Penyebab MCB Sering Trip (Jeglek) Dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu pernah mengalami dikala menonton televisi di rumah atau melakukan  sibuk menggunakan perlengkapan listrik rumah tangga yg lainnya, tiba-tiba listrik di rumah padam, sesudah diperiksa ternyata MCB nya trip (jeglek). Mungkin sudah banyak yang mengalami hal mirip ini, Lalu pertanyaannya yaitu apa yg mengakibatkan MCB tersebut trip?

Sebenarnya terdapat banyak sekali hal yg bisa menjadikan MCB di rumah tidak jarang trip (jeglek). Pada dasarnya MCB memang dipasang pada setiap instalasi listrik di rumah buat tujuan mengamankan instalasi listrik dari ancaman akhir korsleting listrik yaitu kebakaran. Selain selaku pengaman buat korsleting listrik, MCB juga berfungsi sebagai pembatas arus listrik.

Saat terjadi korsleting listrik, MCB mulai secara otomatis memutus arus listrik untuk tujuan mengamankan instalasi listrik kami dari bahaya berkelanjutan korsleting listrik, dan menetapkan arus listrik pula ketika arus yang mengalir melewatinya melebihi kapasitas MCB tersebut.

Kaprikornus, MCB yang turun (trip) bukan memiliki arti bahwa MCB tersebut telah rusak, sebab kemungkinan MCB masih melakukan pekerjaan mendeteksi adanya gangguan pada instalasi listrik di rumah, sehingga MCB tersebut melaksanakan pekerjaan memutuskan anutan listrik atau biasa kita sebut dengan MCB trip (jeglek). Meskipun tidak menutup kemungkinan, MCB yang tidak jarang trip (jeglek), pertanda bahwa MCB tersebut telah tidak bagus lagi atau sudah lemah (rusak).

Oleh alasannya itu, sebelum kita beropini bahwa MCB tersebut telah rusak dan membutuhkan perbaikan atau penggantian ulang, maka tidak ada salahnya jika kalian periksa terlebih dulu apa yang menjadikan MCB kadang trip (jeglek).

Bеrіkut іnі іаlаh bеbеrара реnуеbаb MCB ѕеrіng trір (jеglеk).

1. Pеmаkаіаn dауа lіѕtrіk уаng tеrlаlu bеrlеbіhаn
Sоurсе іmаgеѕ : ѕіnglеѕоurсесоm.соm
Pemakaian daya listrik yang terlampau banyak atau berlebihan bisa menimbulkan
MCB trip (jeglek), alasannya daya listrik yg dipakai melebihi batasan ukuran daya listrik MCB yg terpasang dirumah. Tentunya MCB memiliki aneka macam macam ukuran batasan daya listrik. PLN mulai memasang MCB dengan batas-batas daya listrik yg telah diseleksi atau diminta oleh pelanggan listrik semenjak permulaan. Misalnya saja kita memasang MCB 2A, maka kalian mampu menggunakan daya listrik sampai sebesar 450 Watt, kalau kami menggunakan daya listrik melampaui 450 Watt, maka MCB mulai trip (jeglek).

Silahkan hitung berapa total daya listrik yang anda pakai buat peralatan listrik yang melakukan digunakan atau terpakai di rumah, apakah memang sudah melampaui batas-batas optimal kemampuan MCB yang terpasang dirumah anda?

Jika sehabis anda hitung ternyata memang pemakaian daya listrik anda telah melebihi batasan optimal daya listrik yang terpasang di rumah anda, maka kerjakan dua solusi berikut ini buat mengatasinya.

Jangan nyalakan atau menggunakan perlengkapan listrik rumah tangga secara serempak, gunakanlah perlengkapan listrik tersebut dengan bijak dan secara bergantian supaya MCB tidak trip (jeglek).

Atau anda bisa memperbesar daya listrik yg terpasang di rumah, jika sebelumnya daya listrik yg anda gunakan yaitu 450 Watt, anda mampu meminta pihak PLN untuk menambahkan daya listriknya sebesar 900 Watt, dengan tidak meminimalkan daya listrik yg lebih besar, tentunya kita mampu lebih leluasa dalam menggunakan peralatan listrik di rumah dan MCB kita tidak akan gampang trip.

Akan namun, apabila sehabis anda hitung, ternyata pemakaian listriknya masih belum melampaui batasan optimal daya listrik yg terpasang, maka kemungkinan penyebab MCB trip (jeglek) disebabkan oleh aspek lain.

2. Kеruѕаkаn раdа MCB
Sоurсе іmаgеѕ : tаgіhаnlіѕtrіk.соm
MCB yg kadang trip (jeglek) dapat juga disebabkan sebab MCB dirumah kita sudah rusak (lemah), jadi meskipun daya listrik yang kita pakai masih normal (tidak melampaui batas-batas optimal MCB) dan tidak ada dilema korsleting listrik, MCB kita akan trip karena memang sudah rusak. Untuk mengetahui kerusakan pada MCB, menjajal periksa keadaan MCBnya disaat sehabis listrik di rumah padam karena MCB trip.

Periksa apakah terdapat beberapa kejanggalan, antara lain mirip
suhu MCB tersebut panas tidak seperti biasanya, terminal pada MCB tersebut ada bercak hitam (gosong) bekas percikan api,
atau saat dinyalakan kembali, MCB tersebut akan trip (jeglek) lagi dalam waktu dikala itu juga atau dalam waktu agak usang.

Jika memang sudah ditentukan bahwa pemakaian daya listrik tidak melebihi, namun MCB tetap saja trip, maka lakukan dua penyelesaian berikut ini bagi cara mengatasinya.

Jika suhu MCB panas tidak mirip lazimnya , ada kemungkinan bahwa kabel pada MCB tersebut longgar atau goyang. Begitu juga jikalau terdapat bagian pada MCB yg gosong (ada bercak hitam bekas percikan api), ini dikarenakan adanya sambungan atau terminal kabel yang longgar atau goyang.

Pemasangan kabel instalasi listrik yg longgar atau kurang berpengaruh ialah salah sesuatu penyebab percikan api di dalam instalasi listrik.

Atau dikala MCB dinaikkan kembali, tetapi beberapa selang waktu ( menit atau jam) kemudian MCB trip lagi, ini menerangkan bahwa MCB sudah rusak, minta tunjangan pihak PLN untuk melaksanakan perbaikan atau mengganti MCB dengan yang gres.

Namun jika dikala MCB anda nyalakan kembali, dan MCB tersebut langsung trip (jeglek) dikala itu juga, maka ini menunjukan adanya suatu perlengkapan listrik atau kabel yang korsleting.

3. Adаnуа kоrѕlеtіng lіѕtrіk раdа іnѕtаlаѕі lіѕtrіk аtаu реrаlаtаn lіѕtrіk
Sоurсе іmаgеѕ : www.tеасhоо.соm
Jika MCB dirumah trip (jeglek) secara datang-tiba dan dikala dinaikkan kembali, MCB tetap trip, hal ini disebabkan alasannya adalah adanya korsleting listrik.

Korsleting listrik mampu terjadi pada instalasi listrik di rumah kami, baik pada kabel instalasi listrik, saklar, stop kontak, atau pada fitting. Selain itu, korsleting listrik juga mampu terjadi disebabkan karena adanya peralatan listrik yang biasa kita gunakan seperti kipas angin, pompa air, televisi, mesin basuh, AC dan lain sebagainya telah rusak, arus bocor, atau telah short (korslet).

Lalu bagaimanakah cara mengetahui letak korsleting listrik tersebut, apakah instalasi listriknya ataukah perlengkapan listrik kalian yg korslet?

Untuk cara mengetahui letak korsleting listriknya, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Saat listrik dirumah padam, alasannya adalah MCB tiba-tiba trip padahal daya listrik yang dipakai tidak melampaui batasan maksimal daya listrik rumah. Maka padamkan seluruh alat-alat listrik dirumah anda buat mengenali letak korsleting, dengan cara mencabut colokan (steker) semua peralatan listrik yg sedang terpasang di rumah anda dan matikan semua lampu dengan menekan saklar ke posisi off (mati), Lalu naikkan MCB, jika ketika MCB dinaikkan seketika MCB langsung trip kembali, ini mengambarkan adanya korsleting pada instalasi listrik di rumah anda.
 
Namun, bila MCB listrik dinaikkan dan MCB tidak trip lagi, maka yg memiliki duduk perkara/konsleting ada pada salah sesuatu perlengkapan listrik yang anda pakai.

Untuk cara mengatasinya, lakukan dua langkah berikut ini.

Setelah melakukan tindakan diatas anda mulai tahu dimana letak korsleting listrik tersebut. Jika yang korsleting yaitu instalasi listriknya maka jangan menjajal menyalakan kembali MCB tersebut, kerjakan pemeriksaan dan perbaikan pada instalasinya, anda bisa melakukannya sendiri atau jikalau tidak bisa anda bisa memanggil teknisi listrik yang terlatih bagi melaksanakan investigasi dan perbaikan pada instalasi listrik di rumah anda.

Dan bagi menangani masalah korsleting pada peralatan listrik caranya cukup mudah merupakan dengan menyalakan peralatan listrik yg ada dirumah anda satu persatu, Jika saat menyalakan perlengkapan listrik lalu MCB secepatnya trip (jeglek) maka perlengkapan listrik tersebut rusak. Misalnya saja dikala mencolokkan steker kipas angin kemudian MCB langsung trip, maka bisa ditentukan kipas angin tersebut sudah rusak (korslet), atau bila ketika salah sesuatu lampu dinyalakan, MCB datang-datang trip, mempunyai arti masalahnya ada pada bola lampu tersebut yg perlu diganti atau diperbaiki lagi.

Peralatan listrik yg menyebabkan MCB dirumah anda trip, ini pertanda bahwa Alat listrik tersebut telah korslet, arus bocor dan duduk perkara yang lain, jadi secepatnya perbaiki peralatan listrik tersebut atau bisa juga dengan mengubahnya.
    Kоrѕlеtіng аtаu Shоrt Cіrсuіt (kоrеlаѕі реndеk) аdаlаh kеаdааn dіmаnа tеgаngаn lіѕtrіk уаknі kаbеl fаѕе dаn kаbеl nеtrаl bеrѕеntuhаn/tеrhubung bаіk ѕесаrа еkѕkluѕіf mаuрun lеwаt bеndа lаіn уаng nіlаі rеѕіѕtаnnуа kесіl, ѕеhіnggа mеnіmbulkаn lоnjаkаn аruѕ lіѕtrіk уаng ѕаngаt tіnggі.
Sekian lalu buat postingan kali ini supaya berkhasiat.

Post a Comment for "Penyebab MCB Sering Trip (Jeglek) Dan Cara Mengatasinya"