Cara Menghidupkan Diesel Main Engine Kapal (YC4108C) Yucai

Pengalaman ini saya buatkan ketika menjadi guru di SMK Maritim Batam yang sekarang menjadi SMK Pelayaran Nasional Batam.

Saya bertugas disini sebagai kepala bengkel, artinya semua perawatan dan perbaikan di bengkel Teknika Kapal Niaga ini menjadi tanggung jawab saya. Salah satunya adalah pemanasan mesin Yucai 2 kali seminggu.

Kita perlu melakukan pemanasan mesin di labor minimal 1x (sekali) dalam seminggu. Kali ini saya akan menjelaskan standar operating prosedur (SOP) Warming up Engine YC4108C, langkah-langkahnya:

  1. Rangkai 2 baterai 12 V secara seri agar didapat tegangan 24 V, mesin ini butuh tegangan 24V (lihat keterangan pada motor starter).
  2. Pre-Heating, putar kunci kontak kearah lawan jarum jam. Tahan selama 15 - 20 detik. Busi pemanas akan bekerja menghasilkan panas pada ruaang silinder.
  3. Putar kunci kontak searah jarum jam, starter akan berputar menggerakkan mesin, lalu mesin akan hidup.
  4. Gerakkan handel merah (Tuas gas) untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin.
  5. Gerakkan handel hitam (Tuas gear box) untuk menggerakkan propeller.
  6. Lakukan pemerikasaan panel indikator, pastikan ada kenaikan suhu air pendingin, kenaikan suhu pelumas engine, kenaikan tekanan pelumas mesin, kenaikan tekanan lube oil gear box saat propeller berputar.
  7. Untuk mematikan mesin, tarik tuas fuel cut-off pada pompa injeksi.
Itulah langkah - langkah memanaskan mesin utama YC4108C penggerak kapal tongkang. Saya mendapat banyak pengalaman teknis selama disekolah ini menjadi tenaga laboran sekaligus guru perbengkelan kapal niaga.

Post a Comment for "Cara Menghidupkan Diesel Main Engine Kapal (YC4108C) Yucai"