Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer

Menerapkan logika dan algoritma komputer - Manusia adalah mahluk paling mulia sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia.

Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer

Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat).

1. Logika Komputer

Logika merupakan pengetahuan tentang kaidah berpikir berdasarkan rangkaian prinsip dan aturan. Logika pemrograman kemudian dapat diartikan sebagai serangkaian prinsip dan aturan yang dipakai manusia untuk menginstruksikan komputer melakukan tugas-tugas tertentu.

Memahami logika dan cara penerapannya dalam sebuah komputer adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang programmer dalam menjalankan tugasnya. Apa saja sih jenis-jenis logika pemrograman dasar yang bisa kamu pelajari mulai dari sekarang, antara lain:

a. Logika Kondisional
Saat mulai menulis sebuah kode, kamu pasti akan menjalankan berbagai jenis perintah dalam berbagai kondisi tertentu. Di saat seperti ini, logika kondisional adalah cara sederhana yang bisa digunakkan untuk mengecek kondisi spesifik dan menjalankan perintah berdasarkan kondisi tersebut.

Mari kita ambil contoh pernyataan kondisional dalam konteks kehidupan sehari-hari: “Jika alarm berbunyi, maka kita akan bangun dari tidur”

Ketika memulai belajar koding, kamu harus memberitahu komputer nilai manakah yang benar (TRUE) dan nilai manakah yang salah (FALSE). Dalam konteks ini, kita telah menentukan bahwa “alam berbunyi” adalah nilai benar dan “alam tidak berbunyi” adalah nilai salah.


Selepas komputer yang terprogram mengidentifikasikan bahwa nilai tersebut benar, maka komputer akan melakukan tindakan yang telah diinstruksikan, yaitu “bangun dari tidur”. Tetapi ketika diketahui bahwa nilai tersebut salah atau “alam tidak berbunyi”, maka komputer akan melakukan tindakan yang berbeda atau tidak melakukan tindakan apapun.

b. Logika Looping
Logika Looping digunakan untuk menjalankan kode atau instruksi yang sama berulang-ulang hingga kondisi terpenuhi atau jika kondisi stop/berhenti tercapai.Logika looping dapat dibagi menjadi dua kategori: Entry Controlled loops Loops yang kondisi pengujiannya diuji sebelum memasuki badan loop. Loop yang masuk kategori ini adalah Loop For dan Loop While.

Loop For digunakkan ketika jumlah iterasi diketahui sebelumnya, sedangkan Loop While digunakkan ketika jumlah iterasi yang tepat tidak diketahui tetapi kondisi penghentian loop diketahui. Exit Controlled Loops Loops yang kondisi pengujiannya diuji atau dievaluasi pada akhir badan loop. Loop Do/While adalah contoh Loop yang masuk kategori ini dan digunakan ketika ada kode yang perlu dieksekusi sedikitnya sekali.

c. Logika Fungsi
Bayangkan jika kamu diminta untuk menuliskan kode untuk menghitung luas persegi panjang. Jika ada tiga buah segitiga yang harus dihitung, mengulang kode tersebut sebanyak tiga kali mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi kenyataannya, koding digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks. Kamu tidak akan dihadapkan pada masalah perhitungan tiga persegi panjang melainkan 100 persegi panjang di saat yang bersamaan. Disinilah pemahaman logika fungsi dapat kamu digunakan.

d. Logika Operasional
Logika operasional merupakan logika yang menggunakkan operator, atau simbol/ kata untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi untuk menghasilkan sebuah ekspresi majemuk yang mengontrol aliran program. Operator aritmatika, perbandingan dan boolean adalah tiga operator yang paling sering digunakan dalam penulisan kode pemrograman.

Kembali manusia merupakan makhluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai makhluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis.

Moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku.

Namun, ketika manusia berpikir, kadang kala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimpulan yang salah (sesat).

Dalam setiap keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir logis. Berpikir logis merupakan berpikir dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.
Menerapkan logika dan algoritma komputer  Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer
Gambar 2.1 Berpikir Logis
Logika berasal dari kata λόγος (logos) yang bermakna hasil nalar yang diutarakan dalam kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat. Cabang filsafat yang lain adalah epistemologi, etika, dan estetika.

Dalam pembahasan ini, logika tidak dijelaskan secara rinci, hanya digunakan untuk mempelajari bernalar sebagai kecakapan hidup, berpikir secara lurus, tepat, runtut, dan teratur, yang merupakan penerapan logika dalam kehidupan keseharian.

Logika merupakan materi yang dipelajari sampai kapan pun bahkan ketika manusia menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Seseorang dapat mengungkapkan kebenaran berdasarkan penalaran logis.

Dengan disertai bukti-bukti yang ada, seseorang dapat menilai kebenaran pernyataan untuk akhirnya sampai pada pengambilan keputusan. Logika disebut juga sebagai alat untuk menjaga dari kesesatan bernalar. Seseorang membutuhkan kemahiran bernalar logis agar dapat menghasilkan kesimpulan yang benar.

Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.
  1. Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.
  2. Membuat daya pikir menjadi lebih tajam dan menjadikannya lebih berkembang.
  3. Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.
  4. Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.
Bagaimana dengan perbandingan otak kanan yang dominan lebih berwarna dan manusiawi, jika hanya lebih mengutamakan logika tanpa rasa? Layakkah siswa diajarkan seperti robot dengan program dan perintah tanpa rasa?

Dalam memberikan penjelasan, akankah lebih baik moderat dan digambarkan dengan baik? Cara kerja otak lebih nyata jika divisualisasikan. Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan. Kita dapat menggunakan alat ini setelah melakukan penalaran berdasarkan pernyataanpernyataan benar (premis) yang ada.

Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pola nalar deduktif dan induktif.

a. Deduktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus.
Contoh:
Umum Semua siswa SMK harus disiplin dan bertanggung jawab. Khusus Sandi adalah siswa SMK. Kesimpulan: Sandi harus disiplin dan bertanggung jawab.

b. Induktif
Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum.
Contoh:
Khusus Devi rajin belajar. Dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Yuda rajin belajar. Dia mendapat hasil yang memuaskan.
Khusus Tika rajin belajar. Dia mendapat hasil yang memuaskan.
Kesimpulan: Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Algoritma

Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”. Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik, dibutuhkan strategi atau langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara terbaik.

Contoh:
Dina adalah seorang siswa SMK kelas X. Setiap hari, dia pergi ke sekolah setelah melakukan sarapan. Pada suatu hari, ketika Dina akan sarapan, yang tersedia hanya nasi tanpa sayur dan lauk. Kemudian, terpikir oleh Dina untuk membuat tumis tauge tempe dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Siapkan tauge, tempe, cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan bahan lain yang diperlukan.
  2. Iris bawang merah, bawang putih, cabai, dan lengkuas.
  3. Panaskan minyak dan masukkan semua irisan bahan.
  4. Goreng tempe sebentar.
  5. Tambahkan tauge, kecap manis, garam, dan sedikit air.
  6. Aduk hingga semua bumbu meresap.
  7. Cicipi rasanya. Jika terdapat rasa yang kurang, tambahkan bumbu lain secukupnya.
  8. Tauge tumis siap dihidangkan.
Contoh di atas merupakan penyelesaian masalah dengan mengggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah yang dinamakan algoritma. Algoritma adalah serangkaian langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan.

Setiap hari, ketika seseorang melakukan aktivitas, dia akan memilih mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu, misalnya ketika bangun tidur, sarapan, bahkan ketika memakai pakaian di pagi hari. Algoritma yang baik merupakan tindakan yang benar dan masuk akal.
Terdapat berbagai bentuk cara untuk mengomunikasikan algoritma, antara lain menggunakan bagan alir, pseudo code, dan bahasa pemrograman. Bentuk algoritma yang mudah dibaca adalah menggunakan bagan alir.

3. Bagan Alir

a. Pengertian Flowchart / Bagan Alir
Pengertian Flowchart ( Bagan Alir ) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.Misal , sistem informasi perpustakaan, penggajian karyawan , sistem pergudangan dll.

b. Fungsi Bagan Alir
Bagan alir (flowchart) merupakan sebuah bagan yang menunjukkan aliran algoritma dan menampilkan langkah-langkah penyelesaian terhadap suatu masalah. Terdapat berbagai alasan bagi seseorang untuk menggunakan flowchart, antara lain sebagai berikut.
  1. Dokumentasi proses. Bagan alir dapat digunakan untuk mendokumentasikan proses menjadi lebih terorganisasi dengan baik.
  2. Petunjuk untuk memecahkan masalah. Runtutan langkah dari yang umum menuju ke khusus atau sebaliknya merupakan petunjuk pemecahan masalah yang digambarkan dengan bagan alir.
  3. Pemrograman. Bagan alir dapat digunakan untuk menggambarkan garis besar program yang akan dibuat. Bagan alir juga digunakan untuk merancang navigasi pengguna pada tampilan (user interface) aplikasi yang akan dibuat.
  4. Mengomunikasikan hal-hal yang prosedural.

c. Jenis Jenis Flowchart / Bagan Alir
Ada beberapa jenis — Jenis flowchart diantaranya:

1). System Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.

2). Document Flowchart
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

3). Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan.

Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir. Penggunaan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya.

4). Program Flowchart
Bagan alir program (program flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.

Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika.

Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir ini dipersiapkan oleh pemrogram.

5). Process Flowchart
Bagan alir proses (process flowchart) merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur.

b. Simbol Bagan Alir

Bagan alir tersusun dari berbagai simbol yang berbeda untuk mempresentasikan sebuah input, proses, maupun output yang berbeda. Berikut adalah berbagai simbol dan masing-masing kegunaannya.

1. Terminator

Simbol ini berfungsi untuk menandai awal dan akhir sebuah flowchart, dan terdiri dari dua label:
• Mulai (Start) untuk menandai awal flowchart, dan
• Akhir (End) untuk menandai akhir dari flowchart.

2. Proses (Process)

Simbol ini menyatakan proses yang dilaksanakan pada tahapan tertentu.

3. Keputusan (Decision)

Simbol ini digunakan untuk pengambilan keputusan terhadap suatu kondisi. Terdapat dua keadaan yang harus dipenuhi, yaitu:
• Ya (Yes) jika dalam pengambilan keputusan menghasilkan keadaan benar, atau;
• Tidak (No) jika pengambilan keputusan menghasilkan keadaan salah.

4. Subproses (Subprocess /Alternate process)

Simbol ini adalah simbol proses yang dapat dibuat menjadi lebih detail menjadi bagian-bagian proses (subproses) lainnya.

5. Dokumen (Document)

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan penggunaan dokumen yang terkait, misalnya berupa masukan atau hasil dari proses.

6. Data

Simbol ini menyatakan data tertentu yang terkait pada sebuah flowchart.

7.Pangkalan Data (Database)

Simbol ini menunjukkan pemakaian database pada sebuah flowchart.

8. Tampilan (Display)

Simbol yang menyatakan peralatan output, misalnya layar tv.

9. Kartu (Punched card)

Simbol yang menyatakan kartu, dapat digunakan untuk masukan dan keluaran.

10. Penunjuk alir (Flow direction)

Simbol ini digunakan untuk menghubungkan setiap langkah dalam flowchart, dan menunjukkan ke mana arah aliran diagram.

11. Masukan manual (Manual input).

Simbol ini merepresentasikan masukan yang dapat dilihat secara manual.

12. Operasi manual (Manual operation)

Simbol ini merepresentasikan operasi yang dapat dilihat secara manual.

13. Persiapan (Preparation)

Simbol merepresentasikan persiapan yang dapat dilakukan sebelum menuju ke langkah berikutnya.

14. Connector/ On-page reference
Simbol konektor digunakan untuk menghubungkan suatu langkah dan langkah lain dalam sebuah flowchart. Terdiri dari:
• On-page digunakan sebagai titik awal penghubung suatu langkah (biasanya pada halaman yang sama);
• Off-page digunakan sebagai titik temu penghubung suatu langkah (dari on-page, dan biasanya terdapat pada halaman yang berbeda).

15. Off-page connector/Off-page reference

16. Simbol Anotasi

Simbol ini merepresentasikan informasi deskriptif tambahan, komentar atau catatan penjelasan.

Contoh berangkat ke sekolah
Berangkat sekolah merupakan aktivitas harian siswa SMK. Terdapat berbagai langkah yang dapat dipersiapkan sebelum berangkat hingga sampai ke sekolah. Kegiatan tersebut dapat dibuatkan menjadi salah satu bagan alir seperti berikut.
Gambar 2.2 Contoh bagan alir berangkat ke sekolah

Proses mandi, sarapan, dan berangkat ke sekolah merupakan salah satu contoh subproses yang dapat dibagi lagi menjadi proses-proses lainnya. Masing-masing akan dijelaskan melalui algoritma sebagai berikut.

Contoh algoritma ketika mandi
Secara umum, algoritma yang digunakan adalah sebagai berikut.
  1. Siapkan peralatan mandi, misalnya handuk, pakaian ganti, sabun, dll.
  2. Setelah semua siap, masuklah ke kamar mandi.
  3. Lepaskan baju.
  4. Siramkan air ke seluruh anggota badan.
  5. Gunakan sabun, sampo.
  6. Bilas badan dengan air.
  7. Gosok gigi.
  8. Gunakan handuk untuk mengeringkan seluruh tubuh.
  9. Pakailah baju ganti.
  10. Keluar kamar mandi.
Maka, akan didapatkan subproses mandi sebagai berikut.
Gambar 2.3 Contoh bagan alir proses mandi

Contoh algoritma ketika sarapan
Sarapan adalah salah satu hal penting yang dapat siswa lakukan sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan akan memberikan nutrisi pada otak yang akan membantu mempermudah menerima pelajaran. Oleh karena itu, biasanya siswa yang mempunyai kebiasaan sarapan akan mempunyai prestasi lebih baik daripada siswa yang tidak sarapan.

Pada pembahasan berikut, penjelasan terkait sarapan akan membantu memahami bagan alir penggunaan algoritma.
  1. Lihatlah makanan pada meja makan, tersedia atau tidak?
  2. Jika tersedia, sarapan dapat dimulai. Jika tidak, ingin membuat atau membeli sarapan.
  3. Periksa apakah tersedia bahan makanan yang dapat dimasak jika ingin membuat sarapan.
Hasil bagan alir dari algoritma di atas adalah sebagai berikut .
Gambar 2.4 Contoh bagan alir sarapan

Contoh algoritma ketika berangkat ke sekolah
Setelah madi dan sarapan, biasanya siswa akan langsung berangkat ke sekolah.
Terdapat berbagai sarana transportasi yang dapat digunakan, misalnya menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Kali ini, kendaraan yang akan digunakan sebagai trasnportasi utama adalah sepeda, dengan asumsi lebih murah dan menyehatkan. Algoritma pemakaian sepeda adalah sebagai berikut.
  1. Periksa apakah sepeda dalam keadaan baik?
  2. Jika tidak dalam keadaan baik (diasumsikan sepeda bocor dan memerlukan waktu yang lama untuk menambalnya), naiklah angkot.
  3. Pilihan lain yang dapat digunakan adalah naik ojek.
  4. Jika tidak ada, dapat menggunakan pilihan lainnya selain naik sepeda, naik angkot, atau naik ojek.
Misalnya, berangkat bersama teman, bersama orang tua, atau jalan kaki jika memungkinkan. Akan dihasilkan bagan alir sebagai berikut.
Gambar 2.5 Contoh bagan alir pergi ke sekolah

Contoh algoritma membuat kue cokelat
Membuat kue memerlukan bahan dan pengalaman agar hasilnya cocok dengan lidah. Berikut ini adalah algoritma dalam membuat karim.
  1. Siapkan peralatan seperti adonan, oven, pengocok telur, dll.
  2. Sediakan bahan seperti tepung terigu, margarine, cokelat bubuk, gula halus, telur, dan chococips.
  3. Tentukan komposisi bahan sesuai resep, yaitu: terigu = 175 gr; margarin = 150 gr; cokelat bubuk = 25 gr; gula halus = 100 gr; kuning telur = 1 buah; dan chocochips secukupnya.
  4. Kocok margarin dan gula halus hingga lembut. Masukkan kuning telur, kocok rata.
  5. Ayak terigu & cokelat bubuk, lalu masukkan ke adonan, aduk hingga rata.
  6. Masukkan dalam plastik segitiga, semprot pada loyang yg telah dioles margarin, semprot bentuk bulat, lalu pipihkan dengan punggung sendok plastik.
  7. Taburi chocochips, panggang hingga matang.
  8. Angkat kue dan hidangkan.
Bagan alir yang dapat dibuat dari algoritma di atas adalah sebagai berikut.
Gambar 2.6 Contoh algoritma membuat kue

Contoh Algoritma Berobat ke Puskesmas
Ketika berobat ke puskesmas, sering dijumpai berbagai proses mulai dari pendaftaran, pemeriksaan tekanan darah, hingga mendapatkan obat.

Jarang yang menyadari bahwa hal tersebut adalah salah satu contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, untuk membuat bagan alir adalah dengan cara menentukan alur pelayanan puskesmas sebagai berikut. 

Pada contoh ini, proses pergerakan pasien dan tempat dibedakan agar mudah dipahami.
  1. Pasien datang ke puskesmas.
  2. Pasien darurat atau pasien yang akan melahirkan langsung masuk ke unit gawat darurat atau ruang bersalin. Kerabat pasien dapat mendaftarkan ke loket pendaftaran setelah pasien dilayani. Setelah mendapat tindakan, pasien akan dilihat kondisinya, apakah dapat pulang (rawat jalan) atau harus dirawat terlebih dahulu di puskesmas (rawat inap). Apabila puskesmas tidak mampu melayani pasien dikarenakan terbatasnya fasilitas atau tenaga medis, pasien akan dirujuk ke rumah sakit.
  3. Pasien yang tidak darurat akan menggambil nomor antrian dan menunggu hingga dipanggil oleh petugas pendaftaran.
  4. Pasien dipanggil petugas sesuai nomor urut pada loket pendaftaran (pasien Lansia akan mendapatkan pelayanan khusus). Pasien akan ditanya apakah sudah terdaftar sebagai pasien atau belum. Jika belum, dia akan dibuatkan terlebih dahulu nomor rekam medisnya. Pasien lama atau pasien asuransi dapat menyerahkan kartu pasien atau kartu asuransi yang dimilikinya.
  5. Pasien diminta menuju ke poliklinik tujuan. Petugas akan mencari rekam medis pasien untuk diberikan kepada poliklinik rawat jalan tempat pasien ingin berobat.
  6. Pasien akan dipanggil oleh petugas atau perawat.
  7. Pasien diperiksa (diagnosis), dicatat anamnesis, diberikan tindakan medis jika diperlukan, dan diberikan resep obat. Jika pasien membutuhkan tindakan medis yang tidak tersedia di puskesmas, pasien akan dirujuk ke rumah sakit.
  8. Pasien keluar dari ruang pemeriksaan dan menuju ke kasir pembayaran jika pasien diberikan tindakan medis. Kemudian, pasien menuju apotik.
  9. Pasien dipanggil lagi untuk menerima obat.
  10. Pasien pulang.
Bagan alir yang dapat dibuat dari algoritma di atas adalah sebagai berikut.
Gambar 2.7 Contoh bagan alir berobat di puskesmas

Contoh Algoritma Sistem Lampu Lalu Lintas 3 Arah
Perlintasan jalan yang banyak dilalui orang biasanya dipasang lampu lalu lintas. Lampu ini akan menggendalikan arus lalu lintas, misalnya dengan mengatur pejalan kaki dan kendaraan yang akan lewat secara bergantian, tanpa mengganggu arus yang ada.

Pengaturannya dilakukan dengan menggunakan warna lampu yang diakui secara universal, yaitu:
  • Warna Merah, menandakan bahaya, dan digunakan sebagai tanda berhenti
  • Warna Kuning, digunakan sebagai tanda hati-hati.
  • Warna Hijau, digunakan sebagai tanda dapat berjalan.
Berdasarkan arah lintasannya, terdapat beberapa arah yang dapat diatur pada lampu lalu lintas, sebagai contoh untuk 3 (tiga) arah, 4 (empat) arah, dsb.

Berdasarkan pola dan urutannya, terdapat dua jenis yang sering kita jumpai di Indonesia, yaitu boleh atau tidaknya bergerak ke kiri ketika sedang berhenti.
Perhatikan gambar berikut.
Gambar 2.8 Contoh pola arus lalu lintas
Pada contoh ini, akan dibuatkan algoritma lampu lalu lintas untuk 3 arah, yang tidak diperbolehkan bergerak ke kiri ketika sedang berhenti. Selanjutnya, ditetapkan kondisi kendaraan berjalan yang menggunakan pengaturan secara berurutan dari Lampu 1 (L1), Lampu 2 (L2), kemudian Lampu 3 (L3).
Gambar 2.9 Contoh rambu lalu lintas 1
Algoritma untuk gambar di atas adalah sebagai berikut.
  1. Inisialisasi variabel dan fungsi lampu lalu lintas.
  2. Tentukan waktu tampil setiap lampu, misalnya warna Hijau (H) tampil dengan timer (t) selama 3 detik, warna Kuning (K) tampil selama 2 detik, dan warna Merah (M) tampil selama 10 detik.
  3. Aktifkan warna Hijau pada L1, timer Hijau L1 (tHL1) akan menghitung mundur dan kendaraan dapat berjalan. L2 dan L3 ditetapkan warna Merah agar kendaraan berhenti.
  4. Pada saat tHL1 = 0, warna Kuning pada L1 akan aktif, timer Kuning L1 (tKL1) akan menghitung mundur dan kendaraan harus berhati-hati sebelum diberhentikan. L2 dan L3 masih Merah.
  5. Pada saat tKL1 = 0, sistem akan memberhentikan L1 dengan cara mengaktifkan warna Merah dan menyalakan timer Merah L1 (tML1). Selanjutnya, L2 dapat berjalan karena lampu Hijau diaktifkan, tHL2 menghitung mundur. L3 dalam kondisi masih Merah.
  6. Timer akan terus menghitung waktu mundur dari L1, L2, L3, kembali ke L1, dst.
  7. Sistem akan mengktifkan warna Kuning pada L2, L1 dan L3 pada posisi warna Merah.
  8. Sistem mengaktifkan warna Hijau pada L3, L1 dan L3 berubah ke warna Merah. Untuk mempermudah memahami algoritma di atas, dapat membuatnya dalam bentuk diagram waktu pada lampu rambu lalu lintas. Diagram waktu akan menggambarkan kondisi setiap lampu ketika menyala secara bergantian.
Gambar 2.10 Skema diagram waktu lampu rambu lalu lintas 1
Berikut adalah bagan alir representasi dari algoritma lampu lalu lintas 3 arah.
Gambar 2.11 Contoh bagan alir lampu rambu lalu lintas 1
Bagaimanakah jika lampu lalu lintas dengan empat (4) arah berikut? Tentukanlah
  1. 1. Algoritma,
  2. 2. diagram waktu,
  3. 3. bagan alir.
Gambar 2.12 Contoh Rambu Lalu Lintas 2
Selain dalam bentuk flowchart, pemvisualan algoritma dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya membuat suatu program komputer berupa permainan animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Jika ingin memvisualkan algoritma menggunakan perangkat lunak animasi 3 Dimensi, silakan menggunakan software Alice atau sejenis.

Demikian materi menerapkan logika dan algoritma komputer kelas X SMK. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Menerapkan Logika dan Algoritma Komputer"