Air Purifier Innova Reborn; Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara kerja

Covid-19 yang melanda dunia tak terkecuali Indonesia telah mencuri perhatian para ahli atau engineer automotive. Hal ini dapat kita lihat dari fitur air purifier yang tersemat di Toyota Innova Reborn 2020.

Para engineer automotive sepakat untuk menciptakan alat yang bisa membantu pengendara menghirup udara bersih dan sehat. Apalagi disaat itu virus Corona ini merebak, lalu aturan-aturan muncul dalam mengurangi penyebarannya.

Air Purifier Innova Reborn; Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara kerja
Ilustrasi ION Negatif

Pengertian Air Purifier

Apa arti dari istilah ini? Sebuah fitur terkini yang diusung oleh Innova Reborn 2020. Hal ini bisa saja menjadi pertanyaan yang menggajal dipikiran seseorang yang mendengarnya.

Istilah Air Purifier diadopsi dari bahasa asing, bahasa inggris lebih tepatnya. Terdapat kata "Air" serta "Purifier" yang bisa kita terjemahkan secara harfiah adalah "udara" dan "alat pembersih".

Sehingga dapat kita tebak, pengertian Air purifier adalah pemurni udara yang dipakai untuk mendapatkan udara sehat di dalam, mobil, rumah dan lain-lain.

Fungsinya?

Sebuah teknologi yang bekerja dengan secara terus menerus membasmi kotoran, kuman dan bahkan virus yang terdapat di udara ke dalam filter untuk disaring kemudian disalurkan kembali menjadi udara dengan kualitas bersih.

Beberapa ahli mengatakan bahwa banyak sekali fungsi dari alat ini. Sebagai kesimpulan dan rangkuman dari beberapa ahli, kami uraikan beberapa fungsi dari air purifier, antara lain:

  1. Meniadakan Bau Tidak Sedap
  2. Menangkal Penyebaran Jenis Penyakit Menular dari udara
  3. Menaikkan Kualitas udara
  4. Meningkatkan Harapan Hidup Orang
  5. Menetralisir Asap rokok
  6. Mencegah Jamur tumbuh
  7. Menyaring Bulu Halus yang ada di udara

Komponen Air Purifier Innova Reborn

Alat ini dibentuk dari beberapa komponen yang didesain sedemikian kompak agar dapat bekerja dengan baik dalam memurnikan udara didalam kabin mobil. Apa saja komponen air purifier yang terdapat pada Innova Reborn 2020, antara lain:

  1. Baterai
  2. Tombol Ion
  3. Modul Purifier
  4. Saringan
  5. Blower

Dari kelima komponen tersebut, sebenarnya cukup mudah untuk kita ketahui dan bayangkan fungsi dari tiap tiap komponen tersebut. Selain itu, sampai fungsinya pun rasanya sudah dapat dipahami oleh semua orang.

Sistem Air Purify memerlukan tegangan aki untuk bisa menyala dan bekerja. Sementara tombol ION yang terdapat di console panel mudah untuk diakses pengemudi untuk mengaktifkan fitur ini. Modul Purifier sebagai otak atau processor dari teknologi ini.

Saringan yang dipakai memiliki daya saring yang baik. Blower yang dipakai oleh purifier adalah Air Conditioner. Sehingga kita harus menyalakan AC mobil terlebih dahulu agar dapat memaksimalkan fungsi purifier ini.

Air Purifier Innova Reborn
Sumber Youtube: djon tablo

Cara Kerja Purifier Innova Reborn 2020

Bagaimana cara kerja Air Purifier Toyota Innova ini sifatnya menghasilkan ion negatif. Untuk masalah pembasmian COVID-19, belum ada penelitian air purifier yang bisa membunuh virus covid-19. Namun fitur ini dapat dimanfaatkan menghasilkan udara yang lebih sehat di kabin penumpang.

Hidupkan AC mobil terutama blower harus aktif

AC mobil memiliki fungsi mensirkulasikan udara yang ada di ruang penumpang. Demikian fungsi ini dimanfaatkan dengan menambahkan Air Purifier di dalam saluran sirkulasi udara AC mobil

Tekan tombol ION pada Console Panel

Ketika tombol ION bekerja akan ditandai dengan lampu warna biru menyala. Modul akan bekerja menghasilkan ION negatif diantara kedua kutub Katoda dan Anoda yang ditempatkan disaluran sirkulasi Udara.

ION yang terlepas ini yang akan mengenai kotoran atau apapun yang terdapat diudara lewat. Sehingga dinetralisir dan dimurnikan kembali.

Bagaimana menurut pemirsa dirumah, apakah fitur ini layak dikembangkan dan ditingkatkan?

Post a Comment for "Air Purifier Innova Reborn; Pengertian, Fungsi, Komponen dan Cara kerja"