Ketahui Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Smartphone Android


Menggunakan smartphone menjadi salah satu kebutuhan dalam setiap kegiatan. Bukan cuma untuk berkomunikasi, namun juga untuk memakai aneka macam aplikasi yang mendukung pekerjaan. Akan tetapi, ada kalanya aplikasi tertutup sendiri dan pengguna tidak mengenali cara menanggulangi aplikasi keluar sendiri. Padahal, caranya sangat gampang asal mengenali penyebabnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tertutup Sendiri

Sebuah masalah yang mengganggu dikala sedang memakai aplikasi namun force closed. Bukan tanpa karena, sebab pastinya semua terkait dengan aktivitas dan spesifikasi yang ada di dalam ponsel pintar yang digunakan. Lakukan langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Bersihkan Cache

Penyebab forced close aplikasi di hp yakni file cache yang menumpuk. Maka cara menanggulangi aplikasi keluar sendiri yang pertama tentu saja mesti membersihkan cache yang menumpuk tersebut.

Cache file akan membuat hp tidak optimal melakukan pekerjaan . Apalagi, kalau RAM yang dimiliki kecil sehingga beban kerja hp makin tinggi. Maka secara otomatis, aplikasi akan tertutup sendiri untuk menolong hp bekerja kembali. Agar mampu membersihkan cache, pemilik harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk sajian pengaturan. Pada masing-masing hp yang digunakan, masuk ke sajian pengaturan atau setting.
  • Akses application manager. Masuk ke sajian manager aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang tertutup sendiri.
  • Tekan menu clear cache. Pada setiap aplikasi yang diseleksi, ketuk opsi clear cache. Beberapa aplikasi akan meminta pengguna untuk login semoga bisa menghapus cache.

2. Menghapus Data Aplikasi

Di samping cache yang menumpuk, file data yang mulai penuh juga akan membuat aplikasi tertutup otomatis. Pengguna dapat juga melakukan peniadaan data pada aplikasi tersebut, dengan demikian, aplikasi akan semakin ringan kerjanya. Ikuti langkah berikut untuk meniadakan data aplikasi:

  • Masuk sajian pengaturan. Pertama, jalan masuk menu setting atau pengaturan pada ponsel pintar.
  • Akses manager aplikasi. Pada sajian tersebut, pengguna dapat mengakses manager aplikasi, lalu masuk ke sajian Kelola aplikasi.
  • Pilih aplikasinya. Langkah berikutnya, pilih aplikasi yang mau dihapus datanya. Langkah ini sama dengan ketika akan meniadakan cache, namun yang diakses ialah sajian data aplikasi.
  • Hapus data. Ketuk clear data, maka data aplikasi akan terhapus dan kinerja hp otomatis akan semakin ringan.

3. Melakukan Update Tiap Aplikasi

Ada juga cara menangani aplikasi keluar sendiri yang kerap dijalankan ialah dengan melakukan update model aplikasi. Setiap aplikasi dikembangkan sendiri oleh application developer masing-masing, terlepas dari buatan tiap-tiap ponsel pintar.

Hal tersebut menyebabkan pemutakhiran hp tidak secara otomatis akan memperbarui versi aplikasi yang diunduh di hp tersebut. Alhasil, aplikasi yang telah outdated tidak akan lagi kompatibel pada hp yang sudah terbarui sistemnya. Singkatnya, kinerja hp telah meningkat tetapi aplikasinya masih tertinggal, sehingga harus bekerja keras mengikuti kinerja hp.

Hal inilah yang menyebabkan aplikasi tersebut tertinggal dan mesti forced close. Maka solusi untuk problem ini adalah, pengguna harus melaksanakan perbaikan fitur dengan cara melakukan update model tiap aplikasi. Pemutakhiran versi aplikasi ini mampu dijalankan secara otomatis maupun manual. Pengguna dapat melaksanakan pengaturan otomatis update saat tersambung dengan jaringan wifi.

4. Memasang Ulang Aplikasi

Beberapa pengguna acap kali enggan mengambil sakit kepala dengan dilema ini, sehingga cara menanggulangi aplikasi keluar sendiri yang dijalankan yakni dengan meniadakan pemasangan dan meng-install ulang aplikasi tersebut.

Hal ini pasti sangat mudah dijalankan, karena aplikasi yang ter-install lagi niscaya telah dalam model paling update. Dengan demikian, otomatis terpasang yang sesuai dengan kinerja ponsel pintar tersebut. Pengguna Android dapat melaksanakan install ulang lewat Play Store, dan pengguna iPhone mampu melakukannya melalui iStore.

5. Restart Smartphone Android

Beberapa model smartphone memang mungkin mengalami dilema ini secara serius. Salah satunya hp berbasis Android yang sering mengalami aplikasi yang keluar tiba-datang. Cara lama yang sering digunakan dan terbukti efektif sebagai cara menanggulangi aplikasi keluar sendiri ialah me-restart Android.

Matikan hp selama beberapa menit, kurang lebih sampai 10 menit, kemudian hidupkan kembali. Menggunakan cara ini, ponsel pintar lazimnya akan wajar kembali, tergolong beberapa aplikasi yang sebelumnya tertutup secara paksa. Cara ini mampu dicoba bagi pengguna ponsel Android.

6. Melakukan Upgrade OS

Bukan hanya dilihat dari versi aplikasi, tetapi juga model OS yang digunakan. Pada beberapa smartphone, sering tampil notifikasi untuk melaksanakan model OS. Tentu saja, hal ini untuk memaksimalkan kinerja hp supaya tidak gampang panas dan lemot. Jika ingin melakukannya secara manual, kerjakan langkah berikut:

  • Masuk ke pengaturan. Langkah pertama, kanal menu setting atau pengaturan di ponsel pintar.
  • Akses about phone. Perhatikan sajian about phone atau perihal ponsel, yang ialah sajian data-data ponsel tergolong versi yang digunakan ketika ini.
  • Check system upgrade. Pada sajian tersebut terdapat hidangan untuk melakukan pengecekan pembaruan sistem OS yang sedang dipakai.
  • Upgrade. Ketuk sajian upgrade dan download atau lakukan pengunduhan. Maka otomatis ponsel pintar akan melakukan pengunduhan dan pemasangan model terbarunya.
  • Restart. Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, restart ponsel pintar biar proses maksimal.

7. Factory Reset

Cara ini ialah pilihan paling tamat untuk membuat hp berlangsung normal kembali. Pengguna bisa melakukan reset ke hidangan bawaan pabrik untuk menciptakan hp bekerja dengan sajian dan aplikasi mirip pada awal pembelian.

Jika ingin melaksanakan cara ini, pengguna seharusnya melakukan back up data, biar tidak kehilangan lebih banyak data. Layaknya ponsel gres, data yang ada di hp pasti sangat sedikit dan diubahsuaikan dengan kapasitas tolok ukur.

Penyebab Aplikasi Sering Forced Close

Banyak cara yang mampu dilaksanakan selaku cara menanggulangi aplikasi keluar sendiri. Namun demikian, akan lebih baik jika pengguna juga mengenali apa penyebabnya. Dengan demikian, persoalan ini tidak akan berulang dan juga tidak terlampau membuat ketakutan pengguna saat sedang menggunakan aplikasi.

1. Aplikasi Terlalu Banyak

Ponsel akil sering dimanfaatkan secara berlebihan oleh penggunanya, dengan membuka banyak aplikasi dan tidak menutupnya kembali. Meskipun hal ini mampu dikerjakan, tetapi bisa juga menjadi pemicu tertutupnya aplikasi secara tiba-tiba.

Banyaknya aplikasi yang dibuka otomatis besar lengan berkuasa pada kinerja hp yang makin berat. Maka, tentukan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai. Gunakan 2 atau 3 aplikasi saja, sebab tidak akan mungkin memakai semua aplikasi serentak dalam waktu yang serupa.

2. Kapasitas RAM Penuh

Perbedaan RAM setiap hp pasti besar lengan berkuasa terhadap kinerja, khususnya pada penggunaan aplikasi yang dipasang. Pengguna mesti cermat dengan hp yang dimiliki, dengan memperhatikan install-an aplikasi terhadap RAM yang dimiliki. Apalagi, membuka aplikasi juga turut menyumbang data aplikasi dan cache yang mau menumpuk di RAM.

Jika RAM terlalu penuh, hp otomatis akan tersendat, bahkan aplikasi berhenti beroperasi. Maka lakukan pengecekan kondisi dan kapasitas RAM. Jika telah ada notifikasi memori sarat , sebaiknya secepatnya bersihkan dari data-data yang tidak perlu.

3. Spesifikasi HP

Bukan cuma karena aplikasi, namun spesifikasi persyaratan yang dibawa oleh hp juga akan berpengaruh pada kinerjanya. Jika hp mempunyai spesifikasi persyaratan, maka sebaiknya tidak dilaksanakan pemasangan aplikasi yang terlalu berat seperti game atau aplikasi edit video.

Beberapa cara menangani aplikasi keluar sendiri digunakan untuk membantu hp bekerja lebih optimal. Namun dibalik itu, pengguna juga mesti tahu bagaimana cara memakai hp dan memasang aplikasi di hp tersebut. Jika dipaksakan, bukan hanya aplikasi yang akan berhenti mendadak, namun hp juga akan makin lemot.

Post a Comment for "Ketahui Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Smartphone Android"