Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat

Kipas angin yg merupakan salah sesuatu peralatan elektronika rumah tangga yg paling kadang digunakan tentunya sewaktu-waktu akan mengalami yang namanya kerusakan, baik itu kerusakan kecil sampai kerusakan yg lebih parah.

Salah satu duduk perkara kerusakan pada kipas angin yang tidak jarang terjadi yakni kipas angin masih mampu berputar namun putarannya lambat bahkan meski telah diset pada level kecepatan tertingginya sekalipun hembusannya masih saja lemah. Bukankah hal ini sangat mengesalkan, coba saja anda bayangkan ketika siang hari cuaca lagi panas panasnya, udah kelelahan tubuh gerahnya gak ketulungan tetapi kipas angin kesayangan muternya pelan atau loyo .. hih ngeri kan jika di bayangin.

Tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja lantaran selain menciptakan kesal, kipas angin yang putarannya lemah atau lambat tersebut akan cepat rusak jikalau masih terus menerus digunakan, maka langkah yang sempurna yakni menghentikan pemakaian kipas angin tersebut dan segera melakukan perbaikan biar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah ialah dinamo atau motor kipas angin terbakar.

Perlu anda ketahui bila hingga dinamo kipas angin tersebut tetap dipakai dan sampai mengalami terbakar maka anda akan memerlukan ongkos perbaikan yang lebih banyak, oleh karena itu penting bagi secepatnya melaksanakan pencegahan dengan melakukan perbaikan lebih dini biar anda tidak menyesal di kemudian hari.

Lalu bagaimanakah cara memperbaiki kipas angin yg putarannya lambat tersebut?

Oke untuk kini anda tak perlu cemas lagi lantaran anda bisa memperbaikinya dengan cara mengetahui terlebih dulu penyebab kipas angin berputar lambat dan setelahnya itu mampu dijalankan perbaikan.

Beberapa penyebab ini bermacam-jenis ada yang mudah diperbaiki, ada yg harus mengubah beberapa spare partnya dan masih ada penyebab lainnya yang lebih parah. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah cara perbaikannya eksklusif saja simak ulasannya dibawah ini.

Cаrа Mеmреrbаіkі Kіраѕ Angіn Yаng Putаrаnnуа Lаmbаt

1. Kіраѕ Angіn Lаmbаt Akіbаt Gеаrbоx Yаng Ruѕаk
Gеаrbоx mеlеlеh аkhіr раnаѕ
Sering kali kipas angin melambat putarannya balasan gearbox yg rusak, lazimnya mulai pribadi tertangkap basah bila gearbox rusak misalnya mirip pecah atau meleleh. Nah lantaran kerusakan inilah yg menciptakan kipas angin menjadi lambat sebab terbebani oleh adanya tekanan gearbox pada as atau rotor (bagian yg berputar). Sehingga cara menangani hal ini adalah dengan mencopot gearbox tersebut dan anda bisa menggantinya jika masih ingin menggunakan fitur swing (fitur memutar ke kanan-kiri).

2. Aѕ Kіраѕ Angіn Sеrеt Kаrеnа Kоtоr
Aѕ ѕеrеt аkіbаt bubuk kоtоr
Hal yang lainnya yang tidak jarang menciptakan kipas angin menjadi lamban putarannya biasanya disebabkan oleh kotoran atau lebih tepatnya bubuk yang mengumpul pada cuilan as dan bos dan bahkan tidak jarang juga ada material selain abu yang ikut menghambat laju kipas angin seperti cuilan rambut, atau sehelai kain. Hal ini memanglah masuk logika bahu-membahu alasannya debu tersebut mulai selalu terkumpul dikala kipas angin digunakan terutama pada ruangan atau tempat yang udaranya banyak mengandung bubuk, maka kipas angin mulai mudah sekali berdebu sehingga lama kelamaan mulai membuat putaran as dinamo kipas angin menjadi berat atau seret.

Nah, bagi mengatasi duduk perkara as kipas angin yang seret maka pastinya kalian harus membersihkan kotoran-kotoran yang menempel tersebut dengan cara membongkar rumah dinamo dan membersihkannya secara keseluruhan agar dilema as yg seret tidak gampang berulang kembali seperti yang biasa dialami balasan tidak membersihkan kotoran tetapi hanya menggunakan pelicin saja. Jadi, pastikanlah anda membersihkan kotoran abu pada as dan bos (semacam bearing) pada kipas angin anda agar as lebih tahan dari gangguan kemacetan akhir debu kotoran yg menempel.

Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan bensin atau semacamnya bila diharapkan pada debu yang membandel dan jangan sekali-kali menggosok dengan amplas buat membersihkan kotoran tersebut. Sangat direkomendasikan untuk membersihkan semua bodi dinamo terutama as dan bosnya lantaran ini buat mengurangi terjadinya hal serupa yang berulang.

Setelah seluruhnya dibersihkan baik bagian as maupun potongan bosnya maka berikutnya anda berikan pelumas pelicin sebelum dan setelah dipasang kembali penggalan-bagiannya. Pemberian pelumas ini bermaksud agar bos dan as tidak kering sekaligus juga selaku pelicin, bagi pelumasnya jangan yg lengket atau pelumas licin yang gampang lengket kalau terkena panas, carilah pelumas yang memang dipakai untuk pelicin seperti yang selalu saya pakai dikala menemui persoalan mirip ini misalnya minyak pelicin dari mesin jahit bermerek singer dibawah ini, harganya hanya 5rb-an kalau di kawasan saya, mungkin mampu jadi rujukan buat anda.
Dengan melaksanakan cara-cara diatas, biasanya problem kipas angin yg putarannya lambat telah bisa dituntaskan. Namun, akan tetapi bila cara ini masih belum berhasil maka masih ada kemungkinan penyebab yang lain, seperti disebabkan oleh bos atau as kipas angin yang aus, kapasitor lemah atau rusak dan beberapa penyebab yang lain.

3. Aѕ Dаn Bоѕ Kіраѕ Angіn Sudаh Auѕ

Setelah anda menjajal cara yg diatas dan berhasil itu menunjukan bahwa tidak ada kerusakan pada spare part as dan bos. Pada beberapa persoalan kerap kali ada juga yg mulanya kipas angin bisa berputar dengan wajar atau cepat sehabis dibersihkan dengan cara diatas, namun sehabis berselang dalam beberapa bulan lalu atau bahkan hanya beberapa ahad dan bahkan ada yg lebih parah lagi hingga sehari saja kipas angin tersebut secara tiba-tiba berputar pelan atau lambat kembali.

Pada lazimnya persoalan mirip ini umumdisebabkan oleh aus atau rusaknya belahan as dan bos kipas angin tersebut, sehingga mau tak inginanda harus mengubah spare part tersebut supaya kipas angin anda dapat wajar kembali putarannya.
Bоѕ (bеаrіng kіраѕ аngіn) dаn аѕ (rоtоr)
NB : serpihan yg dilingkari merah merupakan bagian yang umumnya mengalami aus.

Jadi lakukan penggantian pada kedua spare part tersebut kalau mengalami kerusakan aus atau permukaannya sudah agresif, jika kedua spare part ini rusak anda mesti mengganti keduanya, seandainya anda nekat ganti sesuatu saja padahal kedua spare part ini sudah rusak maka hal ini mulai menciptakan perbaikan anda menjadi bercuma atau tidak memiliki kegunaan saja lantaran bos atau as yang sudah aus ini mulai menghancurkan spare part yang yang lain, layaknya seperti tergerus kertas gosok. lain ceritanya jikalau salah satu spare partnya masih elok anda cuma perlu mengganti satu spare part saja.

Untuk bos atau semacam bearing pada kipas angin ini bisa anda dapatkan di toko elektro khusus peralatan listrik rumah tangga, sedangkan buat spare part rotor atau as anda mampu mencarinya di daerah penjualan barang bekas atau loakan alasannya adalah lazimnya ditoko-toko elektronika tidak menjualnya.

4. Kараѕіtоr Lеmаh
Lеtаk kараѕіtоr kіраѕ аngіn
Kapasitor memang sangat mensugesti kekuatan atau daya putar dinamo, kalau kapasitor sudah lemah maka hal ini mulai membuat daya yang masuk pada dinamo menjadi berkurang dan jadinya membuat putaran kipas angin kita jadi lemah atau loyo. Untuk mengenali apakah kapasitor sudah lemah atau bahkan mati anda bisa memeriksa kondisinya menggunakan Multitester atau AVO meter.

Apabila memang kapasitor telah lemah atau bahkan mati, maka anda tinggal menggantinya dengan ukuran yg serupa buat mengatasi problem kipas angin yang putarannya lambat tersebut. Sebenarnya anda juga mampu membuat putaran kipas menjadi lebih cepat lagi yakni dengan cara mengubah kapasitor dengan nilai yg lebih tinggi, contohnya saja nilai standart pengguna kapasitornya yaitu sebesar 1,2 micro maka anda bisa mengubah ke nilai 1,5 micro sehingga putaran motor kipas angin mulai lebih cepat, tetapi ini cukup rawan karena dinamo anda mulai cepat panas dan mudah rusak.

5. Kumраrаn Dіnаmо Sudаh Tіdаk Nоrmаl
Dіnаmо kіраѕ аngіn
Dan yang ke-5 ini ialah yg paling parah ialah kumparan yang sudah tidak normal alias lilitan hampir terbakar. Lilitan yang sudah nyaris terbakar ini lazimnya ditandai dengan suhu dinamo yg cepat panas ketika digunakan, kerusakan mirip ini yaitu yang sulit diperbaiki dan bahkan berdasarkan saya tidak mampu kita perbaiki dan jalan sesuatu-satunya adalah mengubah dinamonya.

Itulah beberapa ulasan tentang cara memperbaiki kipas angin yang putarannya lambat. Semoga apa yg saya bagikan ini mampu berfaedah untuk anda semua, selamat menjajal dan gampang-mudahan sukses.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putarannya Lambat"