7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Smartphone

Memiliki ponsel berakal untuk menunjang berbagai acara, menjadi keperluan penting hampir bagi siapa saja. Namun salah satu duduk perkara yang kerap muncul yakni, memori yang sarat dan pengguna ponsel pintar tidak mengenali cara menangani ruang penyimpanan sarat . Alhasil, kinerja beberapa aplikasi tidak mampu maksimal bahkan macet.

Bagaimana Jika Ruang Penyimpanan Penuh?

Untuk mengatasi hal tersebut, pemilik tidak butuhrepot dan terburu-buru menyerahkan ponsel pintar-nya terhadap jasa service. Hal itu alasannya adalah solusi dari masalah ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilaksanakan sendiri oleh pengguna. Beberapa cara di bawah ini bisa menjadi solusinya:

1. Memindahkan File ke Eksternal Memori

Ada cara menangani ruang penyimpanan penuh yang cukup praktis adalah dengan memindahkan file ke ruang penyimpanan eksternal. Bukan cuma file berbentukdokumen, file besar yang lain seperti foto, video, musik, dan juga aplikasi memang sebaiknya disimpan di external memory.

  • Bagi pengguna ponsel pintar yang ingin menggunakan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh ini, mampu mengikuti langkah berikut untuk memindahkan file aplikasi dari memori internal.
  • Masuk menu Pengaturan. Langkah pertama yaitu masuk ke hidangan setting atau pengaturan.
  • Manajemen aplikasi. Berikutnya, pada halaman pengaturan pilih setelan perhiasan dan dapatkan hidangan administrasi aplikasi. Ikuti dengan mengakses menu “diinstall”.
  • Pindahkan. Pada menu tersebut pilih aplikasi yang dikehendaki atau akan dipindahkan, kemudian ketuk “pindahkan ke Sekolah Dasar Card”.
  • Sementara itu, untuk memindahkan file foto, musik, atau video, pengguna tidak perlu mengakses sajian pengaturan. Pengguna smartphone hanya perlu membuka file manager dan mencari folder tempat menyimpan file-file tersebut. Selanjutnya, ketuk  opsi pindahkan ke folder memori eksternal.

2. Menghapus cache File

Penyebab penuhnya memori internal yang sarat ialah cache file atau file sampah yang menumpuk. File sampah tersebut niscaya timbul dikala pengguna mengakses aplikasi di smartphone-nya. Data sampah tersebut semuanya akan terpasang dan tersimpan di memori ponsel.

Dengan demikian, makin sering dipakai, aplikasi akan makin sering menyumbang tumpukan cache. Oleh karena itu, pengguna harus melakukan penghapusan file ini lewat menu pengaturan. Berikutnya, kanal “apps” dan “manage apps”. Pilih aplikasi yang paling aktif kemudian hapus file cache.

Di samping cara sederhana di atas, pembersihan semua cache sekaligus juga mampu dikerjakan oleh pengguna ponsel pintar. Langkahnya adalah, masuk ke sajian setting dan akses “aplikasi”. Setelahnya, teruskan dengan mencari aplikasi apa yang rakus memori. Buka aplikasinya, lalu ketuk “hapus cache”. Lakukan pada setiap aplikasi yang terlihat boros memori.

3. Menghapus Data Aplikasi Offline Youtube

Selain menghapus cache, pengguna juga mampu menghapus data aplikasi. Namun hal ini membutuhkan login menggunakan email yang terdaftar. Jika melakukan cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang satu ini, maka tentukan tidak ada data yang penting alasannya adalah semua akan hilang dan tidak bisa di restore.

  • Di antara semua aplikasi yang mau dihapus data, ada salah satu aplikasi offline yang boros memori yakni youtube. Aplikasi offline ini, saat dipakai, tentu akan tersedia aneka macam konten mulai dari gambar, video, musik, bahkan postingan deskripsi yang mampu dilihat secara offline.
  • Pengguna mampu melakukan langkah berikut untuk meniadakan data di youtube:
  • Masuk ke youtube. Hal pertama pasti pengguna mesti masuk ke aplikasi youtube yang terpasang di ponsel pintar.
  • Buka profil. Berikutnya, buka profil yang ada di bab kanan atas.
  • Menu pengaturan. Lanjutkan dengan mengakses sajian pengaturan, selanjutnya tap unduhan dan hapus file yang telah diunduh.
  • Selain menggunakan cara tersebut, pengguna dapat pula memakai hidangan library yang ada di bab bawah performa youtube. Akses hidangan unduhan atau “download” dan terlihat video yang pernah diunduh dan ditonton offline. Ketuk ikon titik tiga dan tap “hapus”. Lakukan satu persatu pada setiap video yang diunduh.

4. Menghapus Aplikasi yang Paling Boros Memori

Salah satu cara menanggulangi ruang penyimpanan sarat adalah dengan mendeteksi aplikasi yang paling boros memori. Aplikasi yang diinstall pasti akan menempati ruang penyimpanan di ponsel pintar. Semakin besar file aplikasi, akan kian banyak ruang simpan terpakai.

Mencari aplikasi yang rakus memori pun sungguh mudah. Pertama, masuk ke hidangan setting dan susukan “about phone”. Lanjutkan dengan menentukan pilihan penyimpanan atau memori. Beberapa model ponsel pintar mungkin akan muncul dengan nama yang berbeda.

Ada ponsel yang eksklusif menampilkan aplikasi beserta memori yang tergunakan, sehingga membuat lebih mudah pengguna untuk membersihkan cache atau file datanya. Setelah menemukannya, pengguna mampu menentukan pilihan, mulai dari memindahkan ke eksternal memori, menghapus cache, membersihkan data, atau bahkan meniadakan aplikasi tersebut.

Ada juga smartphone yang mempunyai aplikasi bawaan semenjak dari format pabrik. Aplikasi tersebut, meskipun tidak digunakan, tetap menyumbang file sampah dan data yang makin lama akan kian menumpuk. Oleh balasannya, pengecekan terjadwal juga dibutuhkan untuk membersihkan ponsel secara optimal.

5. Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Beberapa cara di atas menawarkan banyak cara menanggulangi ruang penyimpanan sarat dengan apalagi dulu mendeteksi aplikasi yang memakan memori. Pada dasarnya, memori sarat alasannya adalah penyimpanan file yang jarang atau tidak pernah lagi dipakai, namun masih bertengger di memori.

Dengan demikian, pengguna mesti benar-benar mencermati penggunaan memori supaya tidak terisi dengan file yang tidak perlu. Adakalanya aplikasi cuma digunakan sebentar saja, tetapi belum dihapus sehingga tetap memakan ruang penyimpanan cukup lama.

Aplikasi bawaan yang terpasang sejak awal pembelian, sering kali tidak mampu dihapus begitu saja. Namun, pengguna mampu melaksanakan pilihan “force stop” semoga aplikasi tersebut tidak lagi menyumbang cache atau file data yang menyanggupi ruang simpan.

6. Memilih Layanan Streaming

Beberapa pengguna menggunakan smartphone untuk menikmati film di Netflix atau Disney. Padahal, menonton film ini lebih disarankan melalui streaming. Hal ini alasannya adalah pada film yang diunduh ke ponsel, tentu akan mengurangi kapasitas penyimpanan sampai ratusan megabyte.

Memilih layanan streaming tidak akan menciptakan penuh memori ponsel pintar. Tentu saja, alasannya tidak ada file yang mesti diunduh dan disimpan di smartphone. Dengan demikian, ruang penyimpanan tidak akan sarat dengan file movie.

Layanan streaming kerap kali dikesampingkan karena pengguna tak mau terganggu dikala sedang menikmati tontonan karena kekurangan kuota atau gangguan sinyal. Akan tetapi, cara ini tetap lebih disarankan dibandingkan dengan menyanggupi ruang penyimpanan. Pengguna bisa memperhitungkan dengan mengevaluasi kuota dan memastikan jaringan kondusif ketika streaming.

7. Menghindari Penggunaan Aplikasi Pembersih

Beberapa pengguna acap kali memakai cara menanggulangi ruang penyimpanan sarat lewat aplikasi pembersih yang diunduh di Play Store atau App Store. Banyak nasehat yang diberikan dan memperlihatkan deskripsi sebagai pembersih ruang simpan terbaik.

Padahal, tidak semua aplikasi melakukan pekerjaan dengan optimal. Bahkan, aplikasi yang diunduh justru semakin membuat penuh ruang penyimpanan di ponsel pintar, tanpa memberikan efek apapun pada RAM ponsel. Maka, alih-alih kian membuat penuh storage, lebih baik bersihkan dengan cara gampang melalui sajian pengaturan.

Beberapa cara menanggulangi ruang penyimpanan sarat tersebut mampu dicoba kerjakan di smartphone untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Hal termudahnya, pastikan menggunakan juga memori eksternal untuk mengurangi kapasitas storage.


Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Smartphone"