Tips Merawat Dan Menggunakan Kipas Angin Agar Tidak Mudah Rusak

Penggunaan kipas angin mampu dibilang cukup utama buat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, suhu panas pada ruangan pun mampu menjadi sejuk ketika itu juga saat kipas angin tersebut dinyalakan dan risikonya gerah atau keringat di badan anda mulai hilang. Dan tahukah anda bahwa kebanyakan orang kadang kali menggunakan kipas angin dalam waktu berjam-jam lamanya sehingga hal ini membuat kipas angin menjadi cepat kotor bahkan tidak jarang juga ada yang menggunakan kipas angin secara nonstop atau terlalu berlebihan sehingga kipas anginnya menjadi cepat rusak final penggunaan yg tidak wajar tersebut.

Dalam menggunakan kipas angin kalian perlu melakukan perawatan serta juga penting menyingkir dari pemakaian yg tidak masuk akal semoga kipas angin tidak cepat rusak atau mengalami penurunan kinerjanya. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas ihwal kiat merawat dan menggunakan kipas angin agar tidak gampang rusak serta biar hembusannya tetap kencang. Untuk lebih jelasnya pribadi saja simak ulasannya dibawah ini.

Tірѕ Mеrаwаt Dаn Mеnggunаkаn Kіраѕ Angіn Agаr Tіdаk Mudаh Ruѕаk

1. Bеrѕіhkаn Kіраѕ Angіn Sесаrа Bеrkаlа
Sоurсе іmаgеѕ : www.bоbvіlа.соm
Perawatan kipas angin secara terpola sungguh penting bagi dilaksanakan misalnya dengan membersihkan bubuk kotor pada kipas angin. Debu-bubuk kotor tersebut bisa melekat dimana saja dan yang paling kerap kotor biasanya ada pada belahan kerangka pelindung baling-baling serta baling-balingnya, perlu anda pahami bahwa abu yg melekat tersebut kalau anda biarkan maka mulai menciptakan udara yang dihembuskan oleh kipas angin menjadi tidak segar dan bisa menggangu pernafasan. Selain itu, debu kotor tersebut juga bisa membuat kipas angin menjadi cepat rusak akibat rotor atau as yang kemasukan bubuk dan lain sebagainya.

Untuk itu, segeralah lakukan pencucian pada kipas angin anda bila memang sudah kotor atau berdebu dengan cara membuka kerangka pelindung baling-baling serta lepas baling-balingnya, bersihkan dengan memakai kuas kering apalagi dahulu kemudian lap dengan kain lap lembap, seandainya anda mendapati kotoran yang membandel maka anda bisa menggunakan sedikit deterjen untuk menghilangkannya.

Jangan lupa buat membersihkan kepingan luar dinamo terutama cuilan as atau rotor (serpihan yg berputar) dan kalau memungkinkan anda mampu membuka penggalan dinamonya sekaligus bagi dibersihkan juga. Yang perlu dikenang yakni jangan menggunakan air atau menyiram pecahan mesin atau dinamo serta rotornya dengan air karena hal ini mampu mengusik kinerja atau bahkan menciptakan rusak kipas angin anda, jadi gunakan kuas kering saja buat membersihkan kepingan-kepingan vital tersebut.

Lakukan pencucian pada kipas angin anda secara bersiklus misalnya beberapa minggu sekali atau sebulan sekali tergantung tingkat kotornya kipas angin anda masing-masing.

2. Bеrі Pеlumаѕ Pаdа Bаgіаn Bоѕ Dаn Rоtоr 

Perlu anda ketahui bahwa pelumas yang ada pada kipas angin ketika-waktu mulai kering seiring berjalannya waktu, sehingga kipas angin mulai memerlukan perawatan dengan pertolongan pelumas pelicin pada cuilan bos dan rotor kipas angin setiap kali bagian tersebut kering. Perawatan dengan memberi pelumas tersebut sangat penting alasannya kalau tidak dikerjakan maka kipas angin anda mulai cepat macet dan rusak.

Jadi, berilah pelumas pelicin pada cuilan bos dan rotor kipas angin di saat pelumas yg lama telah kering. Untuk bagian depan anda mampu secepatnya meneteskan minyak, sedangkan untuk bagian belakang anda harus membuka gearbox terlebih dulu baru kemudian diberi pelumas atau minyak pelicin. Untuk minyak pelicin atau pelumas, anda bisa menggunakan minyak mesin jahit contohnya minyak merk singer dan perlu dikenang bagi jangan memakai pelumas atau minyak pelicin asal pilih alasannya adalah tidak seluruh minyak pelicin itu cocok digunakan bagi kipas angin.

3. Hіndаrі Tеrkеnа Tеtеѕаn Aіr Pаdа Dіnаmо

Motor atau dinamo kipas angin sangat rentan rusak kalau terkena air, maka dari itu hindarilah terkena tetesan air pada dinamo atau motor listrik kipas angin. Tak hanya dinamo saja, kipas angin anda juga mulai gampang berkarat bila tidak jarang terkena air alasannya lazimnya kipas angin juga dibentuk dengan materi besi pada beberapa belahan-bagiannya. Jadi tentukan kipas angin anda tidak terkena tetesan air misalnya dari tetesan air hujan akibat plafon yang bocor.

4. Gunаkаn Kіраѕ Angіn Sеlауаknуа Sаjа

Gunakanlah kipas angin saat diperlukan dan hindari pemakaian nonstop
untuk memperpanjang usia pakai kipas angin, jangan memakai kipas ketika tidak terlalu diharapkan seperti contohnya saat cuaca dingin, dll. Jangan lupa untuk mematikan kipas angin sehabis dipakai.

Hindari pemakaian nonstop, beri waktu jeda pemakaiannya atau istirahatkan sejenak sebelum digunakan kembali. Selain bermaksud bagi meminimalkan energi listrik, hal ini juga penting buat dilaksanakan agar kipas angin mampu berusia panjang. Jika memang ingin menggunakan kipas angin dalam jangka waktu yang agak lama, maka usahakan menset putaran kipas anginnya ke yg terlemah atau yang tingkat menengah supaya kipas angin tidak cepat panas sehingga rentan rusak.

5. Gunаkаn Fіtur Tіmеr

Pаdа bеbеrара рrоduk kіраѕ аngіn bіаѕаnуа ѕudаh dіbеkаlі dеngаn fіtur tіmеr. Fungѕі dаrі fіtur іnі іаlаh mеnоnаktіfkаn kіраѕ аngіn ѕесаrа оtоmаtіѕ ѕеhаbіѕ mеrаіh wаktu уаng tеlаh dірutuѕkаn. Fіtur tіmеr іnі bіаѕаnуа аkаn ѕаngаt сосоk dіраkаі untuk tіdur mаlаm, аlаѕаnnуа mаmрu mеnсеgаh kіраѕ аngіn mеnуаlа ѕераnjаng mаlаm kеtіkа kіtа tеrlеlар tіdur. Tаk сumа bеrkhаѕіаt ѕеwаktu ѕеdаng tіdur, fіtur tіmеr раdа kіраѕ аngіn jugа bіѕа dіреrgunаkаn bаgі bаnуаk hаl реntіng уаng lаіn.

Bіlа kеbеtulаn kіраѕ аngіn аndа tіdаk mеmіlіkі fіtur tіmеr, аndа mаѕіh bіѕа mеngаkаlіnуа dеngаn mеmаѕаng ѕеndіrі tіmеr ѕwіtсh bаgі kіраѕ аngіn аndа.

6. Bаtаѕі Pеnggunааn Fіtur Swіng (Gеаrbоx)

Setiap produk kipas angin lazimnya sudah dilengkapi dengan fitur swing yaitu fitur dengan kesanggupan menggerakkan kepala kipas angin kekiri dan kekanan lewat sistem kerja gearbox di bagian belakang dinamo. Tahukah anda bahwa fitur ini bahwasanya cukup tidak meminimalkan beban dinamo alasannya adalah cara kerjanya sendiri yg memanfaatkan putaran as atau rotor dari dinamo. Sebenarnya sah-sah saja apabila kalian menggunakan fitur tersebut, tetapi jika penggunaannya terlalu berlebihan dalam hal ini mulai menjadi kurang baik sebab mampu membuat dinamo kipas angin cepat panas, sehingga dinamo akan cepat rusak kalau diteruskan. Oleh alasannya itu, batasilah penggunaan fitur swig tersebut gunakan secukupnya saja.

Tentunya sebuah kipas angin di saat-waktu akan mengalami kerusakan sebab kipas angin mempunyai usia maksimal pemakaian. Semua tips-kiat diatas cuma bertujuan untuk memperpanjang usia pakai kipas angin. Kaprikornus jika anda telah menerapkan tips diatas bukan memiliki arti kipas anda tidak mulai rusak.

Oke mungkin cukup sekian dulu buat postingan kali ini semoga mampu berkhasiat bagi anda semua.

Post a Comment for "Tips Merawat Dan Menggunakan Kipas Angin Agar Tidak Mudah Rusak"