Cara Mengganti Shockberaker Avanza 2010

Jika sudah bertemu dengan shockbreaker dengan karakteristik dibawah ini sumber:https://www.astra-daihatsu.id/, antara lain:
  1. Mulai Terdengar Suara Berisik
  2. Oli Mengalami Kebocoran
  3. Ban Terasa Goyang
  4. Pantulan yang Tidak Normal
  5. Odometer 30.000 km
  6. Odometer 60.000 km
  7. Odometer 90.000 km

Apa saja peralatan yang diperlukan dalam menggani shockbreaker sebuah mobil avanza. Kami akan identifikasi untuk pembaca yang budiman sekalian:
  1. Jack Stand ukuran 3 ton
  2. Dongkrak 3 ton
  3. Kunci Roda No.21
  4. Kunci Ring Pas 17 sebanyak 2 buah
Sekarang kita akan melaksanakan langkah penggantian shockbreaker mobil avanza yang lama. Bagaimana caranya, mari simak langkah dibawah ini.
  1. Pertama, siapkan pengganti shockbreaker belakang yang baru, kemudian siapkan kunci ukuran 17, kunci roda dan dongkrak.
  2. Selanjutnya,lepaskan dahulu baut-baut roda mobil dengan kunci roda yang sesuai (biasanya dengan kunci 21).
  3. Setelah semua baut terlepas, kemudian pasang dongkrak dari belakang mobil dan posisikan disamping gardan.
  4. Kemudian naikkan dongkrak sampai posisi ban menggantung dari tanah supaya mudah untuk melepasnya.
  5. Selanjutnya lepaskan ban dan taruhlah dibawah chassis mobil. Kenapa harus dibawah chassis. 
  6. Ini berfungsi sebagai antisipasi jika dongkrak yang anda pakai tiba-tiba lose sehingga body mobil masih tertahan oleh roda dan tidak langsung kebawah. 
  7. Langkah berikutnya lepaskan baut pada shockbreaker dengan kunci 17. Baut shock ini ada dua posisi,dibawah dan dibagian atas shock. 
  8. Caranya lepaskan dahulu baut bagian atas kemudian lepaskan baut bagian bawah.
  9. Pada bagian bawah ini biasanya mur akan ikut berputar jika baut kita putar dengan kunci.
  10. Solusinya adalah anda bisa menahan baut atau murnya dengan kunci 17, kemudian kunci 17 yang satunya untuk melepaskan. 
  11. Setelah baut terlepas kemudian tarik as pada shock, kemudian dorong shocknya kearah belakang dan selanjutnya tarik shock yang bagian atas kearah luar hingga shock terlepas dari body mobil. 
  12. Untuk memasang shock yang baru anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ketika melepas shocknya namun dengan step kebalikanya.
  13. Sebelum memasang shock baru, jangan lupa pasang dulu karet shocknya dikanan dan kiri lubang pada posisi shock bagian bawah.
Dapatkah anda deskripsikan secara singkat mengenai apa yang dilakukan dalam mengganti sebuah shockbreaker? Sekedar tambahan informasi dari deskripsi anda, dimana langkah mengganti shock pada avanza ternyata sangat mudah, pada dasarnya kita hanya perlu melepas roda saja.

Begitu roda mobil kita buka dari drum, otomatis komponen sistem suspensi akan terlihat jelas. Kemudian kita sudah bisa mengakses shockbreakernya untuk dikerjakan.

Post a Comment for "Cara Mengganti Shockberaker Avanza 2010"