Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED


Di dalam kehidupan sehari-hari kalian selalu memakai lampu buat kebutuhan penerangan, khususnya pada ketika malam hari datang, dikala keadaan gelap dan tanpa adanya penerangan dari lampu, maka kalian akan kesusahan bagi melaksanakan berbagai kegiatan yg biasa kita lakukan.

Bicara soal lampu terdapat banyak sekali macam lampu yg beredar di pasaran, contohnya saja seperti lampu pijar yg dianggap bisa bertahan selama 3 atau 4 bulan seandainya dalam pemakaian saban hari sekitar 8-10 jam. Lalu ada lampu fluorescent atau lampu pendar yg umum kalian sebut dengan lampu neon, lampu ini berupa panjang (lampu TL) dan ada juga yg berupa seperti abjad U dan mirip spiral (lampu topan).

Lampu neon kadang dipakai pada umumnya orang alasannya adalah lampu ini lebih hemat terhadap energi listrik serta mampu bertahan lebih usang dibanding lampu pijar, umur lampu neon relatif lebih panjang yakni sekitar 5 tahun.

Dan selain lampu pijar dan lampu neon, ada jenis lampu lain yang memiliki keunggulan diatas lampu pijar dan lampu neon, lampu tersebut yakni lampu LED. Seperti namanya LED, teknologi yang digunakan lampu ini yakni teknologi L.E.D. cahaya yg dihasilkan lampu LED ini lebih terang meski konsumsi energi listriknya terbilang kecil.

Jika dibandingkan antara lampu LED dengan lampu neon, intensitas cahaya yg dihasilkan oleh lampu LED lebih terperinci dibanding lampu neon, walaupun konsumsi energi listrik yg digunakannya sama besar.

Bagi anda yang masih memakai lampu pijar atau lampu neon, mungkin beralih ke lampu LED adalah pilihan terbaik untuk anda yg ingin meminimalkan ongkos tagihan listrik, meski dari segi harganya relatif lebih mahal dari lampu jenis yg lainnya, Namun kalau kita menyaksikan keunggulannya, maka kami mampu menyimpulkan bahwa lampu LED tersebut lebih hemat biaya dari lampu jenis yang lain.

Berikut ini adalah argumentasi mengapa kalian mesti beralih menggunakan lampu LED ketimbang memakai macam lampu yang lain :

1. Cаhауа Yаng Dіhаѕіlkаn Lеbіh Tеrаng
Sоurсе іmаgеѕ : аll-frее-dоwnlоаd.соm
Jika daripada lampu macam lainnya seperti lampu pijar atau lampu fluorescent (neon), cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED ini lebih terang apabila dinyalakan dengan konsumsi energi listrik yang sama buat ketiga macam lampu tersebut. Perbandingan intensitas cahaya antara ketiga jenis lampu tersebut yaitu lampu pijar sekitar 15 lumens/watt, sedangkan bagi lampu fluorescent atau neon sekitar 67 lumen/watt dan bagi lampu LED sekitar 70-100 lumen/watt.

Lumen disini yakni satuan dari jumlah cahaya pada lampu, kian besar nilai lumen pada lampu, maka mulai kian jelas pula cahaya yg dihasilkan oleh lampu tersebut.

2. Lеbіh Hеmаt Enеrgі Lіѕtrіk
Sоurсе іmаgеѕ : www.123rf.соm
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa intensitas cahaya lampu LED ialah yg paling tinggi, dengan intensitas cahaya yg dihasilkan lebih tinggi dari jenis lampu yang lain ini, tentu saja menjadikan lampu LED selaku lampu yg paling irit energi listrik. Misalnya saja lampu pijar 50W, cahaya yg dihasilkannya setara dengan lampu LED 6W. Makara, kalau kami memakai lampu LED maka konsumsi energi listriknya akan lebih ekonomis, sehingga biaya tagihan listrik pun juga mulai lebih kecil (tidak membesar).

3. Uѕіа Pаkаі Lаmрu LED Lеbіh Pаnjаng
Sоurсе іmаgеѕ : www.grееnlіghtеnеrgу.uѕ
Jika lampu pijar hanya mampu bertahan selama 4 bulan, namun berlawanan bila kami memakai lampu LED yg bahkan mampu bertahan selama 8-15 tahun. Meski dalam segi harga lampu LED ini terbilang mahal, namun dengan usia pakai yang lebih panjang ini, tentunya kalian masih mampu mempertimbangkannya. Bayangkan saja bila kami membeli lampu LED ini hanya sekali saja, dan lampu LED yg kami pakai tersebut bisa bertahan selama 10 tahun. Maka dalam 10 tahun tersebut kalian tidak perlu repot-repot untuk membeli lampu berkali-kali atau gonta-ganti lampu.

4. Tеknоlоgі Lаmрu LED Lеbіh Rаmаh Lіngkungаn
Sоurсе іmаgеѕ : www.123rf.соm
Lampu LED memang semenjak permulaan diciptakan dengan tujuan buat menyingkir dari ancaman pencemaran terhadap lingkungan serta gangguan kesehatan manusia. Lampu LED tidak mengandung merkuri, berlainan dengan lampu neon yang mengandung merkuri.

Perlu anda ketahui bahwa zat merkuri tersebut berbahaya bagi kesehatan badan insan, dan juga kurang ramah terhadap lingkungan utamanya pada lapisan ozon.

Apabila anda menggunakan lampu neon dan tabung lampu neon pecah, maka merkuri di dalamnya bisa terhirup oleh anda. Namun berlawanan bila kalian menggunakan lampu LED, disamping aman alasannya adalah tidak mengandung merkuri, materi yang digunakan lampu LED juga lebih tahan pecah.

5. Cаhауа Yаng Dіhаѕіlkаn Tіdаk Mеngаndung Ultrаvіоlеt
Sоurсе іmаgеѕ : www.іndіасеlеbrаtіng.соm
Beralih menggunakan lampu LED mungkin memang opsi terbaik, utamanya untuk anda yang sungguh peduli pada kesehatan. Hal ini sebab sinar yang dipancarkan oleh lampu LED tidak mengandung sinar ultraviolet yang dianggap bisa merusak mata serta kulit.

Meski imbas ultraviolet tidak bisa dinikmati secara pribadi, tetapi kalau kalian terpapar sinar ultraviolet saban hari, maka lama kelamaan efeknya pasti akan terasa. Tentunya hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan kita semua, terutama keluarga.

6. Tеmреrаtur Kеrjа Lаmрu LED Lеbіh Dіngіn

Jika anda pernah menggunakan lampu pijar tentunya anda mulai bisa membedakannya. Saat lampu pijar dinyalakan maka kita mulai merasakan efek panas yg ternyata disebabkan oleh lampu pijar tersebut, hal ini alasannya adalah temperatur kerja lampu pijar yang panas.

Berbeda kalau kita memakai lampu LED, lantaran lampu LED mempunyai temperatur kerja yang cuek, sehingga tidak mulai menciptakan ruangan kami menjadi lebih panas.

Kesimpulannya adalah lampu LED memiliki banyak kelebihan yg mampu dijadikan alasan bagi beralih ke lampu jenis ini, meski memiliki banyak keunggulan lampu LED juga memiliki kelemahan, yaitu dalam segi harganya yang relatif lebih mahal dari lampu jenis yang lain. Karena harganya yang lebih mahal tersebut sehingga menjadi sebuah argumentasi bagi pada umumnya orang bagi tidak berbelanja lampu LED.

Namun mirip yg telah dijelaskan diatas bahwa bila kalian menggunakan lampu LED dalam jangka waktu yg lama dengan keunggulan pada konsumsi energi listriknya yang lebih irit tersebut, maka kalian bisa menyimpulkan bahwa ternyata lampu LED ini jauh lebih hemat biaya.

Namun tetap saja kalian juga menginginkan semoga di kedepannya nanti, harga lampu LED ini bisa berkompetisi dengan macam lampu yang yang lain yg lebih ekonomis biaya. Sehingga dengan harga yg lebih terjangkau tersebut, maka banyak pembeli yang mulai lebih mempertimbangkan buat beralih ke lampu LED ini.

Demikian untuk artikel kali ini perihal dua Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED, supaya memiliki kegunaan.

Post a Comment for "Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED"