Cara Memperbaiki Kipas Angin yang tidak bisa menengok kanan-kiri (Gearbox)

Apakah anda pernah mengalami kipas angin anda tidak bisa swing (menengok ke kanan-kiri), atau swing namun keluar suara yang membuat berisik saat tidur. Jika pernah maka anda tidak perlu cemas lantaran kipas angin tersebut bahu-membahu masih bisa diperbaiki dengan cukup gampang dan bahkan anda sendiripun sesungguhnya bisa memperbaikinya asalkan anda mau mempelajarinya.

Mengenai persoalan kipas angin yg tidak mampu swing atau menengok kanan-kiri ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gearbox yang berada di serpihan belakang dinamo atau motor kipas angin. Berdasarkan cara kerjanya gearbox kipas angin ini terdiri dari dua macam macam yakni :

1. Gеаrbоx Aѕ
Sоurсе іmаgеѕ : ріntаrbеngkеl.blоgѕроt.соm
Gearbox jenis ini mempergunakan putaran as dinamo atau motor kipas angin untuk tenaga penggerak sehingga bisa memutar kepala kipas angin kekanan-kekiri. Untuk sekarang ini gearbox jenis inilah yang paling banyak dipakai oleh beberapa produsen brand kipas angin.

2. Gеаrbоx Lіѕtrіk
Sоurсе іmаgеѕ : www.рrісеаrеа.соm
Sinkron dengan namanya gearbox macam listrik ini memakai energi listrik sebagai tenaga penggerak penting, sehingga umumnya bagian gearbox ini terdiri dari variasi motor listrik dan beberapa gear didalamnya. Pada lazimnya gearbox jenis ini tak begitu banyak dipakai oleh produsen kipas angin yang rata-rata mereka lebih menentukan memproduksi kipas angin dengan gearbox macam as.

Selain disebabkan oleh gearbox yg rusak, sebetulnya masih ada beberapa penyebab lainnya yg bisa menciptakan kipas angin anda tidak bisa swing atau menengok kanan-kiri. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara perbaikan berikut ini.

Bеrіkut Inі Cаrа Mеmреrbаіkі Kіраѕ Angіn уаng tіdаk mаmрu mеnеngоk kаnаn-kіrі

Baiklah kami mulai contohkan beberapa kerusakan yg kerap dialami oleh gearbox jenis as apalagi lalu.

Kerusakan yang umum terjadi pada kipas angin yg tidak bisa swing sangatlah beragam dan berikut ini aku sebutkan satu-persatu beserta cara memperbaikinya.

1. Bаgіаn lеhеr уаng раtаh
Patahnya penggalan leher ini biasanya lantaran kesalahan penggunanya, kenapa bisa begitu?? ... lantaran pada umumnya dari pengguna kipas angin tidak mengetahui bila sistem gearbox ini dihentikan digerak-gerakkan secara paksa umumnya hal seperti ini terjadi ketika penggunanya menjinjing kipas angin tersebut. bahkan ada juga yg menjatuhkannya hingga keluar suara klak. aduh ngeri bila di bayangin padahal kipas anginnya selalu mengawalsuka dukanya saat gerah maupun panas namun malah dijatuhkan seenaknya hehe ...

Intinya jikalau memang patah ganti ulang saja bagian leher tersebut dengan yg gres, lazimnya pada toko elektronika khusus peralatan listrik mulai menawarkan spare part ini.

2. Lераѕnуа bаut раdа bеѕі реngауuh
Jika kedua baut ini lepas maka pasang bautnya lagi dengan yg lebih berpengaruh agar tidak lepas lagi, anda bisa mengubah dengan baut yg agak panjang bila lubang baut telah sedikit longgar.

3. Pаtаh аtаu lеlеhnуа ресаhаn dudukаn gеаrbоx
Dudukan yang patah juga bisa terjadi akibat kesalahan yang malang mirip diatas. hehe. . tetapi lain halnya dengan lelehnya dudukan pada gearbox, hal ini lazimdisebabkan lantaran overheating atau panas lebih pada dinamo kipas angin itu sendiri, meskipun pundak-membahu overheating tidak selalu terjadi pada dinamo dan intinya overheating dinamo lazimdiakibatkan oleh aneka macam persoalan misalnya saja dinamo mengalami penurunan kecepatan alasannya adalah seret sehingga menciptakan dinamo bersusah payah dan menimbulkan panas lebih atau yg lebih parahnya lagi dinamo mengalami kemacetan secara total tetapi tetap dinyalakan.

Untuk memperbaiki dudukan yg patah mampu dengan mengelemnya dengan lem super besar lengan berkuasa, namun bila yang patah banyak lebih baik ganti gearbox gres saja. begitu pula dengan kerusakan akibat leleh yang umumnya sulit buat diperbaiki.

4. Gеаr раtаh аtаu аuѕ
Selain rusak final patahnya gear keausan pada gear sungguh kadang terjadi, gear-gear ini sangat gampang rusak apabila terkena tekanan yang cukup besar lengan berkuasa, yah mau bagaimana lagi memang gearnya terbuat dari materi plastik, kalau anda perhatikan gambar diatas gear yg tertandai anak panah inilah yang acap kali mengalami patah maupun aus. Biasanya gear ini aus dan membuat bunyi yg berisik di saat kipas angin dinyalakan.

Untuk langkah cara perbaikannya anda mampu saja mengganti gear tersebut dengan yg cantik tetapi seandainya hal ini masih memungkinkan karena umumnya tidak ada yang menjualnya dan cuma mampu didapatkan dari barang rongsokan bekas kipas angin.

Jika anda tak ingin panjang lebar perihal perbaikan dengan mengubah gear ini, pribadi saja ganti secara keseluruhan gearboxnya.

Beberapa cara yang di atas mungkin agak sulit dilakukan namun anda tak perlu kawatir karena banyak sekali gearbox macam ini yang dijual belikan di pasaran harganya sekitar 12rb-an sampai 15rb-an dan begitu pula dengan leher kipas anginnya, anda akan sangat mudah menemuinya di toko-toko elektronik perlengkapan listrik terdekat.

Tapi jika anda mampu memperbaiki kenapa tidak mencobanya, siapa tahu kerusakannya tidaklah parah dan mampu di perbaiki dengan mudah.

Untuk gearbox jenis listrik penanganannya juga tidak jauh berlawanan dengan cara perbaikan gearbox as yg sudah saya contohkan diatas, bahkan gearbox ini terkenal lebih awet dibandingkan dengan jenis as karena biasanya dudukan gearbox ini dibuat dengan bahan logam besi sehingga tidak mudah patah ataupun leleh.

Karena jalan kerjanya menggunakan dinamo maka kerusakan juga bisa terjadi pada dinamo gearboxnya, sama mirip halnya dinamo pada lazimnya dinamo ini juga mampu terbakar, anda mampu menggulungnya ulang asalkan mengetahui jumlah lilitan dan ukuran kawatnya. akan tetapi kalau anda tidak mau menggulung ulang anda mampu eksklusif membeli gearbox listrik yg baru harganya kira-kira berkisar antara 20rb-an sampai 30rb-an.

Note : harga yang aku sebutkan diatas bisa saja berganti tergantung daerah dan hal yang lain. Untuk lebih jelasnya mengenai harga silahkan anda coba cek di toko online doktrin anda masing-masing.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara memperbaiki kipas angin yg tidak bisa swing, selamat menjajal dan biar berhasil.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin yang tidak bisa menengok kanan-kiri (Gearbox)"