Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Dan Berbau Gosong

Kerusakan pompa air yang mengeluarkan asap maupun juga ditandai dengan terciumnya bau gosong (anyir terbakar) seringkali terjadi pada para pengguna unit pompa air konvensional, pada umumnya dari mereka mungkin cukup familiar dengan mengganggap kerusakan tersebut sebagai tanda kerusakan pada komponen dinamo atau spulnya. Asumsi tersebut memang dibenarkan bahwa masalah keluarnya asap serta wangi gosong pada pompa air lazimnya ialah tanda kerusakan pada bagian dinamo yg terbakar.
Sоurсе іmаgеѕ : www.уоutubе.соm
Namun tahukah anda bahwa selain karena dinamo yang rusak atau terbakar, keluarnya asap atau bacin gosong mampu juga diakibatkan oleh banyak sekali hal lainnya seperti konsleting listrik pada instalasi kabel, kapasitor bocor atau rusak dan lain sebagainya.

Dalam penanganannya hal pertama yang mesti dilakukan jika pompa air mengeluarkan asap serta tercium bacin gosong yakni mematikan sumber listrik utamanya dikhususkan bagi pompa air tersebut. Dan setelahnya kalian bisa eksklusif kerjakan pemeriksaan secara keseluruhan baik pada instalasi kabel maupun unit pompa airnya untuk mengenali dimana letak duduk perkara atau kerusakannya.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menangani kerusakan ini, berikut aku berikan dua ulasan selengkapnya perihal cara menangani duduk perkara pompa air yg keluar asap serta amis gosong tersebut.

Mеngаtаѕі Kеruѕаkаn Pоmра Aіr Kеluаr Aѕар Dаn Bеrbаu Gоѕоng

1. Pеrіkѕа Jаlur Inѕtаlаѕі Kаbеl 

Langkah cara yg pertama saat menanggulangi duduk perkara pompa air keluar asap serta tercium bau gosong (amis terbakar) ialah dengan memeriksa kondisi jalur instalasi kabel sepanjang jalan sambungan kabel yg menuju pompa air, tentu saja sebelum melakukan hal ini tentukan bahwa listrik dalam kondisi sudah dimatikan. Umumnya problem keluarnya asap maupun anyir gosong tersebut didapati karena adanya konsleting listrik pada kepingan jalur kabel instalasinya, selain itu dibagian colokan atau saklar terkadang meleleh karena panas sehingga membuat terciumnya bacin gosong atau hangus.

Bagian terminal kabel yg kendor juga mempunyai potensi membuat percikan-percikan api hingga anyir gosong yang tercium. Makara, pastikanlah jalur instalasi kabel dalam kondisi yg kondusif tanpa ada konsleting serta sambungan yang kendor, jika menerima kabel yg terkelupas maka secepatnya lapisi dengan isolasi. Begitu juga dengan colokan listrik atau saklar bila anda menggunakannya maka segera ganti kalau telah meleleh atau rusak.

2. Kоndіѕі Kараѕіtоr Mеlеlеh (Ruѕаk)

Terkadang terciumnya busuk gosong pada pompa air bisa berasal dari unsur kapasitor. Kasus kapasitor bocor atau meleleh memang bisa terjadi dan pastinya akan ditandai langsung dengan wangi gosong atau hangus yang menyengat sewaktu pompa air anda dekati.

Makara, periksalah potongan kapasitor tersebut bila memang sudah rusak maka gantilah dengan yg baru. Umumnya setelah diganti kapasitornya unit pompa air lazimnya akan eksklusif bisa dipakai kembali namun hal ini juga tergantung pada keadaan dari mesin atau dinamonya.

3. Bеаrіng Sеrеt Atаu Mасеt

Selain karena disebabkan oleh dua hal diatas, penyebab keluarnya asap serta busuk gosong juga kadang diakibatkan karena kemacetan bearing, tertahannya laju mesin pompa air balasan bearing yang macet menciptakan dinamo overheating dan kesannya menyebabkan asap sesudah dua menit.

Tentu saja hal ini tidak baik buat kesehatan mesin dinamo pompa air anda, bahkan seandainya kemacetan bearing tersebut berlangsung tertahan begitu usang maka yang hendak terjadi yaitu dinamo mulai cepat terbakar. Makara, jika pompa air anda dalam kondisi macet total maka jangan main-main menghidupkannya kembali sebelum mesin pompa air betul-betul bisa berputar tanpa hambatan, sehingga dalam hal ini penggantian bearing sangatlah diharapkan.

Selain karena kerusakan fisik pada unsur bearing, kemacetan juga mampu disebabkan oleh posisi rotor yang tidak presisi pada rumah dinamo.

4. Dіnаmо Tеrbаkаr

Jika langkah diatas telah anda lalui dan ternyata tidak ada duduk perkara pada jalur kelistrikan kabel serta unsur kapasitor dan juga bearing maka bisa diputuskan bahwa keluarnya asap dan anyir gosong tersebut disebabkan oleh dinamo yang telah terbakar.

Memang pada dasarnya ganjalan terciumnya bacin gosong dan asap pada mesin pompa air sangat sering dan paling lazim disebabkan oleh gulungan dinamo pompa air yang terbakar, bila penggalan ini sudah rusak maka anda mesti menggulung ulang dinamo atau motor mesin pompa air tersebut. Mengingat perbaikannya yg tidak mampu dilaksanakan sendiri karena memang butuh kemampuan khusus maka anda bisa menggunakan jasa service rewinding yg telah mahir mengatasi dilema ini.

Bаіklаh mungkіn сukuр ѕеkіаn dаhulu buаt аrtіkеl kаlі іnі, mudаh-mudаhаn bіѕа bеrgunа dаn mеmbаntu mаѕаlаh аndа. Jіkа bеrkеnаn ѕіlаhkаn ѕhаrе аrtіkеl іnі аgаr dараt mеmbаntu оrаng lаіn уаng mungkіn jugа mеmеrlukаn реmbаhаѕаn mіrір іnі. Okе kаlаu аdа уаng реrlu dіtаnуаkаn ѕіlаhkаn gunаkаn kоtаk kоmеntаr dіbаwаh. TERIMAKASIH.........

Post a Comment for "Mengatasi Kerusakan Pompa Air Keluar Asap Dan Berbau Gosong"