Materi Siklus Motor bakar 2 DAN 4 TAK - Kamu tentu telah mempelajari
berbagai bentuk energi pada pembelajaran Fisika SMP. Energi adalah kemampuan
untuk melakukan kerja. Ada banyak sekali bentuk energi yang terdapat di
sekitar kita, seperti energi matahari, energi listrik, energi kimia, energi
gerak, dan lain-lain.
Tahukah kamu bahwa energi-energi tersebut dapat diubah menjadi bentuk energi
yang lain? Energi yang terdapat di sekitar kita tidak dapat dimusnahkan,
tetapi dapat diubah dalam bentuk energi yang lain. Hal ini sesuai dengan hukum
kekekalan energi.
Motor Bakar
Proses pengubahan energi sering juga disebut konversi energi. Bagaimanakah
cara mengubah bentuk energi itu? Energi dapat berubah dari satu bentuk energi
ke bentuk energi yang lain melalui suatu alat yang disebut mesin konversi
energi.
Ada banyak jenis mesin konversi energi yang sering kita gunakan dalam
kehidupan sehari-hari, antara lain setrika, solder, televisi, radio, dan
lain-lain. Selain itu, konsep konversi energi juga diterapkan dalam bidang
otomotif, yaitu baterai yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik,
motor bakar merupakan alat yang mengubah energi kimia menjadi energi panas dan
gerak mekanik, motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi gerak
mekanik, generator listrik yang mengubah energi gerak potensial menjadi
listrik, dan lain-lain.
Perhatikan Gambar 2.1 ! Tahukah kamu gambar apakah itu? Energi apakah yang
dikonversikan pada gambar tersebut? Gambar 2.1 merupakan salah satu penerapan
mesin konversi energi pada motor bensin. Motor bensin adalah salah satu jenis
motor pembakaran dalam. Pada motor bensin, tenaga yang digunakan untuk
menggerakkan mesin diperoleh dari pengubahan energi kimia bahan bakar menjadi
energi parias yang kemudian diubah menjadi energi gerak melalui putaran poros
engkol atau langkah torak.
|
Proses Pembakaran Motor Bensin
|
Bersyukurlah pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan berbagai bentuk
energi untuk membantu pekerjaanmu sehari-hari. Sebagai wujud rasa syukurmu,
pelajarilah materi pada bab ini dengan sungguh-sungguh agar kamu dapat
menjelaskan proses konversi energi dengan benar!
Salah satu jenis mesin konversi energi dalam bidan otomotif adalah motor
bakar. Salah satu penerapan motor bakar yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari adalah pada mesin mobil maupun sepeda motor. Kerjakan Kegiatan 2.1
untuk mengetahui contoh penerapan motor bakar lainnya dalam kehidupan
sehari-hari!
Kegiatan 2.1 Mengidentifikasi Penerapan Motor Bakar dalam Kehidupan
Sehari-Hari
|
Motor Bakar Digunakan Untuk Mesin Pemotong Rumput
|
Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Penerapan Motor
Bakar dalam Kehidupan Sehari-Hari
Jenis Kegiatan : Tugas Kelompok
Tujuan Kegiatan :
-
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan motor bakar dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar (KD 3)
-
Peserta didik dapat mempresentasikan penerapan motor bakar dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat (KD 4)
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
- Bentuklah kelompok dengan 4 orang temanmu tanpa saling membedakan!
-
Pelajari dengan cermat beberapa sumber referensi tentang motor bakar!
-
Lakukan diskusi dengan teman satu kelompokmu untuk menambah pengetahuanmu
tentang motor bakar!
-
Identifikasilah contoh penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari- hari!
-
Tuliskan kesimpulan tentang penerapan motor bakar dalam kehidupan
sehari-hari dalam bentuk slide presentasi!
-
Presentasikan penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari, di depan
kelas untuk mendapat penilaian dari gurumu!
|
Unsur-unsur dalam Pembakaran
|
Melalui Kegiatan 2.1 kamu telah mempelajari contoh penerapan motor
bakar dalam kehidupan sehari-hari. Motor bakar merupakan salah satu mesin
konversi energi yang mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi panas
yang kemudian diubah lagi menjadi energi gerak mekanik. Energi gerak mekanik
inilah yang akhirnya menggerakkan kendaraan.
Proses pengubahan energi ini dilakukan melalui proses pembakaran baik di dalam
ruang bakar maupun di luar ruang bakar. Sebelum kamu mengetahui proses
pembakaran pada motor bakar, kamu perlu memahami bahwa proses pembakaran
memerlukan tiga unsur utama, yaitu udara (oksigen), bahan bakar, dan panas
(tekanan kompresi yang cukup).
Apabila ketiga unsur tersebut terpenuhi dengan baik, maka pembakaran akan
berlangsung dan menghasilkan energi panas atau tenaga. Tenaga ini akan diubah
menjadi energi gerak melalui mekanisme tertentu dan diteruskan ke unit
penggerak mesin. Berdasarkan proses terjadinya pembakaran, motor bakar dapat
dibedakan menjadi dua.
1. Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine)
|
Mesin Jet Merupakan Salah Satu Jenis Motor Pembakaran Dalam
|
Motor pembakaran dalam merupakan motor yang proses pembakarannya berlangsung
di dalam mesin tersebut, sehingga energi panas atau tenaga yang dihasilkan
mesin dapat langsung diubah menjadi energi gerak.
Contoh motor pembakaran dalam adalah motor bensin, motor diesel, turbin gas,
roket, jet, mesin gas, dan lain-lain. Proses pembakaran pada berbagai jenis
motor pembakaran dalam pada dasarnya sama, yaitu bahan bakar dan udara
dimasukkan ke dalam silinder atau ruang bakar.
Di dalam silinder, torak bergerak ke atas dan ke bawah. Kompresi terjadi saat
torak bergerak naik dan menekan udara dan bahan bakar. Bahan bakar pun
terbakar dan menghasilkan energi panas yang mendorong torak ke bawah.
Gerakan naik turun torak ini kemudian diubah menjadi gerak putar poros engkol
melalui batang torak. Gerakan putar ini kemudian dipindahkan melalui sistem
pemindah daya untuk menggerakkan mesin, seperti roda penggerak di mobil.
Keuntungan dari mesin pembakaran dalam dibandingkan dengan mesin pembakaran
luar adalah konstruksinya lebih sederhana, tidak memerlukan fluida kerja yang
banyak dan efisiensi totalnya lebih tinggi. Oleh karena itu, motor pembakaran
dalam banyak digunakan pada sistem transportasi, baik mobil, kapal, maupun
pesawat terbang.
2. Motor Pembakaran Luar
|
Proses Pembakaran Pada Motor Pembakaran dalam
|
Motor pembakaran luar merupakan motor yang proses pembakarannya tidak
berlangsung di dalam mesin, tetapi diperoleh dari pembakaran di luar mesin.
Energi panas tidak dapat secara langsung diubah menjadi energi gerak, tetapi
melalui media penghantar yang kemudian diubah menjadi tenaga mekanik.
Contoh motor pembakaran luar adalah mesin nuklir dan mesin uap. Pada mesin
uap, energi panas diperoleh dari pembakaran bahan bakar pada ruangan yang
terpisah, kemudian uap hasil pembakaran dipindahkan ke penggerak melalui
dinding pemisah. Energi panas yang dihasilkan akan menggerakkan torak dan unit
penggerak lainnya.
Keuntungan mesin pembakaran luar adalah bahan bakar yang digunakan lebih
beragam dan daya yang dihasilkan besar sehingga banyak dipakai sebagai
pembangkit listrik.
Kerjakan tugas rumah berikut dengan teliti!
- Jelaskan proses konversi energi pada motor bakar!
- Jelaskan unsur-unsur yang diperlukan dalam proses pembakaran!
- Bagaimanakah proses pembakaran pada motor pembakaran dalam?
- Bagaimana langkah pembakaran pada mesin uap? ·
-
Sebutkan contoh aplikasi motor pembakaran dalam dan motor pembakaran luar?
Salah satu jenis motor pembakaran dalam adalah motor bensin. Proses pembakaran
di dalam motor bensin dihasilkan melalui siklus motor bensin. Apakah itu
siklus motor bensin? Bagaimanakah siklus pada motor bensin itu? Untuk dapat
menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut lakukan Kegiatan 2.2. berikut
ini!
Motor Bensin
Kegiatan 2.2 Menyimpulkan Siklus Motor Bensin 2 Langkah
|
Motor 2 Tak yang telah Menggunakan Sistem Kontrol Elektronik
|
Judul Kegiatan : Menyimpulkan Siklus Motor Bensin 2 Langkah
Jenis Kegiatan : Tugas Individu
Tujuan Kegiatan :
-
Peserta didik dapat menjelaskan siklus motor bensin langkah dengan benar.
(KD 3)
-
Peserta didik dapat menggambarkan siklus motor bensin 2 langkah dengan
tepat. (KD 4)
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
-
Cari dan pelajari gambar ilustrasi dan artikel mengenai siklus motor bakar
2 langkah!
-
Lakukan tanya jawab dengan santun kepada teman atau gurumu untuk menambah
pengetahuanmu dalam memahami gambar ilustrasi dan artikel tersebut!
-
Buatlah gambar ilustrasi siklus kerja motor bensin 2 langkah dan
jelaskanlah siklus motor bensin 2 langkah pada buku tugasmu!
- Buat kesimpulan berdasarkan hasil penjelasanmu pada buku tugasmu!
- Komunikasikan hasil kerjamu di depan kelas dengan percaya diri!
-
Setelah selesai, buatlah ilustrasi sederhana tentang siklus kerja motor
bensin 2 langkah dan lengkapi ilustrasi tersebut dengan penjelasan
singkat!
Motor bensin atau mesin Otto adalah salah satu jenis motor pembakaran dalam
yang menggunakan bahan bakar bensin atau sejenisnya dan nyala busi untuk
proses pembakaran. Pada motor bensin, bakar dapat diubah menjadi energi panas
dan diubah berlangsung terus menerus. Siklus ini disebut siklus motor bensin.
Siklus ini disebut siklus motor bensin.
|
Siklus Motor Bensin
|
Siklus motor bensin berlangsung sesuai dengan gerakan naik turun torak di
dalam silinder dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB), begitu
pula sebaliknya. Titik Mati Atas (TMA) adalah posisi tertinggi yang dicapai
torak dalam silinder, sedangkan Titik Mati Bawah (TMB) adalah posisi terendah
yang dicapai torak di dalam silinder. Jarak antara TMA dan TMB disebut langkah
torak. Berdasarkan jumlah siklusnya, motor bensin dapat dibedakan menjadi dua,
yaitu.
1. Motor Bensin 2 Langkah atau 2 Tak (Two Stroke)
Motor bensin 2 langkah
merupakan motor yang setiap satu kali siklus kerja memerlukan·2 kali langkah
torak atau satu kali putaran poros engkol untuk menghasilkan satu kali usaha.
Siklus motor bensin 2 langkah, antara lain.
a. Langkah 1 (Kompresi dan Isap)
|
Langkah 1 Kompresi dan Isap
|
Pada langkah pertama torak/torak bergerak dari TMB menuju ke TMA sehingga
terjadi dua langkah yang berbeda· secara · bersamaan yaitu langkah kompresi
yang terjadi pada bagian atas dari torak dan langkah isap yang terjadi pada
ruang engkol atau pada bagian bawah torak.
Pada saat torak di posisi TMB, bahan bakar yang berada di bawah torak didorong
dan keluar dari saluran pembilasan. Proses selanjutnya, bahan bakar yang
keluar dari saluran pembilasan didorong torak sampai mencapai posisi TMA. Saat
hampir mencapai TMA, torak menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan.
Akibatnya, saluran pemasukan bahan bakar terbuka yang menyebabkan bahan bakar
diisap melalui saluran pemasukan di bawah torak.
Bahan bakar yang telah ada di ruang silinder (bagian atas torak)
dimampatkan oleh torak sampai mencapai posisi TMA. Tekanan di
silinder meningkat, kemudian percikan bunga api dari busi membakar campuran
bahan bakar dan udara.
b. Langkah 2 (Usaha dan Buang)
|
Langkah 2 Usaha dan Buang
|
Langkah kedua terjadi ketika torak bergerak dari TMA menuju ke TMB sehingga
terjadi dua langkah yang berbeda secara bersamaan yaitu langkah usaha dan
buang. Torak terdorong oleh energi panas yang dihasilkan dari pembakaran
campuran udara dan bahan bakar. Torak yang bergerak turun akan mendorong
campuran udara dan bahan bakar yang telah berada dibawah torak menuju saluran
pembilasan.
Saat torak bergerak turun saluran buang dan saluran pembilasan dalam keadaan
terbuka. Campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang engkol akan
mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bilas ke saluran buang.
Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja motor bensin 2 langkah
selesai untuk satu proses kerja (siklus).
Diagram P-V motor bensin 2 langkah
|
Diagram P-V motor bensin 2 langkah
|
Motor bensin bekerja berdasarkan siklus volume konstan, karena saat pembakaran
dan pengeluaran kalor terjadi pada volume konstan. Gambar 2.10 menunjukkan
diagram P-V motor bensin 2 langkah. Diagram P-V merupakan diagram yang
menunjukkan perbandingan antara tekanan dan volume yang terjadi pada siklus
motor.
Pada saat torak berada di TMB maka udara pada kondisi atmosfer. Gerakan torak
dari TMB ke TMA pada saat langkah isap dan kompresi menyebabkan udara
mengalami kompresi isentropik. Saat torak berada di TMA, tekanan udara
meningkat karena temperatur dalam silinder meningkat (kompresi). Selanjutnya,
torak bergerak dari TMA ke TMB. Temperatur udara turun hingga mencapai kondisi
atmosfer. Lalu terjadi langkah pembuangan sisa pembakaran pada tekanan yang
konstan.
Keuntungan dari motor 2 langkah adalah tenaga yang· dihasilkan lebih besar
dibandingkan motor bensin 4 langkah dengan kapasitas mesin yang sama karena
menghasilkan tenaga setiap putaran poros engkol. Konstruksi motor bensin 2
langkah lebih sederhana karena hanya ada saluran (ports) dan tidak memerlukan
mekanisme katup yang rumit. Selain itu, perawatannya lebih mudah. Momen puntir
untuk putaran lanjutan poros lebih kecil, sehingga menghasilkan gerakan yang
halus.
|
Konstruksi Motor Bensin 2 Tak
|
Kekurangan motor 2 Iang kah adalah pembakarannya kurang sempurna, emisi gas
buang lebih tinggi karena bahan bakar bercampur dengan oli, lebih boros bahan
bakar dibandingkan motor bensin 4 langkah, cincin torak lebih cepat aus karena
pada bagian silinder terdapat lubang-lubang.
Sehingga timbul gesekan antara ring torak dan lubang silinder, maka mudah
timbul panas, putaran rendah sulit diperoleh, dan memakai pelumas tambahan
untuk campuran bahan bakar. Saat ini motor bensin 2 langkah jarang digunakan
karena dinilai tidak hemat bahan bakar dan emisi gas buangnya tinggi. Motor
bensin 2 langkah digunakan pada sepeda motor, mesin pemotong rumput, mesin
gergaji, dan mobil salju.
2. Motor Bensin 4 Langkah atau 4 Tak (Four Stroke)
Motor bensin 4 langkah merupakan motor yang setiap satu kali siklus kerja
memerlukan 4 kali langkah torak atau dua kali putaran poros engkol untuk
menghasilkan satu kali usaha. Siklus motor bensin 4 langkah dapat dijelaskan
sebagai berikut.
a. langkah isap
|
Langkah Isap Motor Bensin 4 Tak
|
Langkah isap merupakan langkah memasukkan campuran udara dan bahan bakar ke
dalam ruang bakar. Pada langkah ini torak bergerak dari TMA ke TMB. Katup isap
terbuka, sedangkan katup buang tertutup, Saat torak bergerak ke-TMB, maka
ruangan silinder menjadi vakum, campuran udara dan bahan bakar pun terisap ke
dalam silinder akibat tekanan udara luar (atmospheric pressure).
b. Langkah Kompresi
|
Langkah Kompresi Motor Bensin 4 Tak
|
Pada langkah kompresi, torak bergerak dari TMB ke TMA. Katup isap dan katup
buang tertutup. Torak yang bergerak ke TMA akan terus memampatkan campuran
udara dan bahan bakar sehingga temperatur dan tekanannya meningkat. Pada akhir
langkah kompresi, campuran udara dan bahan bakar akan terbakar oleh percikan
bunga api busi.
c. Langkah Usaha
|
Langkah Usaha Motor Bensin 4 Tak
|
Campuran udara dan bahan bakar akan terbakar oleh percikan bunga api pada saat
torak mencapai TMA (akhir langkah kompresi dan awal langkah usaha). Dengan
terjadinya pembakaran, energi panas hasil pembakaran akan mendorong torak
hingga bergerak ke TMB. Energi ini yang akan diubah menjadi energi gerak
mekanik yang menggerakkan kendaraan.
d. Langkah Buang
|
Langkah Buang Motor Bensin 4 Tak
|
Saat langkah buang, gas sisa pembakaran dibuang keluar dari silinder, Katup
buang terbuka dan katup masuk tertutup, torak bergerak dari TMB ke TMA dan
mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder melalui katup buang.
|
Diagram P-V pada motor bensin 4 langkah
|
Perhatikan diagram P-V pada motor bensin 4 langkah pada Gambar 2.16! Pada
gambar tersebut terdapat beberapa langkah dalam satu siklus kerja, yaitu
-
Langkah pertama (garis 0-1) adalah langkah isap yang terjadi pada tekanan
yang tetap. Setelah itu,
-
Langkah kedua (garis 1-2) adalah langkah pemampatan atau kompresi dengan
tekanan yang semakin meningkat. Proses ini disebut proses adiabatik karena
tidak ada panas yang sempat keluar sistem. Garis 2-3 adalah proses
pembakaran secara cepat yang menghasilkan pemanasan gas pada volume
konstan.
-
Langkah ketiga (garis 3-4) adalah langkah kerja yaitu ekspansi gas panas.
Pada langkah 3-4 terjadi proses adiabatik karena tidak ada panas yang
keluar sistem.
-
Langkah keempat (garis 4-1) katup buang membuka sehingga terjadi penurunan
tekanan secara tiba-tiba. Setelah itu, langkah buang pada garis 1-0 yaitu
gas buang dibuang pada tekanan yang tetap.
Keuntungan dari motor 4 langkah adalah proses pemasukan, kompresi, kerja, dan
buang prosesnya berdiri. sendiri-sendiri sehingga lebih efisien dan stabil,
jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500-10.000 rpm). Selain itu,
kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah,
sehingga pemakaian bah an bakar lebih hemat dan efisiensi pemasukan bahan
bakar lebih baik. Putaran rendah lebih baik dan panas mesin dapat didinginkan
oleh sirkulasi oli.
Motor bensin 4 langkah tidak memakai oli samping dan emisi gas buang lebih
rendah dibandingkan motor bensin 2 langkah. Motor bensin 4 langkah memiliki
emisi gas buang yang rendah dan ramah lingkungan, sehingga banyak digunakan
pada mesin mobil dan sepeda motor.
Kekurangan motor 4 langkah adalah konstruksinya lebih rumit, sehingga
perawatannya lebih mahal. Suaranya pun relatif lebih kasar. Selain itu,
langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan
putar tidak stabil dan memerlukan jumlah silinder lebih dari satu sebagai
peredam getaran.
UNJUK KERJA
- Bentuklah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang!
-
Pahamilah kembali materi mengenai siklus motor- bensin 2 langkah dan 4
langkah pada buku materimu!
-
Diskusikanlah perbedaan antara siklus motor bensin 2 langkah dan 4
langkah!
-
Lakukan analisis bersama teman satu kelompokmu kelebihan dan kekurangan
motor bensin 2 langkah dan 4 langkah!
-
Buatlah kesimpulan mengenai siklus motor bensin 2 langkah dan 4 langkah
dalam bentuk slide presentasi!
-
Presentasikan slide presentasimu di depan kelas dengan penuh semangat!
Pertanyaan jelaskan cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) pasti sangat
lazim didengarkan oleh jurusan otomotif. Pada kesempatan ini saya akan
jelaskan siklus motor deiesel 4 langkah atau siklus otto. Motor diesel
ditemukan oleh Rudolf Diesel, pada tahun 1872. Motor diesel disebut dengan
motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya terjadi karena suhu. kompresi udara dalam
ruang bakar.
Mesin Diesel 4 Tak
Motor diesel memiliki beberapa karakteristik, di antaranya motor diesel
memiliki efisiensi panas yang lebih besar daripada motor bensin, motor
diesel tidak menggunakan busi untuk memercikkan bunga api, dan momen pada
motor diesel? tidak berubah pada variasi kecepatan tertentu.
Proses konversi energi pada motor diesel juga terjadi dalam sebuah siklus.
Siklus motor diesel hampir sama dengan motor bensin, hanya saja terdapat
sedikit perbedaan saat siklus tersebut berlangsung. Untuk menambah wawasanmu
mengenai siklus motor diesel, lakukan Kegiatan 2.3 berikut!
Kegiatan 2.3 Membedakan Siklus Motor Diesel
Judul Kegiatan : Membedakan Siklus Motor Diesel
Jenis Kegiatan : Tugas Kelompok
Tujuan Kegiatan :
- Peserta didik menyimpulkan siklus motor diesel dengan benar. (KD 3)
-
Peserta didik dapat menyajikan siklus motor diesel dengan tepat. (KD 4)
|
SIKLUS MOTOR DIESEL EMPAT LANGKAH / 4 TAK
|
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut. .
- Amati dan pelajarilah gambar siklus motor diesel dengan saksama!
-
Buatlah dua buah pertanyaan untuk kamu tanyakan pada gurumu mengenai
gambar tersebut!
-
Gambarlah ulang siklus kerja motor. diesel berikut dalam bentuk
wallchart/poster! Jelaskan siklus kerja motor diesel. Pada bagian bawah
gambar tersebut!
- Tuliskan kesimpulan mengenai siklus kerja motor diesel!
-
Sajikanlah gambar siklus motor diesel di depan kelas dengan percaya diri!
Melalui Kegiatan 2.3 tentu kamu dapat mengetahui proses yang terjadi pada
siklus motor diesel. Siklus motor diesel berbeda dengan siklus motor bensin
berdasarkan cara memasukkan bahan bakar dan proses pembakaran di ruang bakar.
Untuk memahami lebih lanjut mengenai siklus motor diesel, bacalah uraian
materi di bawah ini.
Prinsip Kerja Mesin Diesel 2 Tak tidak sama dengan 4 tak. Jadi bisa dibilang
prinsip kerja motor diesel 2 langkah adalah mesin yang mengubah energi panas
(kimiawi) menjadi energi gerak dengan satu kali putaran engkol.
Energi panas, dihasilkan dari pembakaran antara solar dan oksigen yang
dikompresi.
Cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) adalah rangkaian proses kerja yang
dilakukan motor diesel untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin.
Motor diesel 4 langkah memerlukan empat kali langkah torak atau dua kali
putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus kerja. Siklus motor
diesel 4 langkah, yaitu sebagai berikut.
1. Langkah Isap
|
Langkah Isap Motor Diesel Empat Langkah
|
Pada langkah isap torak bergerak dari TMA ke TMB, terjadi kevakuman di ruang
silinder. Katup isap pun terbuka dan katup buang tertutup sehingga udara masuk
ke dalam silinder.
2.Langkah Kompresi
|
Langkah Kompresi Motor Diesel Empat Langkah
|
Pada langkah kompresi cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) yaitu, torak
bergerak dari TMB ke TMA. Kemudian katup isap dan katup buang tertutup. Torak
terus bergerak mengkompresikan udara yang ada di dalam silinder. Perbandingan
kompresi pada motor diesel berkisar antara 15:1 sampai 22:1.
Udara di dalam silinder dikompresikan hingga mencapai tekanan sekitar 30
kg/cm2 (427 psi atau 2,942 kPa) dan temperatumya sekitar 500°-800°C. Pada
a:khir langkah kompresi, bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar melalui
nozel. Penginjeksian bahan bakar menggunakan tekanan yang tinggi (40 bar)
sehingga solar yang disemprotkan ke dalam ruang bakar berubah menjadi
butiran-butiran cairan yang sangat halus seperti kabut.
3. Langkah Usaha
|
Langkah Usaha Motor Diesel Empat Langkah
|
Pada awal langkah usaha, butiran bahan bakar akan terbakar sehingga panas di
silinder meningkat dan tekanan di dalam silinder bertambah. Energi hasil
pembakaran akan mengekspansikan gas dengan sangat cepat dan membuat torak
terdorong menuju ke TMB.
Energi dorong pada torak ini akan diteruskan ke batang torak dan diubah
menjadi gerak putaran oleh poros engkol. Energi ini sebagian besar disimpan
dalam fly wheel untuk proses kerja berikutnya.
4. Langkah Buang
|
Langkah Buang Motor Diesel Empat Langkah
|
Pada langkah buang, torak bergerak dari TMB ke TMA dan katup buang membuka.
Gas sisa hasil pembakaran didorong keluar oleh torak melalui katup buang.
Selanjutnya, gas buang dibuang melalui knalpot. Pada akhir langkah buang,
katup masuk membuka sehingga udara masuk ke dalam Silinder.
Cara motor diesel sangat mirip dengan motor bensin, adapun perbedaan hanya
pada sistem penyaalaan dan bahan bakar yang disulut. Dimana pada motor bensin
menggunakan busi (sistem pengapian) untuk menyalakan bensin.
Sementara pada motor diesel menggunakan tekanan udara untuk menghasilkan
penyalaan sendiri bahan bakar. Keempat siklus motor diesel dilakukan secara
berulang dan terus menerus selama engine diesel hidup (crangking).
Diagram P-V Mesin Diesel 4 Tak (Langkah)
|
Diagram P-V motor diesel 4 langkah
|
Perhatikan diagram P-V motor diesel 4 langkah pada Gambar 2.22! Pada gambar
tersebut, siklus motor diesel digambarkan dalam bentuk diagram tekanan- volume
(P-V) pada tekanan tetap.
Langkah pada siklus motor diesel, antara lain:
-
Langkah pertama (garis 0-1) adalah langkah isap berupa pemasukan udara
pada tekanan konstan.
- Langkah 1-2 adalah langkah kompresi udara pada keadaan isentropik.
-
Langkah 2-3 yaitu pembakaran yang menghasilkan pemanasan gas pada tekanan
konstan. Pada siklus diesel langkah 2-3 merupakan penambahan panas pada
tekanan konstan.
-
Langkah 3-4 adalah langkah ekspansi panas pada keadaan isentropik. Energi
hasil pembakaran akan mendorong torak ke TMB. Langkah 4-1 adalah langkah
pengeluaran kalor pada tekanan konstan.
Setelah itu, tekanan pada silinder akan turun secara drastis karena katup
buang terbuka, Langkah terakhir (0-1), gas sisa pembakaran dibuang pada
tekanan konstan. Perbedaan pada siklus motor bensin dan motor diesel dapat
kamu lihat Tabel 2.1 berikut ini.
Perbedaan siklus motor bensin dan mesin diesel 4 tak (langkah)
Pembeda
|
Motor Bensin
|
Motor Diesel
|
Langkah isap
|
Campuran udara dan bahan bakar diisap kedalam silinder
|
Hanya udara yang diisap kedalam silinder
|
Langkah Kompressi
|
Torak mengkompresi campuran udara dan bahan bakar
|
Torak mengkompresi udara untuk menaikkan tekanan dan temperatur
diruang bakar
|
Langkah Usaha/Pembakaran
|
Pembakaran terjadi oleh percikan bunga api busi yang membakar
campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan
|
Bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar yang kemudian bercampur
dengan udara bertekanan tinggi dan terbakar oleh panas dari udara
bertekanan
|
Pengaturan Output Tenaga
|
Diatur oleh banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk
kedalam silinder
|
Diatur oleh banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan (banyaknya udara
tidak diatur)
|
Sistem pembakaran mesin diesel memanfaatkan udara bertekanan tinggi untuk
menyalakan solar yang berada didalam silinder. Tekanan tinggi ini dihasilkan
pada langkah kompressi, yakni saat piston berada di titik mati atas (TMA) dan
kedua klep menutup.
Begitulah saya dapat jelaskan
Memahami Cara Kerja Engine 2 dan 4 Langkah
pada artikel ini. Saya yakin, artikel ini tidak cukup sempurna untuk anda.
Kami sangat mengharapkan saran dan komentar dari pembaca blog
pakgalingging.blogspot.com.
Post a Comment for "Memahami Cara Kerja Engine 2 dan 4 Langkah: KD 6 TDO"