutinitas perawatan maupun pemeriksaan bagian mobil.

1. Boots driveshaft

ungkin sebagian besar pemilik mobil sering abai dengan kondisi kaki-kaki kendaraan. Padahal fungsinya amat vital menopang agar kendaraan dapat melaju dengan mantap. Penggerak roda dalam sebuah mobil tentu tidak lepas dari istilah "shaft" ada yang namanya axle shaft, propeller shaft, drive shaft, semua komponen itu masuk dalam sistem power train atau pemindah daya.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 1. Boots Drive Shaft terbuat dari Karet

Wajib diperhatikan kondisinya, ini fungsi karet boot as roda mobil. Salah satu sektor kaki-kaki mobil yang patut diperhatikan adalah komponen karet boot as roda. Jika karet boot as roda mobil sudah rusak tentu akan mengganggu kenyamanan saat mobil dipakai. Drive shaft berperan sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin dari transmisi menuju roda-roda penggerak, jika karet boot drive shaft rusak, akan mengganggu kinerjanya.

2. Gear box steering dan boots

Steering gear memiliki peran penting untuk menjaga kenyamanan Anda saat mengemudikan mobil. Dengan adanya komponen ini, Anda bisa dengan mudah mengontrol arah mobil Anda. Yuk, kita simak penjelasan selengkapnya mengenai fungsi steering gear pada mobil ini!

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 2. Gearbox Steering dan Boots

Sebuah mobil memiliki begitu banyak komponen yang bekerja antara satu dengan yang lain agar mobil bisa bergerak dan berjalan sebagaimana mestinya. Salah satu komponen tersebut adalah steering gear. Komponen ini mungkin asing di telinga beberapa orang, namun perlu dipahami bahwa tanpa adanya komponen mobil ini maka kendaraan Anda tidak bisa dikendalikan dengan baik.

3. Pintu geser elektrik**

Pintu geser elektrik atau electric sliding door banyak ditemui di MPV Toyota, mulai dari Toyota Sienta, Voxy, sampai dengan Alphard dan Vellfire. Karena memakai penggerak elektrik, membuat proses buka tutup pintu geser dapat berlangsung mudah dan nyaman.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 3. Mobil dengan Pintu Geser Elektrik

Di sisi lain, sistem buka-tutup secara elektrik bukan berarti terbebas dari masalah. Justru karena dilengkapi dengan motor listrik, kamu harus memperlakukan secara khusus dan tidak asal-asalan. Layaknya produk elektronik, ada komponen elektrik yang ada batasan dalam penggunaan dan mesti dijaga supaya awet.

4. Radiator coolant

Untuk menjaga mesin kendaraan selalu memiliki temperatur yang stabil, dibutuhkan radiator coolant. Ini merupakan salah satu komponen penting pada sistem pendingin mesin yang berperan sebagai media untuk mengalirkan suhu panas mesin kendaraan ke udara luar.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 4. Menambah Radiator Coolant

Radiator menjadi salah satu bagian penting pada sebuah mesin kendaraan. Komponen ini berfungsi sebagai sistem pendingin untuk memastikan agar suhu mesin tidak terlalu panas sehingga menyebabkan overheat. Pada cara kerjanya, salah satu komponen yang paling penting adalah air radiator mobil atau disebut juga dengan radiator coolant.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu radiator coolant, apa saja jenisnya dan apa perbedaan air biasa dengan radiator coolant, berikut penjelasan lengkapnya :

Radiator coolant merupakan cairan pendingin yang biasanya digunakan pada radiator. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengontrol suhu di dalam mesin kendaraan agar tidak berlebih karena bisa menyebabkan overheat dan kerusakan pada mesin mobil.

Agar performa radiator dalam menjaga suhu mesin bisa optimal, maka ada baiknya menggunakan radiator coolant daripada air biasa. Radiator coolant biasanya terbuat dari campuran air murni tanpa ada bahan tambahan mineral. Selain itu, ada beberapa bahan tambahan lainnya antara lain seperti zat beku dan pencegah karat. 

Radiator coolant biasanya memiliki titik didih yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan air biasa. Hal ini membuat radiator coolant lebih baik dalam menjaga suhu mesin kendaraan. Akan tetapi  harga radiator coolant biasanya memang lebih mahal dibandingkan harga air radiator mobil biasa.

5. Rem depan & belakang

Perawatan dan perbaikan rem cakram mobil sangat penting untuk dilakukan secara rutin, mengingat rem merupakan komponen keselamatan berkendara yang sangat krusial fungsinya. Pada umumnya mobil memakai dua jenis rem mobil, yaitu rem piringan (disk brake) serta rem tromol (drum brake).

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 5. Service Rem Depan dan Belakang

Dua jenis rem ini terpasang pada masing-masing roda mobil, di mana biasanya rem piringan terpasang di bagian roda depan sedangkan rem tromol pada roda bagian belakang. Kedua jenis rem ini tentu punya fungsi yang berbeda dan pastinya perawatan dan perbaikan rem cakram mobil akan berbeda juga dengan perawatan rem tromol.

6. Suspensi

Biasanya dilakukan pengecekan shockbreaker yang berfungsi meredam guncangan atau hentakan akibat kondisi jalanan tidak stabil. Mendeteksinya bisa dengan mendengar suara bising dan keras saat mobil dikendarai. Apalagi diselingi guncangan bodi berlebihan yang dirasakan pengendara di dalam kabin. Bila seperti itu, indikasi komponen peredam kejut lemah itu perlu direkondisi.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 6. Pemeiksaan Pada Sistem Suspensi

Pengecekan selanjutnya adalah bushing stabilizer serta bushing arm. Bushing stabilizer yang terpasang pada link stabilizer untuk menjaga keseimbangan suspensi bagian kiri dan kanan. Kerusakan bisa dideteksi dengan mendengarkan apakah ada suara mendecit atau bergemuruh saat Anda mengerem mobil.

Sedang bushing arm yang berbentuk tabung besi yang diisi dengan karet, memiliki fungsi sebagai titik tumpu antara roda dengan lengan pencengkeramnya. Jika komponen tersebut mulai rusak, kinerjanya sebagai pendukung kerja suspensi mobil pun akan berkurang kenyamanannya.

8. Tie rods

Langkah pertama, melihat kondisi tie rod dan ball joint. Keduanya merupakan komponen penting untuk mengarahkan roda. Tie Rod berfungsi menghubungkan roda kemudi ke ban agar bisa belok ke kanan dan kiri. Sedang ball joint sebagai sumbu roda atau pengikat antara as roda (knuckle) dengan arm (sayap), menjadi tumpuan roda saat berbelok ke kanan atau kiri.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 7. Pemeriksaan Tie Rod

Langkah mendeteksi kerusakannya dapat dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda. Jika timbul suara aneh, dapat dipastikan bantalan bola sudah mulai kendor (aus). Permukaan tie rod dan ball joint sudah berubah atau tidak halus, juga penanda bahwa komponen sudah aus dan harus segera diperbaki.

7. Saringan udara

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari komponen ini, yaitu menyaring udara yang akan masuk ke mesin. Udara yang akan masuk ke mesin perlu disaring terlebih dahulu agar tidak ada kandungan debu atau kotoran yang menempel, sehingga tidak menghambat proses pembakaran.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 8. Perawatan Saringan Udara

Penyaringan ini perlu dilakukan karena udara juga memiliki peranan untuk mesin, yaitu membantu menghasilkan tenaga. Apabila udara yang masuk ke mesin ternyata mengandung kotoran, maka proses pembakaran tidak akan berjalan sempurna yang berakibat tenaga motor menurun.

Komponen ini akan memfilter seluruh kotoran agar yang bisa masuk ke ruang bakar hanya udara bersih. Kotoran sekecil debu pun juga akan dibersihkan oleh saringan udara, sehingga perawatan untuk komponen ini tidak boleh dilupakan agar performanya tetap bagus.

8. Map Sensor

Terkadang masalah kecil yang dialami oleh mobil-mobil keluaran terbaru menjadi besar. Ini karena semua terkontrol secara komputerisasi melalui sebuah ECU mobil. Dalam hal sensor MAP Anda perlu mengenali tanda-tanda kerusakan sensor ini. Terlebih lagi jika Anda mau memahami cara kerja sensor MAP. Setelah itu, barulah ketika muncul masalah Anda akan memiliki keberanian untuk tidak membawa mobil Anda ke bengkel ternama sebelum mencoba memperbaikinya sendiri. Berikut saya coba menjelaskan langkah memperbaiki sensor MAP.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 9. Perawatan MAP Sensor

Sebagai sensor MAP fungsionalnya memainkan peran penting dalam pemeliharaan mobil Anda. Jika Anda tidak percaya bahwa ada masalah dengan sensor MAP Anda, berikut adalah beberapa elemen yang harus Anda periksa atau sebelum membawa mobil Anda ke bengkel mobil untuk mengganti sensor.

B. Diganti

Sangat direkomendasikan agar kita melakukan servis mobil secara rutin. Kebanyakan orang akan melakukan jadwal servis setiap interval enam bulan sekali atau mengikuti jadwal servis yang telah disediakan dari pabrikan mobil. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga mobil Anda tetap bekerja sempurna dan aman. Tentu saja Anda tidak ingin mengendarai mobil yang bisa rusak setiap waktu, bukan?

Para pemilik mobil pasti tidak asing dengan istilah service rutin mobil atau service berkala mobil. Service ini biasa dilakukan berdasarkan jarak tempuh atau jangka waktu. Contohnya, untuk penggantian oli mobil dilakukan rutin per 5.000 km atau per 6 bulan, mana dahulu yang lebih tercapai.

Sangat direkomendasikan bagi para pemilik mobil untuk melakukan service rutin mobil di bengkel terpercaya. Tujuannya agar mobil tetap sehat dan tidak ada masalah saat dibawa bepergian. Tentunya tidak mau kan mengendarai mobil yang bermasalah dan mogok di jalan?

1. Saringan Oli

Anda pasti penasaran mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti filter oli. Jika, Anda merujuk pada aturan servis berkala dari pabrikan mobil. Waktu yang tepat untuk melakukan penggantian filter oli, sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali atau jarak tempuh mobil mencapai 5.000 kilometer. Anda memang disarankan untuk mengganti filter oli bersamaan dengan penggantian oli.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 10. Saringan Oli dilepas dan Mesin

Namun, di kalangan masyarakat luas terdapat pendapat yang mengatakan bahwa penggantian filter oli cukup dilakukan setiap 10.000 kilometer. Atau setiap dua kali ganti oli mesin. Menurut para pakar otomotif, dan mekanik profesional sebaiknya, Anda mengikuti saran penggantian filter oli setiap mengganti oli mesin.

2. Gemuk rem

Grease atau gemuk diberikan di besi sisi-sisi samping kampas rem yang langsung bersinggungan dengan dudukan kampas rem. Kalau kita lihat biasanya kampas rem terdapat besi yang agak sedikit keluar, ini berfungsi agar kampas rem tetap pada dudukannya di kaliper.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 11. Menambah Gemuk pada Rem Cakram

Pemberian gemuk atau grease ini mencegah terjadinya macet saat rem mulai panas. Selain itu, grease atau gemuk mencegah terjadinya munculnya karat yang juga bisa membuat kampas rem macet.

3. Oli mesin*

Soal kapan waktu ganti oli bisa dicermati melalui km nya. Menurut beberapa buku manual biasanya mobil yang sudah mencapai 10.000 km harus diganti olinya pertama kali. Jarak tempuh tersebut biasanya didapatkan setiap 6 bulan sekali.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 12. Mengganti Oli Mesin

Namun angka tersebut digunakan jika Anda menggunakan jenis oli full sintetik, jika oli yang digunakan mengandung campuran mineral maka hitungannya adalah setiap 5.000 km. 

Kini Anda tentu tidak bingung lagi kan harus ganti oli mobil berapa km lagi. Hanya saja ada satu hal yang perlu diperhatikan juga yaitu running engine hours. Angka km yang disebutkan pada buku manual diasumsikan untuk mobil yang dikendarai secara normal. 

Contohnya saja jarang melewati jalan tanjakan, offroad dan melintasi area macet. Jika Anda sering melewati tipe jalan tersebut, maka untuk tahu kapan ganti oli mobil perlu menggunakan cara yang berbeda. 

4. Washer drain

Salah satu komponen di dalam mobil yang penting dilakukan pergantian secara berkala yaitu adalah washer drain. Komponen ini sangat penting untuk diganti rutin bersamaan dengan waktu ganti oli.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 13. Waher Drain Oli dan Baut

Sebab, washer drain atau gasket oil drain plug memiliki peranan yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari keselamatan pengemudi sekaligus penumpang saat mobil dikendarai.

Jika kamu sedang melakukan service secara berkala di bengkel, coba cek kembali fakturnya. Pasti kamu akan menemukan list tagihan tambahan berupa penggantian washer drain (gasket oli) yang harganya sangat murah.

C. Tambah

Sering kali pihak mekanik menemui masalah aki mobil soak atau tekor. Aki tersebut tidak bisa menyalurkan kebutuhan listrik secara maksimal pada komponen-komponen mobil yang butuh daya listrik. Akibatnya, aki soak sehingga mesin tidak dapat di-starter. 

Penyebab aki soak biasanya akibat kelalaian pemilik mobil, yakni jarang mengecek kondisi aki. Contohnya, tidak memperhatikan cara mengisi air aki pada mobil yang menggunakan aki basah, sehingga air aki mobil kurang dari batas minimum atau telah kering. 

Namun, jangan khawatir, di bawah ini adalah cara mengisi air aki baru mobil yang terdiri dari beberapa langkah mudah serta aman untuk dilakukan sendiri di rumah. 

1. Engine cleaner*

Performa mobil menurun karena kotoran yang menumpuk di ruang bakar? Tak perlu panik dan langsung membawa ke bengkel.  kondisi yang optimal, maka penting memastikan bahwa ruang bakar dalam kondisi Anda bisa mengatasi masalah seperti ini di rumah cukup dengan bermodal carbon cleaner mobil. Dengan menggunakan cairan ini, semua kotoran dan kerak yang menumpuk dari sisa pembakaran akan terangkat dengan mudah.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 14. Oxy Cleaner selama 25 Menit

Untuk menjaga performa mobil selalu dalam yang bersih. Jika ruang bakar kotor dan berkerak, bisa membuat performa kendaraan menurun secara keseluruhan sehingga harus segera diatasi dengan menggunakan carbon cleaner ini.

2. Air Baterai

Air aki mobil memiliki peran penting sebagai komponen vital dalam kendaraan. Termasuk juga mobil. Keberadaan aki sangat berpengaruh pada kinerja komponen lain dalam mobil. Maka dari itu penting sekali menjaga kondisi aki tetap stabil agar dapat digunakan dengan baik.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air ini biasa dijumpai dalam kemasan berbeda ketika di pasaran. Ada yang perlu lebih diperhatikan mengenai perbedaan kemasan tersebut. Perbedaan kemasan yang dimaksud cenderung ke perbedaan warna.

Setiap brand umumnya mengeluarkan dua jenis warna kemasan setiap aki mobil. Umumnya warna tersebut adalah merah dan biru. Jangan dianggap sepele! Perbedaan warna ini ternyata memiliki arti tersendiri. Berbeda warna kemasan ternyata berbeda pula jenisnya. Dalam hal ini, tentu saja kandungan di dalam masing-masing jenisnya juga berbeda.

D. Rotasi

Rotasi ban yaitu memindahkan posisi ban baik dari sisi kanan ke kiri, pun dari depan ke belakang. Pemindahan posisi ban ini memiliki fungsi untuk menjaga agar tingkat keausan keempat ban seimbang. Baca juga: Akhirnya Diputuskan Sebagian Aspal Sirkuit Mandalika Dilapisi Ulang Meski dipasang pada saat bersamaan, ban memiliki tingkat keausan yang berbeda.

Hal ini dikarenakan cara mengemudi atau adanya kerusakan pada kaki-kaki mobil yang membuat ban menahan beban kendaraan yang berbeda di setiap sisinya. Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, merotasi ban sebaiknya dilakukan secara berkala pada periode tertentu. Lihat Foto Pentingnya rotasi ban(kiosban.com) “Idealnya merotasi ban minimal 5.000 kilometer atau lebih cepat.

Service Berkala 70000 KM: Daftar Item Yang Dikerjakan
Gambar 15. Pola Rotasi Ban Mobil

Semakin sering dilakukan rotasi akan semakin baik, ini sangat berpengaruh pada umur ban,” kata Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. Rotasi ban juga dapat dilakukan sebelum 5.000 kilometer tergantung dengan kondisi ban. Jika kelurusan roda atau keseimbangan roda jarang diperiksa harus lebih sering lagi dilakukan rotasi ban.

Demikian daftar item yang akan diperiksa, diganti, ditambah dan dirotasi saat servis berkala 70.000 KM pada mobil. Untuk estimasi harga dan biaya pengerjaan, akan berbeda antara ATPM bengkel resmi.

  • *khusus untuk mesin turbo, jadwal penggantian oli mesin dan saringan oli mengikuti indikator oil life
  • **jika dilengkapi, serta item perawatan mungkin berbeda pada beberapa model, tahun dan atau tipe

Post a Comment for "Item Service Berkala 70000 KM Pengalaman Ala Toyota Tanjungpinang"