Mendiagnosis Kerusakan Sistem Starter Mobil

Pertemuan ini kita akan membahas cara menganalisis gejala kerusakan pada Sistem Starter mobil - Pada sebuah mobil dengan menggunakan teknologi otomotif sistem starter merupakan bagian dari sistem kendaraan untuk memberikan putaran awal bagi engine  agar dapat menjalankan siklus kerjanya.

Sebagai penggerak awal, sistem starter berfungsi mengubah energi  listrik dari baterai (aki) menjadi energi gerak (mekanik) yang  akan digunakan untuk memutar fly wheel pertama kali untuk  menghidupkan mesin atau melakukan siklus kerjanya.

Mendiagnosis Kerusakan Sistem Starter Mobil -  geraibelajar.com

Sistem  starter bekerja untuk mengubah energi listrik dari baterai  menjadi energi gerak (mekanik/putaran) dengan menggunakan  motor listrik atau motor starter. Kerusakan pada sistem starter  merupakan salah satu penyebab mobil mogok mendadak.  Ketika tiba-tiba starter mobil tidak bisa dinyalakan, maka  kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem starter. Berikut ini  merupakan gejala kerusakan pada sistem starter.

1. Lampu Depan Mobil Tidak Menyala

Gejala kerusakan berupa tidak terdengar. adanya suara  yang aneh pada kendaraan tetapi lampu depan mobil tidak  menyala dapat disebabkan oleh baterai mobil mati, ada  rangkaian terbuka (open circuit) pada starter mobil, dan  sambungan (terminal) pada baterai berkarat/korosi sehingga  arus listrik tidak dapat sampai ke sistem starter atau sistem  lainnya. Untuk mengatasi gejala kerusakan tersebut, perlu  pemeriksaan secara menyeluruh pada sistem kelistrikan starter.

2. Lampu Depan Mati Ketika Starter Dinyalakan

Gejala kerusakan pada sistem starter yang selanjutnya adalah lampu depan menyala dengan baik ketika kunci kontak ON, tetapi saat mobil distarter, lampu depan tiba-tiba mati.  Gejala kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh baterai mobil mungkin belum diisi dayanya, ada korsleting/arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya, dah kerusakan pada mesin mobil.

3. Terdengar Bunyi Dengung

Bunyi dengung pada sistem starter dapat disebabkan oleh arus listrik tidak dapat mengalir : ke solenoid, sehingga tidak dapat menggerakkan pinion gear dan flywheel. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh baterai yang telah lemah sehingga arus listrik yang dihasilkan rendah. Selain itu, kabel pada rangkaian starter yang buruk dan terminal baterai yang mengalami korosi juga menyebabkan bunyi dengung pada sistem starter.

4. Terdengar Bunyi “Klik” yang Keras.

Bunyi yang terdengar seperti bunyi sekali “klik” yang padat disebabkan oleh kerusakan pada selenoid atau motor starter.

5. Terdengar Bunyi Benturan Logam

Jika terdengar bunyi seperti benturan logam ketika  menyalakan mesin, maka kerusakan yang terjadi adalah  kemungkinan mounting bolt starter kendur, atau gerigi pinion  wheel, flywheel keropos atau rusak. Jika gerigi-gerigi pada fiywheel maupun pinion gear tidak dapat saling bertautan dengan baik, suara yang akan terdengar adalah suara benturan logam.

6. Baterai yang Mati

Jika baterai lemah atau benar-benar mati, kemungkinan starternya akan menjadi lambat. Gejala kerusakannya seperti terdengar suara menggeram “RRR-RRR-RRR”. Jika tegangannya jauh menurun, bunyinya akan menjadi putus-putus “K-K-K” atau “cetek cetek”.

Jika baterai telah mati, maka saat mobil distarter tidak terdengar suara. Selain gejala kerusakan tersebut, ada beberapa gejala kerusakan lainnya pada sistem starter yang disajikan pada tabel berikut.

Tabel 2.1 Gejala Kerusakan pada Sistem Starter :

1. Mesin tidak berputar
Kemungkinan Penyebab:
1. Baterai sudah mati. 
2. Fusible link sudah rusak
3. Ada sambungan yang lepas atau kendur.
4. Kerusakan pada kunci kontak.
5. Kerusakan pada solenoid, relay, sakelar netral atau sakelar kopling.

Tindakan:
1. Periksa keadaan baterai.
2. Ganti fusible link.
3. Bersihkan dan kencangkan sambungannya.
4. Periksa kunci kontak, ganti jika diperlukan.
5. Periksa bagian-bagiannya, ganti bila perlu.

2. Mesin berputar lambat
Kemungkinan Penyebab:
1. Baterai lemah.
2. Sambungan kendor atau berkarat.
3. Kerusakan pada motor starter.
4. Ada masalah mekanis pada mesin atau motor starter.

Tindakan:
1. Periksa baterai, ganti jika diperlukan.
2. Bersihkan dan kencangkan sambungan.
3. Periksa dan lakukan pengujian motor starter.
4. Cek mesin dan starter, ganti komponen yang rusak.

3. Starter berputar terus
Kemungkinan Penyebab:
1. Kerusakan gigi pinion atau ring gear.
2. Kerusakan plunyer pada solenoid.
3. Kerusakan kunci kontak atau rangkaian kontrolnya.
4. Kunci kontak macet.


Tindakan:
1. Periksa gigi: pinian dan ring gear dari keausan atau kerusakan.
2. Periksa dan Tes pull-in dan hold-in coil.
3. Periksa kunci kontak dan rangkaiannya.
4. Cek kunci kontak.

4. Starter berputar tetapi mesin tidak berputar
Kemungkinan Penyebab:
1. Kerusakan pada kopling starter.
2. Kerusakan atau keausan gigi pinion dan ring gear

Tindakan:
1. Periksa kopling starter, periksa kerjanya.
2. Cek roda gigi dari keausan dan kerusakan dan Periksa kumparan pull-in.

5. Starter tidak dapat berkaitan atau lepas dengan lembut
Kemungkinan Penyebab:
1. Kerusakan pada solenoid.
2. Pinion gear atau ring gear aus.

Tindakan:
1. Periksa dan ganti jika perlu. :
2. Cek roda gigi dari kerusakan dan keausan ganti jika perlu.

Permasalahan dan Penyelesaian

Permasalahan 1
Roni sedang bekerja di bengkel mobil di dekat rumahnya. salah seorang konsumen mengeluhkan kerusakan pada mobil berupa lampu depan menyala dengan baik ketika kunci kontak ON. Tetapi saat mobil distarter, lampu depan tiba-tiba mati. Kemudian dia menganalisis penyebab kerusakan tersebut dań cara mengatasinya. Apakah penyebab kerusakan berupa lampu depan menyala dengan baik ketika kunci kontak ON, tetapi saat mobil distarter, lampu depan tiba-tiba mati?

Penyelesaian:
Gejala kerusakan berupa lampu depan menyala dengan baik ketika kunci kontak ON, tetapi saat mobil distarter, lampu depan tiba-tiba mati disebabkan oleh baterai mobil mungkin belum diisi dayanya, ada korsleting/arus pendek yang menyebabkan starter menarik banyak daya, dan kerusakan pada mesin mobil.

Permasalahan 2
Rahmat sedang melaksanakan kegiatan pemeriksaan gejala kerusakan pada sistem starter mobil praktik di bengkel sekolahnya. Gejala kerusakan yang diamati adalah starter berputar tetapi mesin tidak berputar. Setelah itu, Rahmat menganalisis penyebab kerusakan tersebut dan cara mengatasinya. Apakah penyebab kerusakan berupa starter berputar tetapi mesin tidak berputar dan cara mengatasinya?

Penyelesaian:
Kerusakan berupa starter berputar tetapi mesin tidak berputar disebabkan oleh kerusakan pada kopling starter atau kerusakan atau keausan gigi pinion dan ring gear. Cara mengatasi gejala kerusakan tersebut adalah pemeriksaan cara kerja kopling starter dan roda gigi dari keausan dan kerusakan.

Demikian ulasan langkah mendiagnosis kerusakan sistem starter pada sebuah kendaraan ringan. Kami penulis gerai belajar sangat berterimakasih atas dukungan semua pihak, hingga materi ini dapat tersusun.

Post a Comment for "Mendiagnosis Kerusakan Sistem Starter Mobil"