Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Pompa Air Dan Cara Mengatasinya

Pompa air ialah salah satu perlengkapan rumah tangga listrik yang sungguh berkhasiat buat kehidupan sehari-hari lantaran memang kita sungguh membutuhkan sumber air yang didapat dari perlengkapan listrik yg sesuatu ini. Tentunya suatu pompa air akan mengalami yg namanya kerusakan dan itu mampu disebabkan oleh banyak sekali hal seperti lantaran usianya memang telah amis tanah, sebab macet, kerusakan pada beberapa spare partnya dll.

Menurut pengalaman aku sebagai tuser atau tukang servis utamanya pompa air, sudah cukup banyak aku menjumpai kerusakan yg bermacam-jenis baik itu kerusakan kecil hingga yang paling parah yaitu motor atau dinamo terbakar. Saya sendiri yang mulanya hanya main-main kinipun mampu menanggulangi aneka jenis kerusakan tersebut lantaran banyaknya permintaan konsumen yg saya sendiri tidak mampu menolaknya lantaran demi ingin menolong pelanggan yg membutuhkan derma sekaligus ingin mencari penghasilan pelengkap bagi keseharian saya.

Dan pada potensi kali ini aku mau membagikan pengalaman saya tersebut dengan menulis artikel yang berjudul kerusakan yang kadang terjadi pada pompa air dan cara mengatasinya, oke tidak perlu panjang lebar lagi mari silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Bеrіkut Inі Kеruѕаkаn уаng Sеrіng Tеrjаdі Pаdа Pоmра Aіr Bеѕеrtа Cаrа Mеngаtаѕіnуа


Pоmра Aіr Mаtі Tоtаl Sааt Dіnуаlаkаn

Apabila anda mengalami pompa air yg mati total tidak ada reaksi sama sekali seperti suara dengungan motor yang dalam posisi sedang dinyalakan, maka kerusakan tersebut biasanya hanya terjadi pada kabel atau saklar sepanjang instalasi menuju ke pompa air. Namun juga tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan pada motor listrik atau dinamo pada pompa air tersebut.

Untuk cara mengatasinya anda bisa melakukan pengecekan apalagi dulu pada jalur instalasinya yaitu kabel dari sumber listrik yg menuju ke pompa air, tergolong juga saklar maupun colokan listrik kalau anda menggunakannya. Saat melakukan pengecekan tersebut anda mesti menggunakan alat bantu mirip Tespen dan Multitester bagi mengusut putus atau tidaknya keadaan kabel, begitu juga dengan saklar dan steker atau colokan listriknya apakah masih berfungsi atau tidak.

Jika sepanjang jalur instalasi kabel tersebut masih berfungsi atau tidak mengalami kerusakan mirip kabel putus dan yang lain sebagainya. Maka langsung saja anda lanjutkan pengecekannya ke serpihan pompa airnya, sama halnya seperti pengecekan pada instalasi kabel buat bagian pompa air yg dicek adalah keadaan motor listrik atau dinamonya. Apakah masih dalam keadaan nyambung atau putus, kalau ternyata putus maka terpaksa anda mesti mengubah ulang dinamo atau motor listrik tersebut.

Istilah yang biasa dikenal penduduk yaitu menggulung dinamo atau rewinding. Dalam hal menggulung dinamo ini sesungguhnya tidak semua orang bisa, namun lazimnya telah ada jasa perbaikan dinamo atau menggulung dinamo ini di banyak sekali daerah servis elektro. Sehingga jika dinamo rusak anda mampu mempercayakannya pribadi ke pemasokjasa gulung dinamo tersebut apabila anda tidak mampu melakukannya sendiri.

Bаса Jugа : Pеnуеbаb Mеѕіn Pоmра Aіr Mаtі Tоtаl Sеrtа Cаrа Mеmреrbаіkіnуа

MCB рrіbаdі Trір Atаu Turun Kеtіkа Pоmра Aіr Dіnуаlаkаn

Apakah pompa air anda membuat MCB segera trip di saat dinyalakan? Jika iya, maka bisa dipastikan ada konsleting listrik pada motor listrik atau dinamo pada pompa air anda tersebut. Sebenarnya kerusakan pada bagian ini tergolong parah lantaran mau tak inginanda harus memperbaiki dinamo pompa air tersebut kalau masih ingin kolam mandi anda terisi air, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya buat memperbaiki dinamo pompa air maka anda mesti mencari penyuplaijasa gulung dinamo ulang, hal ini karena kerusakan dinamo itu sendiri bukanlah kerusakan yg mampu terselesaikan dengan mudah oleh setiap orang karena butuh keahlian khusus.

Pоmра Aіr Tіdаk Bеkеrjа Dаn Hаnуа Kеluаr Suаrа Dеngungаn Dаrі Mеѕіn Dіnаmо

Selain kerusakan mirip mati total, kadang-kadang pompa air juga berkendala tidak inginberputar atau melakukan pekerjaan pada mesin dinamonya akan tetapi masih disertai dengan adanya bunyi dengungan yang memperlihatkan kinerja dinamo sedang terhenti selesai macet atau hal yg lain.

Untuk mengatasi kendala kerusakan mirip ini, langkah awal anda mampu menjajal membantu memutar secara manual dengan tangan kipas pendingin yang umum berada di penggalan belakang dinamo (lakukan hal ini dengan keadaan pompa air sedang on/hidup). Jika ternyata berhasil berputar maka dilema kerusakannya ada pada kapasitornya yg telah mati, tetapi juga tidak menutup kemungkinan kerusakannya tersebut ada pada kumparan sekunder dinamo yang putus. Jika hanya kapasitor yang mati maka anda mampu mencari gantinya di toko-toko elektro, tetapi jikalau kumparan sekunder dinamo yg putus anda mesti mempercayakannya pada jasa perbaikan dinamo jika masih bisa diperbaiki, tetapi jikalau tidak bisa maka mau tak mauanda mesti mengubah secara keseluruhan dinamonya.

Selain lantaran kapasitor yang mati atau kumparan sekunder dinamo yg putus, masih ada kemungkinan hambatan yang lain yakni kalau dikala diputar dengan tangan secara manual kipas pendingin terasa berat atau seret, maka anda harus membuka bab kepala pompa yang ada di depan alasannya adalah lazimnya ada pasir yg menutup pergerakan kipas isap sehingga mesin dinamo tidak bisa berputar dikala dinyalakan.

Selain pasir, dilema kemacetan tersebut bisa diakibatkan oleh rumah dinamo yang keropos sehingga posisinya bergeser dan menyebabkan macet, untuk menanggulangi ini pasti anda mesti mengganti ulang rumah dinamonya. Jangan lupa cek bearingnya juga lantaran kemungkinan persoalan kemacetan mesin dinamo bisa juga disebabkan oleh bearing yang rusak.

Pоmра Aіr Bеkеrjа Nаmun Aіr Tіdаk Mаu Kеluаr

Pompa air tak maumenghisap meskipun mesin dinamo dalam kondisi bekerja juga ialah salah sesuatu persoalan kerusakan atau kendala yang kadang dialami oleh banyak orang. Kerusakan seperti ini biasanya ditandai dengan bunyi mesin pompa yg seakan dalam keadaan kosong (suara agak kencang), meski belahan kepala pompa telah diisi sarat dengan air di saat dipancing. Makara kalau pompa air sudah dipancing dengan diisi air hingga sarat tetapi masih tidak kunjung keluar juga airnya, maka ini bisa ditentukan pompa air anda mengalami kerusakan.

Terdapat aneka macam penyebab kerusakan yang umum terjadi, tetapi yg pasti untuk kendala pompa air tidak mampu mengeluarkan air ini intinya diakibatkan oleh sesuatu hal yakni sebab adanya kebocoran pada pecahan pipa hisap yg menuju ke kepala pompa, termasuk juga kepala pompa airnya apabila kepingan ini mengalami kebocoran meski sekecil apapun tetap saja pompa air anda tidak mulai bisa mengeluarkan air atau menghisap air.

Langkah pertama cara mengatasinya yakni dengan menetapkan bahwa pipa hisap dalam keadaan tidak bocor, kebocoran pipa hisap memang mampu terjadi, dan umumnya karena disebabkan pada waktu proses pengelemannya yg kurang besar lengan berkuasa sehingga bocor atau juga lantaran seal tape yang anda gunakan pada penggalan pipa hisap kurang tebal sehingga terjadi kebocoran secara halus yang tidak disadari. Jadi apabila anda telah menerima kebocoran pada pipa hisap tersebut maka segera perbaiki hingga tidak ada kebocoran dan segera lakukan pengujian dengan dipancing dengan diisi air sampai sarat pada bab kepala pompanya.

Jika memang kebocoran hanya terjadi pada pipa hisapnya maka tanpa menanti terlalu lama, pompa air mulai eksklusif mengeluarkan air. Namun, jika masih belum berhasil maka masih ada kemungkinan besar yg lain yaitu disebabkan foot klep yang rusak atau jebol, serta bisa juga oli seal pompa airnya memang sudah rusak atau bocor.

Gambar foot klep
Sоurсе іmаgеѕ : hаrgаіnі.tор
Foot klep yang rusak atau jebol mampu menciptakan air tidak bisa keluar, fungsi foot klep ini sendiri sungguh utama sebab selain bagi menyaring kotoran agak tidak terhisap, foot klep juga berguna bagi menekan air biar tetap bertahan di atas. Jika foot klep rusak langsung saja anda ganti dengan yg gres. baca selengkapnya tentang problem foot klep dibawah ini.

Baca juga Cаrа Mеngесеk Fооt Klер Pоmра аіr mаѕіh саntіk аtаu ѕudаh ruѕаk
Gambar oli seal
Sоurсе іmаgеѕ : www.ѕеntrаlроmра.соm
Dan selanjutnya kebocoran pada oli seal pompa air. Oli seal ialah spare part pompa air yang berada di serpihan dalam tepatnya melekat pada rotor atau as yg ada di kepala pompa. Oli seal yang bocor atau rusak juga akan menciptakan air tak maukeluar, jadi lakukan juga penggantian kepingan oli seal ini jika telah rusak.

Sebenarnya kebocoran pada pompa air mampu dicek yaitu dengan cara membangkitkan pompa airnya lalu isi dengan air hingga penuh dulu basahi telapak ajudan anda dengan air lalu tempelkan ke lubang hisap pompa airnya dan tunggu beberapa dikala sampai anda merasakan tarikan atau sedotan pada telapak tangan anda. Coba rasakan apakah ada tarikan yg berpengaruh, biasanya pompa air yg masih mampu menghisap mampu dicicipi saat anda memindah tangan anda pompa air tersebut mulai ikut kesengsem, namun kalau tidak maka bisa ditentukan pompa air sedang mengalami kebocoran dan tidak mampu menghisap air.

Mоtоr Atаu Dіnаmо Pоmра Aіr Hіduр Mаtі Sеndіrі

Tak jarang juga pompa air mengalami kondisi hidup mati sendiri secara tiba-tiba, dilema seperti ini biasanya sering dijumpai pada produk pompa air yang memakai tata cara saklar pressure switch. Pressure switch ini merupakan saklar otomatis yang pengoperasiannya mempergunakan tekanan air, sehingga pengendalian keadaan mati dan hidup mesin pompa air mampu dijalankan dengan membuka atau menutup kran air.

Sistem otomatis seperti ini memang menguntungkan sekali khususnya bagi anda yg tak mau kerepotan dalam mengatur hidup mati pompa air, namun dibalik itu semua, tata cara ini juga memiliki kelemahan adalah lantaran sensitif terhadap tekanan air maka bila ada kebocoran pompa air akan mati menyala mati menyala dengan sendirinya.

Untuk menangani hal ini maka pastinya anda mesti mencari letak kebocorannya dan secepatnya memperbaikinya biar tekanan air tidak turun dan mengaktifkan saklar otomatis terus menerus. Kebocorannya mampu terjadi dimana saja, baik pada instalasi pipa, kepala pompa bahkan pada foot klepnya.

Selain itu, ada juga penyebab yang lain buat problem mesin pompa air hidup mati secara tiba-datang ini. Yakni karena kerja thermal protector pada motor atau dinamo, perlu juga anda tahu bahwa thermal protector mulai melakukan pekerjaan memutus arus listrik jika terjadi panas yang berlebihan pada mesin pompa air dan juga mulai menghidupkan kembali mesin kalau suhunya sudah cuek.

Maka dengan demikian, dilema ada pada panas lebih tersebut. Panas yang berlebihan pada mesin pompa air umumdiakibatkan oleh beban yg terlalu berat atau memang karena dinamo pompa air yg sudah soak.

Inilah kerusakan yg biasa terjadi pada pompa air yg sudah saya berikan dari hasil pengalaman saya di lapangan.

Sауа rаѕа сukuр ѕеkіаn untuk роѕtіngаn kаlі іnі mudаh-mudаhаn ѕеmuа роѕtіngаn іnі bеrfаеdаh bаgі ѕеmuаnуа dаn араbіlа аdа реrtаnуааn ѕіlаhkаn gunаkаn kоtаk kоmеntаr.

Post a Comment for "Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Pompa Air Dan Cara Mengatasinya"