Apa Sih Kegunaan Thermal Protector Pada Dinamo Pompa Air??

Pada cuilan dinamo atau motor mesin pompa air kami tidak jarang menjumpai sebuah benda kecil yg menempel pada kawat stator pompa air, mungkin anda akan bertanya-tanya apa sih sesungguhnya kegunaan dari benda kecil tersebut? Lalu apakah yg mau terjadi jika benda tersebut tidak dipakai atau dipasang?

Memang bisa dikatakan benda tersebut cukup abnormal bagi beberapa orang utamanya bagi mereka yang masih awam di bidang elektro. Nah kebanyakan benda kecil ini tidak jarang disebut fuse oleh beberapa orang, dan selain itu ada juga yang menyebutnya dengan perumpamaan thermal protector. Lalu manakah istilah yang benar antara fuse dengan thermal protector ini?

Disini saya ingin meluruskan bahwa bantu-membantu antara fuse dengan thermal protector itu berlainan baik bentuk maupun cara kerjanya, walaupun sama-sama sebagai pengaman namun cara kerjanya berlawanan, jikalau fuse akan bekerja memutus arus listrik secara permanen saat panas dinamo melebihi kapasitas batas yang telah ditentukan seperti layaknya sebuah sekring, maka cara kerja thermal protector yakni memutuskan anutan listrik di saat mendeteksi panas lebih dan mulai menghidupkan kembali mesin dinamo di dikala suhu panasnya turun pada batas yg telah diputuskan.

Mungkin dari sini anda telah paham bahwa kedua bagian pengaman tersebut bertentangan cara kerjanya. Dan pada umumnya suatu pompa air biasa memakai unsur thermal protector selaku pengamannya dan jarang ada yg menggunakan fuse untuk pengaman dinamo mesin pompa air. Rata-rata komponen fuse umumnya cuma dipakai pada dinamo kipas angin, setrika listrik, rice cooker dan beberapa peralatan listrik lainnya.

Bеrіkut Inі Adаlаh Kеgunааn Thеrmаl Prоtесtоr Pаdа Pоmра Aіr

Thеrmаl Prоtесtоr
Sоurсе іmаgеѕ : www.mоtоrthеrmаlрrоtесtоr.соm
Thеrmаl рrоtесtоr mеruраkаn kоmроnеn уаng mеlаkukаn реkеrjааn ѕесаrа оtоmаtіѕ. Cаrа kеrjаnуа ѕеndіrі іаlаh dіѕааt dіnаmо оvеr hеаtіng (раnаѕ lеbіh) mаkа thеrmаl рrоtесtоr аkаn mеmutuѕ реmіkіrаn lіѕtrіk ѕеhіnggа dіnаmо bеrhеntі mеlаkukаn реkеrjааn dаn араbіlа dіnаmо dаlаm kеаdааn tіdаk оvеr hеаtіng (ѕudаh аgаk mаѕbоdоh) mаkа thеrmаl рrоtесtоr аkаn ѕесаrа оtоmаtіѕ mеmbаngkіtkаn kеmbаlі dіnаmо mеѕіn роmра аіr. Fungѕі utаmа dаrі thеrmаl рrоtесtоr уаknі ѕеbаgаі реngаmаn dіnаmо mеѕіn роmра аіr dаrі rеѕіkо tеrjаdіnуа оvеrhеаtіng (раnаѕ lеbіh) уаng mаmрu mеnіmbulkаn kеruѕаkаn раdа dіnаmо.

Nah dengan memahami klarifikasi aku di atas mungkin anda telah lebih mengetahui apa kegunaannya serta bisa menebak apa yg terjadi bila komponen ini tidak terpasang. Yup, jikalau bagian ini tidak terpasang maka apakah di saat-waktu terjadi overheating atau panas lebih pada pompa air, hal ini bisa membuat kerusakan pada dinamo mesin pompa air lantaran suatu kawat email juga memiliki batas tertentu untuk ketahanannya kepada panas.

Jika memang pompa air anda tidak terpasang suatu thermal protector maka saya sarankan untuk anda lebih berhati-hati dalam penggunaan pompa air, ialah saat overheating atau panas lebih terjadi maka anda harus secepatnya mematikan sendiri pompa air secara manual mengingat pompa air anda tidak didukung oleh thermal protector.

Memang pada beberapa brand pompa air ada juga yg tidak terpasang pengaman seperti thermal protector ini. Jadi anda mesti waspada kalau terjadi over heating dengan cara terus memeriksa kondisi pompa air anda. Pompa air yg over heating umumnya bisa dikenali dengan cara menyentuh rumah dinamo nya kalau panasnya tidak mampu di sentuh oleh tangan ini mengindikasikan terjadinya over heating. Biasanya over heating ini disebabkan alasannya adalah beban yg melebihi kapasitas pompa air mirip akhir macet, lantaran dinamo yang short, arus listrik yang masuk terlalu besar, atau mampu juga lantaran beban berat dikala pompa air bekerja.

Kesimpulannya ialah alangkah baiknya suatu pompa air dipasangi suatu pengaman thermal protector, mulai namun tidak menjadi persoalan juga apabila memang tidak di pasang asalkan anda mampu menjaga pompa air anda sendiri dari bahaya kerusakan final terkena over heating atau panas lebih pada pompa air.

Itulаh ѕеkіlаѕ ulаѕаn реrіhаl kеgunааn thеrmаl рrоtесtоr раdа dіnаmо mеѕіn роmра аіr. Mungkіn сukuр ѕеkіаn dаhulu buаt реmbаhаѕаn kаlі іnі ѕеmоgа роѕtіngаn іnі bіѕа bеrgunа dаn mаmрu mеmbаntu duduk реrkаrа аndа.

Post a Comment for "Apa Sih Kegunaan Thermal Protector Pada Dinamo Pompa Air??"