Faktor Yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Hambatan Pada Kawat Penghantar

Penghantar listrik yakni sebuah materi yg mempunyai sifat bisa menghantarkan listrik dengan baik, penghantar listrik biasa digunakan bagi menghantarkan listrik dari sumber listrik menuju beban listrik contohnya saja mirip pada lampu dan penghantar listrik pada lampu tersebut berbentukkabel listrik.

Selain berbentukkabel, penghantar listrik juga mampu dijumpai pada peralatan listrik yang menerapkan sistem induksi magnetik, contohnya seperti, dinamo (motor listrik), tranformator (trafo), dan aneka macam peralatan induksi listrik yg yang lain. Dinamo atau motor listrik memakai penghantar listrik buat membangkitkan medan magnet, penghantar listrik tersebut berbentukkawat email berbahan tembaga atau aluminium.

Pеrlu dіkеtаhuі bаhwа ѕеtіар реnghаntаr lіѕtrіk, ѕеlаlu mеmіlіkі nіlаі tаhаnаn (hаmbаtаn). Bеѕаr kесіlnуа nіlаі tаhаnаn аtаu kеndаlа уаng dіhаѕіlkаn ѕuаtu реnghаntаr lіѕtrіk tеrѕеbut dіреngаruhі оlеh jеnіѕ mаtеrі kаwаt реnghаntаr, раnjаng kаwаt реnghаntаr, luаѕ реnаmраng kаwаt, dаn bаhkаn ѕuhu. Untuk lеbіh jеlаѕnуа, dіbаwаh іnі аdаlаh klаrіfіkаѕі реrіhаl аѕреk-аѕреk уаng mеmреngаruhі nіlаі kеndаlа раdа kаwаt реnghаntаr lіѕtrіk tеrѕеbut.

Beberapa faktor yang mensugesti besar kecilnya nilai kendala listrik pada kawat penghantar, antara lain selaku berikut :

1. Jеnіѕ mаtеrі kаwаt реnghаntаr

Pada biasanya macam bahan kawat penghantar listrik yang sering dipakai kebanyakan adalah memakai kawat penghantar yang berbahan tembaga, dan aluminium. Sedangkan antara materi tembaga dengan aluminium memiliki perbedaan buat nilai hambatannya ialah, nilai hambatan tembaga lebih kecil dari aluminium. Sehingga materi tembaga sangat bagus untuk menghantarkan listrik dibandingkan aluminium.

Berikut banyak sekali macam materi kawat penghantar yang kadang digunakan selaku penghantar listrik beserta nilai kendala jenisnya ( ρ ):
Pada tabel diatas memperlihatkan bahwa setiap jenis materi kawat penghantar mempunyai nilai hambatan jenisnya masing-masing (nilai hambatan jenisnya berlawanan-beda).
Seperti pada gambar di atas, materi penghantar dari besi mempunyai nilai hambatan jenis yg besar sehingga dikala digunakan menghantarkan listrik maka lampu mulai menyala redup, sedangkan saat menggunakan materi tembaga yg memiliki nilai hambatan jenis yg kecil lampu tersebut menyala jelas.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa "kian besar nilai hambatan macam pada materi kawat penghantar, maka akan kian besar pula nilai hambatannya"

2. Pаnjаng kаwаt реnghаntаr

Perlu dikenali bahwa "semakin panjang kawat penghantar listrik, maka akan semakin besar pula nilai hambatannya"
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa panjang kawat penghantar listrik dapat menghipnotis hambatan listrik, sehingga saat dipasang kawat penghantar yang panjang maka menciptakan nyala lampu menjadi redup, namun saat kawat penghantar yg terpasang jaraknya pendek, lampu tersebut menyala jelas.

3. Luаѕ реnаmраng kаwаt

Perlu dimengerti juga bahwa "kian besar luas penampang kawat, maka akan kian kecil nilai hambatannya"
Pada gambar di atas menawarkan bahwa dikala menggunakan kawat penghantar berdiameter kecil maka mulai menciptakan lampu menyala redup, sedangkan bagi kawat penghantar yg berdiameter besar, lampu tersebut menyala jelas.

4. Suhu

Suhu mampu mensugesti nilai hambatan pada kawat penghantar. "semakin tinggi suhu pada kawat penghantar, maka akan kian besar nilai hambatannya"
Pada gambar di atas memamerkan bahwa saat suhu yg tinggi (panas) pada kawat penghantar, lampu menyala redup dan dikala suhunya rendah atau masuk akal (tak panas), lampu tersebut menyala jelas.

Dalam ilmu kelistrikan sendiri, kita lazimmengenal perumpamaan Hukum Ohm, yang berbunyi:

    “Bеѕаrаn аruѕ lіѕtrіk уаng mеngаlіr mеlаluі ѕuаtu реnghаntаr lіѕtrіk аkаn bеrbаndіng luruѕ dеngаn nіlаі tеgаngаnnуа dаn bеrbаndіng tеrbаlіk dеngаn tаhаnаn / kеndаlа (Ohm) .. Gеоrgе Sіmоn Ohm ...

Untuk mengetahui seberapa besar tahanan atau kendala yg dihasilkan dari penghantar listrik dalam suatu instalasi listrik, maka dipakai rumus selaku berikut,

Rumus mengetahui nilai tahanan kawat penghantar :





Keterangan:
R = Nilai Resistan / kendala dalam satuan Ohm (Ω)
ρ = Nilai kendala jenis materi penghantar dalam satuan Ohm meter (Ω mm²/m)
l = Panjang penghantar dalam satuan meter (m)
A = Luas penampang penghantar dalam satuan meter kuadrat (mm²)

Dari rumus diatas, dapat kami simpulkan bahwa:

Semakin besar nilai hambatan jenis ( ρ ) dari materi kawat penghantar, maka akan makin besar pula nilai hambatan penghantar tersebut.

Semakin panjang jarak suatu penghantar listrik yang terpasang, maka akan kian besar nilai kendala penghantar tersebut.

Semakin besar luas penampang suatu penghantar, maka akan makin kecil nilai hambatan penghantar tersebut.

Semakin tinggi suhu pada suatu penghantar, maka mulai semakin besar pula nilai hambatan penghantar tersebut.

Penghantar listrik memiliki peranan yg sungguh utama dalam setiap instalasi listrik, utamanya kabel listrik. Agar peralatan listrik kalian bisa bekerja dengan maksimal, maka arus listrik juga mesti bisa mengalir dengan optimal.

Oleh alasannya adalah itu, diharapkan penghantar listrik (kabel listrik) dengan luas penampang kawat yang besar atau dengan memilih bahan suatu penghantar listrik yg mempunyai kendala macam ( ρ ) yg kecil, serta mengamati faktor suhu dan panjang kawat penghantar semoga kabel listrik tersebut mampu mengalirkan arus listrik dengan baik.

Selain itu, penghantar listrik juga berperan penting untuk peralatan listrik yg menerapkan tata cara induksi magnetik mirip pada dinamo (motor listrik), tranformator (trafo), dan aneka macam peralatan induksi listrik yg yang lain.

Untuk sistem induksi magnetik nilai kendala penghantar listrik (kawat email) mesti disesuaikan dengan keperluan, dan dibutuhkan perkiraan bagi menyesuaikan arus dengan kendala. Fungsi kabel listrik adalah buat menghantar arus listrik sebab itulah penghantar listrik yang dibutuhkan harus mempunyai nilai tahanan sekecil mungkin supaya arus listrik bisa mengalir optimal.

Sedangkan fungsi peralatan induksi listrik ialah bagi mengatur arus listrik dengan nilai tertentu tergantung pada peralatan tersebut, sehingga nilai kendala penghantar listrik (kawat email) harus diubahsuaikan dengan kebutuhan arus listrik pada peralatan induksi listrik tersebut.

Demikianlah bagi artikel kali ini perihal faktor yg mensugesti besar kecilnya hambatan pada kawat penghantar listrik, biar berfaedah.

Post a Comment for "Faktor Yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Hambatan Pada Kawat Penghantar"