Penyebab MCB Turun (Listrik Padam) Ketika Menyalakan Pompa Air

Kondisi dimana MCB listrik pribadi turun dikala menyalakan mesin pompa air telah kadang terjadi, dan hal ini juga sudah sungguh familiar bagi didengar oleh pendengaran masyarakat luas pada umumnya yang mana mereka meng-istilahkannya dengan istilah "jeglek" (listrik padam secara tiba-datang lantaran MCB turun). Memang perumpamaan jeglek sendiri tak hanya terjadi pada unit mesin pompa air tetapi juga pada semua perangkat listrik yang lain sehingga istilah tersebut tidak jarang disebut-sebut atau diperbincangkan.
Sоurсе іmаgеѕ : еn.wіkіреdіа.оrg
Dalam perkara pompa air sendiri kami juga mengenal perumpamaan jeglek atau MCB yg turun ketika menyalakan mesin pompa air. Lalu mungkin anda mengajukan pertanyaan-tanya apakah bahu-membahu yg mengakibatkan listrik padam di saat pompa air tersebut dinyalakan?

Pada dasarnya MCB yang turun bisa disebabkan oleh adanya hubung singkat (konslet) pada bagian tertentu dari rangkaian kelistrikan rumah termasuk kabel instalasi dan perlengkapan rumah tangga yang digunakan. MCB bisa turun atau memadamkan sumber listrik ini membuktikan bahwa terdapat gangguan listrik pada mesin pompa air anda dan MCB bertugas mengamankannya dengan respon menetapkan aliran listrik secara keseluruhan.

Jika bicara soal penyebabnya maka ada dua kemungkinan yang bisa menjadi penyebab utama dari masalah turunnya MCB saat pompa air dinyalakan. Nah, berikut ini ialah dua penyebab yg mampu menciptakan MCB turun saat mesin pompa air dinyalakan.

Pеnуеbаb MCB Turun (Lіѕtrіk Pаdаm) Kеtіkа Mеnуаlаkаn Pоmра Aіr

1. MCB Turun Sеbаb Kеlеbіhаn Dауа

Jika anda punya banyak peralatan listrik dirumah maka seharusnya gunakan perlengkapan tersebut dengan teratur yakni setidaknya dengan menggunakannya secara bergantian khususnya buat anda yang mempunyai kalangan daya listrik tingkat rendah, tentu saja hal ini bermaksud supaya MCB listrik tidak turun (jeglek). Mesin pompa air sendiri termasuk sebagai perlengkapan listrik rumah yang berdaya besar dan jikalau alat ini digunakan bersama-sama dengan perlengkapan yang yang lain maka bisa saja listrik mulai segera padam jika daya yg terpakai telah melampaui batasan optimal dari MCB atau meteran listrik anda.

Kaprikornus, pastikanlah bahwa daya listrik yang terpakai pada seluruh peralatan listrik dirumah anda tergolong penggunaan pompa air telah cukup tidak melampaui batas misalnya jikalau MCB yg anda punya mempunyai batas maksimal 450 watt maka jangan pakai peralatan listrik sampai melampaui angka tersebut, untuk pompa air konvensional lazimnya menguras daya sebesar 125 watt hingga ada juga yang 200 watt sampai 300 keatas.

Apabila memang penyebabnya dari kelebihan daya listrik maka buat memastikannya akan sangat gampang yakni dengan cara membangkitkan mesin pompa airnya saja ketika semua peralatan listrik rumah dikondisikan dalam keadaan mati/off atau bisa juga dengan memakai alat ukur watt meter.

2. Tеrdараt Shоrt Cіrсuіt (Kоnѕlеt) Pаdа Kаbеl Mаuрun Dіnаmо

Jika sudah ditentukan tidak ada kelebihan daya listrik namun masih saja MCB turun (jeglek) dikala pompa air dinyalakan maka kemungkinan penyebabnya yakni karena disebabkan oleh konsleting listrik pada kabel maupun dinamo mesin pompa air. Short circuit atau dalam bahasa indonesia-nya disebut relasi pendek arus listrik (konslet) merupakan salah satu penyebab utama dari problem MCB yg turun (jeglek), kalau dalam kasus pompa air kemungkinan besar konsleting bisa terjadi pada kabel atau mesin pompa air-nya.

Untuk itu, periksalah pada pecahan kabel pompa air sepanjang jalur saklar hingga pada unit pompa air tidak ada konsleting antara kabel netral dengan kabel fasa, periksalah dengan seksama barangkali ada kabel yang sambungannya longgar atau terkelupas sehingga berpeluang membuat konsleting listrik.

Jika kondisi kabel sudah dinyatakan kondusif tanpa ada gangguan konsleting listrik, namun pompa air masih saja membuat MCB listrik padam maka kemungkinan besar penyebab yg lainnya adalah alasannya adalah konslet pada belahan dinamo pompa air itu sendiri. Dinamo yg sudah konslet intinya tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki secara biasa alasannya adalah mengenang kerusakan tersebut termasuk selaku kerusakan yang parah dan memerlukan perbaikan khusus yakni dengan rewinding atau menggulung ulang kawat dinamo-nya.

Dalam hal ini sayangnya anda tak bisa sedang apapun selain mempercayakan kepada ahlinya ialah jasa rewinding dinamo yang sudah lebih berkompeten tentunya untuk menanggulangi masalah kerusakan dinamo.

Baiklah mungkin cukup sekian lalu buat pembahasan ihwal penyebab MCB turun dikala pompa air dinyalakan, mudah-mudahan postingan ini mampu memberikan manfaat dan membantu duduk perkara anda. Jika ada yg ingin disampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.

Post a Comment for "Penyebab MCB Turun (Listrik Padam) Ketika Menyalakan Pompa Air"