Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Simak Langkah Mudahnya

Seiring zaman yang terus mengalami perkembangan, jejaring sosial juga terus mengembangkan sayapnya. Baru-gres ini, yang sedang meningkat popularitasnya adalah Telegram. Banyak pengguna mencari cara mencari teman di Telegram untuk memperluas koneksi. Aplikasi dengan logo kertas berbentuk pesawat ini tergolong jajaran atas aplikasi chat yang banyak digunakan.

Apa Itu Telegram?

Telegram merupakan aplikasi untuk berkirim pesan yang dibentuk oleh dua bersaudara asal Rusia adalah Nikolai Durov dan Pavel Durov. Sebelum menjadi Telegram, keduanya menciptakan jejaring sosial berjulukan Vkontakte yang kemudian diambil alih pada 2014 oleh sekutu dari Presiden Putin.

Setelah itu, Nikolai kembali menciptakan protokol untuk platform digital untuk pengiriman pesan. Saudaranya, Pavel, menjadi penyuplaidana serta mendukung infrastruktur hingga akibatnya Telegram diluncurkan. Aplikasi ini memiliki ukuran yang berlainan tergantung perangkat yang dipakai. Telegram mendukung sembilan bahasa termasuk Indonesia.

Untuk pengguna Android, mampu mengunduh Telegram dengan ukuran 23 MB. Di iOS, ukurannya lebih besar yaitu 180.3 MB sedangkan untuk Windows Phone sebesar 49.3 MB. Telegram sifatnya gratis dan berbasis cloud, dengan fitur mencukupi dan penggunaan yang relatif mudah. Per Januari 2021 kemudian, Telegram menyatakan bahwa pengguna aktifnya sudah melampaui 500 juta orang.

Cara Mencari Teman di Telegram Dengan Fitur Pengguna Sekitar

Setelah berhasil mengunduh Telegram, pengguna perlu mulai mencari sobat sehingga aplikasinya mampu dimanfaatkan dengan baik. Opsi pertama adalah menemukan teman di Telegram dengan memanfaatkan fitur “Pengguna Sekitar” atau “People Nearby”. Pengguna bisa memperoleh sahabat dengan memperlihatkan pengguna lain yang ada di lokasi sekitar dengan cara mirip berikut:

1. Mengunduh dan Menjalankan Aplikasi

Buka aplikasi Telegram di perangkat. Apabila belum memilikinya, bisa mengunduh lewat toko aplikasi misalnya Play Store. Setelah berhasil didownload, lakukan pendaftaran mirip di media sosial lainnya seperti memasukkan nama, nomor ponsel, email aktif, dan gosip penting yang lain.

2. Membuka Menu

Buka menu yang tersedia di Telegram untuk mulai mencari sahabat. Perhatikan di bagian atas kiri, ada ikon dengan bentuk tiga garis. Klik pada ikon tersebut, sehingga nantinya akan muncul beberapa opsi seperti grup, kontak, panggilan, pengaturan, dan lain-lain.

Cara mencari sobat di Telegram selanjutnya ialah cari fitur bernama “Pengguna sekitar” yang ada di bawah opsi “Panggilan”. Tujuan fitur ini ialah memperoleh sahabat gres tanpa harus memiliki nomor teleponnya terlebih dahulu.

3. Mencari Teman

Mulailah mencari sahabat gres yang ada di sekeliling lokasi. Pengguna bisa pribadi melihat daftar nama semua orang yang berada di daerah yang erat dengannya. Jumlahnya mampu berbeda tergantung dengan dimana lokasi pengguna berada.

4. Mencari Lebih Banyak Teman

Tekan pada hidangan “Tampilkan lebih” apabila ingin menemukan lebih banyak sobat. Semakin ke bawah daftarnya, maka jaraknya semakin jauh. Pengguna bisa menyaksikan seberapa jauh jarak sahabat tersebut karena telah tertera di bawah namanya.

5. Buka Profil Teman

Pilih kontak yang ingin diajak berkenalan. Caranya dengan membuka profil milik pengguna tersebut untuk menyaksikan berita lebih lanjut. Perlu dikenali bahwa dengan fitur ini, nama pemilik akun juga bisa muncul di daftar milik orang lain. Apabila tidak mau muncul di daftar tersebut, bisa klik opsi “Stop tampilkan saya”.

6. Mengirimkan Pesan

Kirim pesan untuk mengawali obrolan dengan teman yang sudah diseleksi sebelumnya. Cara mencari teman di Telegram ini akan berfungsi jika ada percakapan yang dikerjakan sehingga mampu mengenal lebih lanjut. Untuk mengantarkan pesan, klik di ikon berbentuk pesan yang ada akrab foto profil sahabat.

7. Menambahkan Teman ke Kontak

Tambahkan teman yang diajak berbicara tersebut ke daftar kontak sehingga gampang untuk mencarinya jika ingin mengobrol di lain waktu. Caranya dengan klik “Tambah teman ke kontak” di bab atas chat. Pada kolom yang tersedia, isikan nama sahabat tersebut kemudian simpan. Selesai, sekarang sahabat tersebut telah masuk ke daftar kontak.

Cara Mencari Teman di Telegram Dengan Fitur Anonim

Selain memakai fitur pencarian di lokasi terdekat, Telegram juga menyediakan fitur lain yang memudahkan penggunanya dalam menemukan sahabat yang gres, contohnya anonim. Pengguna bisa mencari sobat dengan mengandalkan bot bernama “Anonymous chat” yang sering digunakan di Indonesia. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Telegram

Jalankan aplikasi Telegram yang ada di perangkat, lalu di sajian terutama cari tanda kaca pembesar di pojok kanan. Klik logo tersebut untuk mulai melaksanakan penelusuran. Pada kolom yang tersedia, ketikkan “Chatbot” sehingga timbul akun dengan logo topeng yang bernama “Anonymous chat”.

2. Memulai Chat

Tekan “Start” sehingga chat bisa dimulai. Fungsi dari bot ini yaitu mempertemukan pengguna dengan orang lain secara random (acak) sehingga mampu berasal dari mana saja dengan mengetikkan /search. Pengguna bisa melaksanakan chat dengan orang tersebut secara anonim.

3. Chat dengan Partner

Perhatikan apabila muncul goresan pena “Partner found”, artinya telah sukses tersambung dengan pengguna yang lain. Pengguna mampu mulai menyapa, berkenalan, dan memulai obrolan sehingga bisa lebih bersahabat. Namun, jika tidak kunjung berjumpa dengan partner chat maka pengguna mampu mengetik /next. Untuk mencari teman lain juga bisa ketik /next.

4. Mengakhiri Percakapan

Ketikkan /stop bila ingin mengakhiri percakapan. Jika lawan bicara yang terlebih dahulu mengakhiri percakapannya, mampu ketuk “Find a partner” jika masih ingin mencari sahabat ngobrol lain. Pengguna dapat mencari bot lain dengan mengetikkan “bot anon” lalu menjajal satu per satu sampai mendapatkan mana yang sesuai.

Cara Mencari Teman di Telegram Secara Manual

Ada cara lain yang lebih sederhana dalam mendapatkan teman dengan menambahkan eksklusif kontaknya. Caranya dengan bergabung di sebuah grup atau mengikuti channel. Tentunya di sini aneka macam pengguna lain yang turut serta, sehingga potensial untuk bertemu orang baru.

1. Bergabung di Grup

Dengan bergabung ke grup, pengguna mampu mencari sahabat baru lewat daftar anggota yang mengikuti grup tersebut. Berikut tahapnya:

  • Klik sajian “Pencarian”.
  • Ketikkan nama grup yang dicari.
  • Pilih lalu buka grupnya, tekan “Bergabung”.
  • Buka grupnya, klik di profil grup tersebut. Di sini terdapat daftar nama seluruh anggota yang tergabung.
  • Klik profil pengguna yang ingin diajak berteman, kemudian klik “Tambah ke kontak” sehingga mampu mengawali percakapan dengan sobat baru tersebut.

2. Mengikuti Channel

Di Telegram cukup banyak channel yang berkonsentrasi membahas hal tertentu sesuai minat dan preferensi. Berikut cara mencari teman di Telegram melalui channel:

  • Ketuk pada hidangan “Pencarian”.
  • Ketikkan nama channel yang dicari di Telegram.
  • Pilih, kemudian buka channelnya kemudian klik “Bergabung”.
  • Buka halaman dialog di channel, kemudian klik di kolom komentar yang terdapat di susukan Telegramnya.
  • Pilih, kemudian buka profil milik pengguna lain yang akan diajak berteman.
  • Simpan kontak pengguna yang dipilih dengan ketuk “Tambah ke kontak” sehingga sobat telah mampu mulai diajak chat.

Demikian pembahasan mengenai Telegram, aplikasi gratis berbasis chat yang mendunia. Mulai dari sejarah singkat, cara mencari sahabat di Telegram, sampai fitur yang disediakan. Aplikasi yang diluncurkan oleh Telegram FZ-LLC ini berfokus pada kecepatan serta keamanan, sehingga pengguna mampu memakainya dengan terampil dan privasinya lebih terjamin.



Post a Comment for "Bingung Cara Mencari Teman di Telegram? Simak Langkah Mudahnya"