Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung

Kipas angin merupakan salah sesuatu peralatan elektronik yang sungguh berkhasiat untuk dipakai di dalam ruangan, khususnya bagi kami yg tinggal di kawasan beriklim tropis mirip di indonesia ini yg biasa mengalami cuaca kemarau yg panas dan gerah. Dengan menggunakan kipas angin maka situasi di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk meskipun di dikala cuaca melakukan panas dan gerah, jadi kipas angin memang sangatlah cocok buat digunakan disaat cuaca panas mirip pada ketika kemarau datang.

Karena fungsinya buat menyejukkan ruangan, kipas angin terkadang dipakai selama dua jam lamanya sehingga problem kerusakan pada kipas angin lebih rentan terjadi seandainya dibandingkan dengan peralatan listrik rumah tangga yang lain. Salah sesuatu duduk perkara kerusakan pada kipas angin yg biasa terjadi merupakan kipas angin tidak inginberputar namun masih dibarengi suara dengungan dari motor listrik atau dinamo kipas angin tersebut.

Nah, untuk anda yg mungkin mengalami hal ini, maka anda mampu mencoba melakukan perbaikan sendiri dengan mengikuti beberapa cara yg akan saya bahas berikut ini. Hal ini alasannya adalah kipas angin anda tersebut sebenarnya masih memiliki kemungkinan kerusakan yg kecil dan gampang diperbaiki, pasti tidak ada salahnya buat anda coba lakukan perbaikan sendiri tanpa terburu-buru membawanya ke tempat service lantaran bisa saja kerusakannya hanya sepele dan sungguh mudah untuk anda perbaiki sendiri.

Cаrа Mеmреrbаіkі Kіраѕ Angіn Yаng Tіdаk Mаu Bеrрutаr Dаn Hаnуа Bеrdеngung

Masalah kerusakan pada kipas angin yg tidak mau berputar tetapi masih disertai bunyi dengungan ini bisa disebabkan oleh dua macam hal, mampu jadi alasannya adalah memang ada salah sesuatu spare part yang rusak dan perlu diganti, atau bisa juga sebab faktor persoalan yg lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Kіраѕ Angіn Tіdаk Mаu Bеrрutаr Akіbаt Mасеt

Kasus kipas angin tak mauberputar tersebut bisa disebabkan karena memang terdapat kemacetan pada bagian as yg seharusnya putarannya licin atau ringan, bagi mengetahui kemacetan tersebut anda bisa menjajal memutar baling-baling atau batang as kipas angin tersebut, jika sehabis dicoba diputar serasa berat atau bahkan tak inginberputar sama sekali maka telah pasti kipas angin tersebut mengalami kemacetan sehingga tak mauberputar ketika dinyalakan.

Jika demikian, maka pastinya anda harus mencari letak duduk perkara kemacetan tersebut. Umumnya kemacetan tersebut biasa terjadi selesai gearbox yg rusak. Gearbox ini adalah serpihan kipas angin yang fungsinya buat memutar kepala kipas kekiri dan kekanan (fitur swing).
Lеtаk gеаrbоx
Terkadang penyebab dari kipas angin tidak inginberputar dan cuma mendengung juga bisa dari sini. Biasanya gearbox ini akan rusak dan membuat rotor atau as terhambat sehingga kesudahannya tidak mampu berputar dan hanya terdengar bunyi dengungan saja. Untuk itu cobalah anda copot saja serpihan ini lalu kemudian uji dengan menyalakan kipas angin anda, bila kipas angin ternyata eksklusif bisa berputar maka telah niscaya penyebabnya dari gearbox tersebut. Kalau telah begini maka jangan pasang lagi gearbox yg rusak tersebut, lakukan penggantian ulang gearbox dengan yg baru jikalau anda masih ingin menggunakan fitur swing.

Selain karena disebabkan oleh gearbox, kemacetan pada kipas angin bisa pula disebabkan oleh kotornya bos (semacam bearing pada kipas angin) dan as yg lazimnya membuat kipas angin berputar lambat dan tidak sedikit juga yang tidak bisa berputar sama sekali karena akibat saking kotornya bos dan as ini.
Jadi anda mesti perhatikan baik-baik pada bagian as yg menyentuh bos mirip yg telah saya jelaskan dengan tanda panah diatas, disitulah biasanya kawasan berkumpulnya kotoran mirip abu, cuilan rambut bahkan tak jarang juga terdapat sehelai benang yang ikut tersangkut dibagian tersebut, tidak cuma pecahan bos depan saja umumbos serpihan belakang juga kotor. Jika memang benar terdapat kotoran seperti yg sudah aku sebutkan diatas maka anda harus bersihkan kotoran tersebut secara keseluruhan dengan cara membongkar rumah dinamonya, hal ini penting bagi dilakukan ketimbang cuma memberi minyak pelicin saja tanpa dibersihkan.

Nah di saat semua kotoran tersebut telah higienis maka secepatnya pasang kembali dan jangan lupa beri minyak pelicin yang sesuai contohnya minyak dari mesin jahit merk singer yg memang cocok untuk digunakan pada kipas angin. Dan jangan main-main menggunakan minyak yang lengket atau bahkan kotor lantaran hal ini mulai membuat kipas angin anda kembali terhambat atau macet.

Kіраѕ Angіn Tеtар Tіdаk Mаu Bеrрutаr Mеѕkі Rоtоr Atаu Aѕ Tіdаk Dаlаm Kоndіѕі Mасеt

Tak cuma disebabkan oleh kemacetan saja, kipas angin juga bisa berhenti berputar meski keadaan rotor atau as masih licin atau ringan di saat diputar manual dengan pinjaman tangan kosong, hal ini disebabkan oleh dua faktor penyebab lainnya seperti dibawah ini.

Aѕ Dаn Bоѕ Auѕ
Aѕ (rоtоr) dаn bоѕ (bеаrіng kіраѕ аngіn)
Selain sebab kotor, kipas angin yang tidak inginberputar mampu juga diakibatkan karena keadaan as dan bos yg aus. Karena kepingan as dan bos yang sudah aus, hal ini membuat posisi as dengan besi kern menjadi tidak sentral sehingga as atau rotor tersebut bergesekan dengan besi kern dan balasannya terjadi macet di dikala posisi kipas angin sedang dinyalakan.

Maka jika anda mendapati bos atau as kipas angin sudah aus, langsung saja lakukan penggantian pada kepingan atau spare part tersebut supaya kipas angin mampu berputar dengan masuk akal kembali.
Untuk bos atau semacam bearing pada kipas angin ini anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektro khusus peralatan listrik rumah tangga, sedangkan buat spare part rotor atau as anda mampu mencarinya di kawasan penjualan barang bekas atau loakan lantaran lazimnya ditoko-toko elektro tak menjualnya.

Kараѕіtоr Mаtі
Lеtаk kараѕіtоr
Kapasitor yang mati akan menciptakan dinamo tak mampu berputar dan cuma mulai berdengung saja, walaupun as dalam kondisi yg baik-baik saja tidak seret atau macet dikala diputar manual dengan pemberian tangan. Untuk mengenali apakah kapasitor sudah rusak atau mati anda bisa mengevaluasi kondisinya memakai Multitester atau AVO meter.

Apabila kapasitor mati, maka anda tinggal menggantinya dengan ukuran yg serupa bagi mengatasi dilema kipas angin yg tidak berputar tersebut.

Mоtоr Atаu Dіnаmо Tеrbаkаr
Dіnаmо kіраѕ аngіn Mаѕріоn
Selain dua penyebab diatas yg kerusakannya tergolong cukup mudah untuk dituntaskan, ada juga penyebab dengan kerusakan yg lebih parah dan sungguh sulit buat tertuntaskan yakni duduk perkara dinamo atau motor listrik yg terbakar. Sebenarnya kipas angin yang tidak inginberputar tersebut bisa juga diakibatkan oleh kerusakan pada lilitan dinamonya.

Dan yg tidak jarang terjadi merupakan lilitan bantunya yang sudah terbakar, biasanya saat di cek dengan AVO meter ada yg putus di tengah. kerusakan seperti ini sukar untuk diperbaiki, dan mau tak mauanda harus mengganti ulang dinamonya. Bisa dengan mencari jasa perbaikan dinamo adalah rewinding atau anda bisa membeli dinamo yg lengkap dengan spare part umumnya telah termasuk spare part gearbox, kapasitor dan lainnya-yang lain yg mampu anda pasang sendiri di rumah.

Oke cukup sekian dulu bagi pembahasan kali ini ihwal cara memperbaiki kipas angin yg tidak mau berputar namun hanya mendengung, semoga postingan ini mampu bermanfaat. Selamat coba dan supaya sukses.

Baca juga : Cаrа Mеmреrbаіkі Kіраѕ Angіn уаng рutаrаnnуа lаmbаt

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung"