Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Akibat Korsleting Listrik Di Rumah Kita

Saat kami membaca suatu surat kabar ataupun sedang menonton berita pada televisi di rumah, seringkali kita mendengar terjadinya suatu kebakaran rumah yang lazimnya diakibatkan oleh korsleting listrik pada instalasi listrik rumah tersebut. Lalu benarkah kebakaran yg kerap terjadi di rumah-rumah itu diakibatkan oleh korsleting listrik?

Jawabannya ialah memang benar bahwa korsleting listrik bisa menjadikan kebakaran. Pada dasarnya ketika korsleting listrik tersebut terjadi, besarnya fatwa arus listrik pada suatu kabel penghantar listrik mulai sungguh besar sehingga yang hendak terjadi yakni kabel penghantar listrik tidak mampu lagi menahan besarnya pedoman arus listrik yg mengalir tersebut, hal ini memunculkan percikan api akibat dari lonjakan arus listrik yang sangat besar ini.

Korsleting listrik atau lazimdisebut dengan hubungan singkat (short circuit) adalah korelasi pendek arus listrik yang dimana aliran arus listrik tersebut mengalir dari kabel phase (konkret) menuju ke kabel netral (negatif) dengan nilai tahanan (kendala) yang sungguh kecil. Listrik yang terpasang di rumah kalian adalah listrik AC dengan tegangan 220Volt, dan secara keseluruhan biasanya memiliki 3 macam kabel sumber listrik yaitu kabel phase (aktual), netral (negatif) dan grounding (arde).

Yang disebut dengan tegangan 220 Volt yakni adanya perbedaan memiliki potensi antara kabel phase dan netral sebesar 220 Volt, sedangkan kabel grounding/arde berfungsi buat mencegah kelebihan tegangan akibat sambaran petir, dan proteksi kebocoran listrik, namun kabel grounding/arde ini jarang dipasang atau difungsikan.

Kesimpulannya yakni korsleting listrik terjadi bila kabel phase dan kabel netral terhubung secepatnya tanpa lewat tahanan (kendala) yg ada pada peralatan listrik semisal lampu, mesin cuci, lemari es, kipas angin, dan peralatan listrik yang yang lain, maka akan menghasilkan arus listrik yang sangat besar dan mulai mengakibatkan kabel terbakar dan terjadinya percikan api yg mampu menjadikan kebakaran.

Makara korsleting listrik memang bisa menjadikan kebakaran mirip yang kerap terjadi di rumah-rumah, kebakaran tersebut berawal dari suatu percikan api yang disebabkan oleh korsleting listrik. Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya kebakaran akhir korsleting listrik tersebut?

Cаrа Mеnсеgаh Kеbаkаrаn Akіbаt Lіѕtrіk
Iluѕtrаѕі kеbаkаrаn аkіbаt lіѕtrіk
Sebenarnya, kebakaran akhir persoalan kelistrikan yang kadang terjadi di rumah-rumah bukan hanya disebabkan karena adanya korsleting listrik atau relasi singkat (short circuit) saja, terdapat dua duduk perkara listrik yang lain yg bisa mengakibatkan timbulnya percikan api dan memiliki potensi mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Tentunya supaya kami mampu mencegah terjadinya kebakaran akhir adanya duduk masalah listrik di rumah kalian, maka kita mesti terlebih dulu mengetahui, hal apa saja yg menjadikan terjadinya percikan api pada instalasi listrik di rumah kalian.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kebakaran yang berasal dari listrik di rumah, serta cara mencegahnya.

1. Sаmbungаn Kаbеl Yаng Lоnggаr Atаu Kеndоr
Sоurсе іmаgеѕ : mаѕtеrѕаmurаіtесh.соm
Sambungan kabel yang longgar atau kendor mampu mengakibatkan terjadinya percikan api pada sambungan tersebut, seandainya hal ini dibiarkan maka bukan mustahil mulai mengakibatkan benda-benda yg gampang terbakar disekitarnya mulai ikut terbakar sehingga akan menimbulkan kebakaran. Cara mencegahnya merupakan dengan menentukan setiap sambungan-sambungan kabel instalasi listrik di rumah kami telah dipasang dengan baik dan besar lengan berkuasa, kami mampu melakukannya sendiri atau meminta teknisi listrik buat melaksanakan pemeriksaan secara terjadwal.

2. Tеrmіnаl Kаbеl Lоnggаr Atаu Ruѕаk
Sоurсе іmаgеѕ : mаnсееlесtrісаl.соm.аu
Hampir setiap peralatan listrik rumah tangga yg ada di rumah kita, mempunyai terminal kabel yg berbentuksekrup/baut tempat memasangkan kabel di dalamnya. Contohnya saja terminal kabel tersebut mampu kita temui pada MCB, saklar, fitting lampu, steker, stop kontak, dan yang lain sebagainya.

Jika kabel yg terpasang pada baut terminal tersebut longgar/kendur, maka hal ini bisa menimbulkan percikan api yang mampu menimbulkan kebakaran. Percikan api pada terminal kabel ini lazimnya mulai ditandai dengan keadaan terminal seperti gosong (berwarna kehitaman), dan suhu peralatan listrik juga lebih panas. Jika anda pernah mengalami keadaan tersebut lakukan pencegahan berikut semoga tidak terjadi kebakaran.

Cara mencegahnya yaitu dengan memutuskan baut terminal bagi mengencangkan kabel tersebut terpasang dengan baik dan kuat, bila keadaan terminal kabel telah rusak, maka secepatnya gantilah perlengkapan listrik tersebut dengan yg gres dan yang berkualitas pula.

3. Stор Kоntаk Dаn Stеkеr (Cоlоkаn) Lоnggаr/Ruѕаk
Sоurсе іmаgеѕ : www.іnѕtruсtаblеѕ.соm
Mungkin kalian semua pernah mengalami suatu peristiwa yang dimana pada dikala mencolokkan steker ke stop kontak, datang-datang keluar percikan api pada stop kontak tersebut, Hal ini disebabkan lantaran penjepit yang ada di dalam stop kontak tersebut sudah longgar/rusak atau bisa juga lantaran steker (colokan listrik). Cara mencegahnya yakni dengan menggunakan stop kontak yg anggun, pastikan buat secepatnya ganti stop kontak dengan yang gres, bila terdapat percikan api dikala stop kontak digunakan. stop kontak yg cantik biasanya terminal kawatnya berbahan kuningan jadi gunakanlah stop kontak dengan terminal berbahan kuningan.

Begitu juga dengan steker (colokan listrik). secepatnya ganti yg baru apabila terjadi percikan api. Selain itu, hindarilah penggunaan steker yg berlebihan pada satu stop kontak, jikalau memungkinkan usahakan menggunakan sesuatu stop kontak untuk sesuatu steker.

4. Ukurаn Kаbеl Tіdаk Sеѕuаі
Sоurсе іmаgеѕ : dоuthіtеlесtrісаl.соm
Jika kabel yg digunakan buat instalasi listrik terlalu kecil, maka akan penyebabkan terjadinya kebakaran, Karena dikala kabel yg ukurannya tidak sesuai tersebut dilalui arus listrik yang cukup besar yg melebihi batas kesanggupan kabel tersebut, maka yg mau terjadi ialah suhu kabel menjadi panas dan usang kelamaan akan menciptakan kabel meleleh dan terjadi percikan api/terbakar.

Cara mencegahnya ialah dengan memakai kabel yang ukurannya sesuai dengan nilai besar arus listrik yg kalian gunakan di rumah. Silahkan lihat spesifikasi kabel yang tertera, lazimnya telah disertakan atau ditulis pada isolator atau pembungkus kabelnya, pastikan sudah sesuai dengan nilai besar arus listrik yang digunakan pada rumah. Selain itu, pemilihan jenis kabel juga mesti disesuaikan dengan penggunaannya, seleksilah macam kabel yang tepat, buat instalasi di rumah bisa memakai jenis kabel NYM atau NYA.

5. Kаbеl Lіѕtrіk Ruѕаk
Sоurсе іmаgеѕ : www.drеаmѕtіmе.соm
Penggunaan kabel listrik yg telah kurang bagus/rusak contohnya isolasi kabel meleleh, koyak, terkelupas, terjepit atau isi kabel telah lama/lapuk/mengapur dan lain-lainnya, mampu berpotensi memunculkan terjadinya korsleting listrik.

Cara mencegahnya ialah dengan mengubah kabel yang gres kalau kabel sudah tampakrusak, banyak sambungan, koyak, terkelupas dan lain-lain. Pastikan memakai kabel yg mempunyai Baku SNI yg berkualitas sehingga tidak gampang patah, koyak atau lapuk.

6. Kоrѕlеtіng Lіѕtrіk
Sоurсе іmаgеѕ : dіаrу-оf-еlесtrіс.blоgѕроt.соm
Seperti yg sudah diterangkan diatas bahwa penyebab kebakaran yang paling sering yaitu alasannya disebabkan oleh korsleting listrik pada instalasi listrik di rumah kami, Korsleting ini mampu terjadi lantaran kabel fasa dan netral terhubung singkat atau peralatan listrik yang digunakan sudah rusak dan yang lain sebagainya.

Ada beberapa cara buat menghalangi kebakaran balasan korsleting listrik tersebut, antara lain sebagai berikut :
  • Lаkukаn реmеrіkѕааn kеаdааn MCB ѕесаrа bеrkаlа, ѕесераtnуа gаntі dеngаn уаng bаru араbіlа MCB ѕudаh ruѕаk.
  • Jіkа mеmungkіnkаn раѕаng MCB уаng lеbіh dаrі ѕаtu dеngаn dіраѕаng ѕесаrа bеrсаbаng аtаu bеrkеlоmроk, untuk реnjаgааn уаng lеbіh bаіk.
  • Gunаkаn MCB dеngаn ukurаn аtаu nіlаі bеѕаr аmреrе уаng сосоk.
  • Jаngаn ѕеmbаrаngаn mеnggаntі ukurаn MCB dеngаn уаng lеbіh bеѕаr.
  • Lеngkарі іnѕtаlаѕі lіѕtrіk аndа dеngаn реngаmаn kеbосоrаn lіѕtrіk аtаu ELCB, ріlіh ELCB dеngаn ѕеnѕіtіfіtу 300mA buаt рrоtеkѕі реrlеngkараn lіѕtrіk, ѕеrtа gunаkаn ELCB dеngаn ѕеnѕіtіvіtу 30mA buаt реrtоlоngаn іnѕаn dаrі ѕеngаtаn lіѕtrіk.
  • Jаngаn gunаkаn реrаlаtаn lіѕtrіk уаng tеlаh nуеtrum, ѕеgеrа реrbаіkі аtаu gаntі dеngаn уаng bаru, lаntаrаn реrаlаtаn lіѕtrіk уаng tеrаѕа nуеtrum, реrtаndа аdа kеbосоrаn lіѕtrіk уаng mаmрu mеmіlіkі роtеnѕі tеrjаdі kоrѕlеtіng lіѕtrіk.
  • Sеgеrа реrbаіkі араbіlа tеrdараt ѕuаtu kаbеl lіѕtrіk уаng аjаrаn lіѕtrіknуа bосоr kаrеnа іnі jugа mаmрu mеmbuаt kоrѕlеtіng lіѕtrіk.
  • Hіndаrkаn реmаѕаngаn іnѕtаlаѕі lіѕtrіk tеrѕеbut bеrdеkаtаn dеngаn bеndа-bеndа аtаu bаhаn-mаtеrі уаng mudаh tеrbаkаr.
Demikianlah dua penjelasan ihwal cara menghalangi kebakaran akibat korsleting listrik ini dan agar bisa berfaedah

Post a Comment for "Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran Akibat Korsleting Listrik Di Rumah Kita"