Cara Mengubah Format Video Secara Online dan Offline

Mengabadikan momen dalam bentuk video mampu lebih mengasyikkan ketimbang hanya foto saja. Namun video mempunyai banyak format, yang menciptakan file-nya tidak terbaca di perangkat yang berlainan. Itulah sebabnya diharapkan cara mengganti format video, agar aneka macam video dapat diubah format dan dibaca ketika menggunakan perangkat komputer atau hp lain.

Sebagai contoh, format yang biasa dibentuk memakai smartphone ialah format MP4. Namun datang-tiba, file video tidak bisa terbaca ketika dipindahkan ke laptop, alasannya format yang dibaca adalah 3gp. Maka file tersebut mesti diubah dulu semoga bisa kembali ditonton di laptop.

Cara Mengubah Format Video Tanpa Aplikasi

Salah satu cara mengubah format yang mampu digunakan dengan gampang dan tanpa aplikasi ialah dengan perlindungan beberapa situs. Pemilik file bisa berselancar melalui browser apapun untuk menerima situs pengubah format video secara online. Beberapa di bawah ini rekomendasinya:

1. Menggunakan Situs Online-Convert.com

Salah satu situs yang kerap dipakai untuk mengubah format video menjadi banyak sekali jenis yakni online-convert. Website ini gampang dan cepat prosesnya. Dengan demikian video akan bisa segera ditonton ulang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah, masuk lewat browser dan Kunjungi situs online-convert.com, cukup dengan mengetikkan keyword tersebut di kolom penelusuran. Ketuk dan masuk ke halamannya.
  • Pilih format pergantian. Pada tampilan halaman mukanya, akan terlihat aneka macam opsi yang diinginkan untuk mengubah video. Silakan pilih sesuai impian, dan setiap video yang diproses nantinya akan berubah menjadi format tersebut.
  • Klik “Go”. Lihat sajian “Go” dan klik untuk melanjutkan pemformatan video menjadi bentuk yang baru.
  • Pilih video. Setelah menentukan formatnya, pengguna akan diminta untuk mengunggah video yang hendak diubah. Silakan browsing videonya dan unggah ke halaman tersebut.
  • Convert. Lanjutkan dengan mengetuk “convert file” dan proses akan secepatnya dimulai.
  • Unduh. Langkah terakhir yaitu mengunduh video yang telah berganti format, dan menyimpannya di daerah yang diharapkan.
  • Situs ini bukan cuma memberikan akomodasi untuk mengganti format video, namun juga mampu mengontrol ukuran video. Ada juga fitur untuk menertibkan dan mengganti frame rate, menghilangkan audio track, dan juga melaksanakan flipping video.

2. Menggunakan Zamzar

Ada situs lain yang juga sering dipakai adalah zamzardotcom. Secara online, video mampu diubah dengan sungguh gampang menjadi aneka macam format. Mulai dari 3gp, MKV, AVI, dan sebagainya. Menggunakan converter ini pun sungguh mudah, sepanjang ada koneksi internet yang stabil.

  • Masuk ke situs zamzar. Langkah pertama, akses situs zamzar melalui browser apapun. Mengaksesnya pun bisa menggunakan hp atau perangkat komputer.
  • Tambahkan video. Tahap berikutnya ialah mengunggah video yang mau diubah format, pada halaman situs tersebut. Sekali lagi, tentukan koneksi internet stabil supaya video terunggah sempurna dan proses convert berlangsung tanpa kendala. Klik “open” semoga video masuk ke situs zamzar.
  • Tentukan format. Setelah mengunggah video, pastikan format baru untuk perubahannya dengan cara mengetuk combo box “choose format”. Misalnya, video yang diunggah adalah MP4 dan akan diubah menjadi MKV.
  • Proses format. Selanjutnya, klik “video format” dan teruskan dengan “convert now”, maka video akan diproses. Lalu tunggu proses yang ebrjalan dan teruskan dengan mengunduh file video tersebut.
  • Lama proses convert yang diharapkan akan tergantung dari size video yang diunggah. Semakin besar file pasti semakin usang prosesnya. Jika telah final, secepatnya unduh dan klik “simpan”, maka video akan tersimpan di perangkat.

Cara Mengubah Format Video Menggunakan Aplikasi

Selain cara online yang membutuhkan koneksi internet, ada juga cara lain dengan apalagi dulu memasang aplikasi. Cara ini sering dikerjakan utamanya bagi yang ingin mengubah format video menggunakan ponsel pintar. Beberapa saran aplikasi ini mampu menjadi opsi:

1. Format Factory

Salah satu aplikasi yang terkenal dan memang digunkana untuk convert video yakni format factory. Penggunaannya sungguh gampang, ukurannya tidak terlalu besar, dan juga compatible untuk perangkat apapun. Selain mengganti format, aplikasi ini juga sering dipakai untuk memotong atau memadukan video dan audio.

  • Unduh aplikasi. Langkah pertama, pengguna ponsel pintar atau perangkat komputer bisa mengunduh aplikasi ini dan memasangnya dengan sempurna. Selanjutnya, susukan aplikasi tersebut.
  • Pilih format. Langkah selanjutnya adalah memilih format yang diinginkan. Misalnya format MKV, AVI, MP4, dan sebagainya.
  • Unggah video. Lanjutkan proses dengan mengunggah file video yang ingin diubah dengan mengetuk ikon “plus”. Berikutnya, klik “ok” supaya video masuk ke aplikasi pengubah format ini.
  • Klik mulai. Langkah berikutnya selaku cara mengubah format video pada aplikasi ini ialah mengetuk “mulai” dan proses akan berjalan.
  • Tunggu sampai proses berlangsung, dan format video akan berubah sesuai dengan yang diharapkan. Lanjutkan dengan mengunduh dan menyimpan file tersebut ke perangkat, dan video siap ditonton kembali

2. Freemake Video Converter

Aplikasi lainnya yang mempunyai tampilan sederhana dan gampang dipakai yakni Freemake Video Converter. Siapapun pasti mampu memakainya, walaupun baru pertama kali memakai converter ini.

Seperti halnya aplikasi converter yang lain, Freemake Video ini bisa dipakai untuk mengubah banyak sekali format menjadi AVI, MPEG, MP4, dan lain-lain. Bahkan, format DVD juga diakomodasi oleh aplikasi ini. Dengan demikian, memakai aplikasi ini mampu dengan gampang melaksanakan burning DVD dan Blue-Ray.

  • Unduh aplikasi. Seperti halnya penggunaan aplikasi pada umumnya, memakai Freemaker juga harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini dan memasangnya pada perangkat. Dengan demikian, pengguna bisa menggunakannya kapan pun dibutuhkan.
  • Akses aplikasi. Berikutnya, masuk ke aplikasi tersebut kalau ingin memakai video converter ini.
  • Unggah video. Pada halaman muka aplikasinya, akan terlihat sajian video dengan tanda tambah di bab kirinya. Klik combobox tersebut untuk mengunggah video yang mau diubah formatnya. Cari video di perangkat kemudian double klik atau klik “ok” untuk mengunggahnya ke aplikasi.
  • Pilih format. Jika video sudah terunggah, maka tampilan aplikasi akan kembali ke sajian awal. Lanjutkan dengan memilih format baru yang diharapkan. Pengguna mampu memilih berbagai format, bahkan bila ingin mengganti video menjadi audio dengan format MP3.
  • Pilih folder. Cara mengganti format video menggunakan aplikasi ini sangat mudah, dan sejauh ini telah hampir akhir. Lanjutkan dengan menentukan kawasan penyimpanan file yang diharapkan supaya tidak sulit mencari hasil unduhannya.
  • Unduh video. Langkah terakhir ialah melaksanakan pengunduhan, dan video akan ditemukan pada folder file yang ditunjuk dengan format yang baru.
  • Menggunakan aplikasi ini, pengguna bahkan mampu menertibkan besar file dan resolusi dalam ukuran kbps. Dengan demikian, balasannya akan sesuai dengan pengaturan yang dilaksanakan sendiri oleh pengguna.

Berbagai cara mengubah format video baik online maupun offline menggunakan aplikasi, mampu diterapkan dengan sangat gampang dan cepat. Dengan demikian, tidak akan ada lagi hambatan jikalau ingin menonton ulang dokumentasi video di perangkat yang berlawanan format.


Post a Comment for "Cara Mengubah Format Video Secara Online dan Offline"