Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengendalian Kontaminasi Otomotif, Pengertian, Macam, Cara, dan Contoh

Pengendalian Kontaminasi - Di dunia industri terhitung otomotif banyak hasilkan sampah atau kontaminan. Oleh karenanya beragam sampah atau kontamina itu harus bisa dikontrol supaya tidak mengakibatkan kontaminasi. Kontaminasi ialah satu keadaan di mana terjadi pencampuran pada sesuatu elemen lain yang hendak memberinya dampak jelek tertentu.

Dalam industri otomotif banyak manghasilkan kontaminan. Beragam tipe kontaminan ini dikelompokkan lewat beragam hal seperti wujud dan karakternya. Sebagai contoh penggolongan tipe kontaminan ini ialah kontaminan cair, kontaminan padat, kontaminan gas, dan kontaminan B3.

Pengendalian Kontaminasi, Pengertian, Macam, Cara, dan Contoh

Jika beragam kontaminan itu tidak bisa dikontrol maka memberinya dampak jelek untuk lingkungan dan makhluk hidup. Sebagai contoh saja pemakaian CFC pada mekanisme AC kendaraan yang bisa mengakibatkan global warming. Oleh karenanya perlu pengendalian kontaminasi supaya beragam kontaminan itu tidak menghancurkan lingkungan dan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Karena itu tiap pebisnis tentu saja perlu pikirkan bagaimanakah cara pengendalian kontaminasi yang akurat. Ini karena tiap tipe kontaminan mempunyai pengatasan yang berbeda supaya tidak ada proses kontaminasi.

Lantas apa sebetulnya pemahaman pengendalian kontaminasi? Apa tipe tipe kontaminan? Bagaimanakah cara pengendalian kontaminasi? Apa contoh kontaminan dalam sektor otomotif? Semua hal itu akan diulas pada artikel di bawah ini.

Apa Pengertian Pengendalian Kontaminasi ya?

Kontaminasi ialah satu keadaan di mana terjadi pencampuran atau pencemaran pada sesuatu elemen yang lain memberinya dampak tertentu (jelek). Elemen yang bisa mengakibatkan kontaminasi benar-benar bermacam dimulai dari benda, hewan, atau berupa padat atau cair.

Karena karakter yang beresiko karena itu kontaminan perlu dikontrol supaya tidak menambah atau mencemar zat atau elemen lain hingga bisa mencelakakan makhluk hidup khususnya manusia . Maka pengendalian kontaminasi ialah satu langkah untuk menahan berlangsungnya pencampuran atau pencemaran pada elemen yang lain bisa memberinya dampak jelek baik periode pendek atau periode panjang.

Macam-macam Kontaminan di bengkel Otomotif

Ada banyak penggolongan tipe kontaminan. Untuk memperjelasnya berikut sebagai ulasan berkenaan macam-macam kontaminan di bengkel otomotif.
  • Kontaminan Cair sebagai kontaminan yang berupa cair seperti sampah cairan pencuci, dan lain-lain.

Pengendalian Kontaminasi, Pengertian, Macam, Cara, dan Contoh
Limbah Cair
  • Kontaminan Padat merupakan kontaminan yang berbentuk padat seperti sisa-sisa kabel, plastik, semen, dan lain sebagainya.
    macam macam kontaminan
    Limbah Padat
  • Kontaminan Gas merupakan kontaminan yang berbentuk gas seperti gas monoksida, gas karbondioksida, cfc, dan lain sebagainya.
    macam macam kontaminan
    limbah Gas
  • Kontaminan B3 merupakan kontaminan dari bahan-bahan kimia berbahaya sehingga memerlukan penanganan khusus seperti oli, minyak rem dan lain sebagainya.
    macam macam kontaminan
    Limbah B3

Berikut Cara Pengendalian Kontaminasi

Dalam pengendalian kontaminasi disamakan dengan tipe kontaminan tersebut. Maknanya tiap tipe kontaminan mempunyai langkah pengatasan atau pengendalian yang berbeda. Untuk memperjelasnya berikut ulasan berkenaan langkah pengendalian kontaminasi.
  • Pengatasan Kontaminan Cair lewat proses pemrosesan primer (filtrasi, pemrosesan awalnya, endapan, pengapungan) , pemrosesan sekunder dengan mikroorganisme, desinfeksi, dan pengendapan lumpur.
  • Pengatasan kontaminan padat bisa lewat proses penumpukan terbuka, sanitary landfill (lubang yang dilapis plastik), membuat kompos padat, dan daur ulangi.
  • Penangan kontaminan gas bisa lewat kontrol emisi, hilangkan materi partikulat.
  • Pengatasan kontaminan B3 lewat pengatasan khusus seperti sumur injeksi, kolam penyimpanan, dan aplikasi pengetahuan fisika biologi dan kimia.

Beberapa Contoh Kontaminan Yang Ada Di Bengkel Otomotif

Ada beragam contoh kontaminan yang kerap diketemukan pada bengkel otomotif. Berikut sebagai contoh kontaminan yang berada di bengkel otomotif.
  • Gas H2SO4 yang disebut hasil elektrolisis aki di saat pengisian atau pengosongan. Ini bisa dijumpai dari berbau menusuk asam sulfat. Oleh karenanya dibutuhkan ruang khusus yang dipakai untuk proses pengisian accu dan ruang itu mempunyai sirkulasi yang bagus. Selainnya beresiko untuk kesehatan, gas H2SO4 bisa memacu ledakan jika terserang sumber panas atau api.
  • Gas buang dari kendaraan motor mempunyai beragam elemen yang bisa berbahaya untuk kesehatan seperti karbonmonoksida, karbondioksida, hidrokarbon, dan partikel yang lain. Oleh karenanya, sebuah workshop atau bengkel harus mempunyai sirkulasi yang bagus supaya beragam partikel itu tidak meracuni manusia disekelilingnya.
  • Kontaminan Cair seperti uap bensin, cairan pencuci, dan lain-lain. Oleh karenanya pada proses perawatan dibutuhkan beragam alat keselamatan seperti masker untuk menahan berlangsungnya keracuna karena beragam kontaminan cairan.
  • Sampah B3 atau sampah beresiko seperti oli dan beberapa zat yang lain memiliki kandungan beberapa bahan beresiko. Sampah beresiko itu dibutuhkan pengendalian khusus supaya tidak mencemarkan lingkungan. Limbah-limbah itu umumnya dimuat lebih dulu selanjutnya dikirimkan ke arah tempat tempat penampungan untuk didaur ulangi.
Nah, seperti itulah pembahasan contoh-contoh pengendalian kontaminasi di bagian otomotif. Selain itu juga ada beberapa macam kontaminan, langkah pengendalian kontaminan, dan contoh kontaminan yang berada di sektor otomotif.

3 comments for "Pengendalian Kontaminasi Otomotif, Pengertian, Macam, Cara, dan Contoh"

Sanggom Monalisa Hutabarat April 04, 2022 Delete Comment
Thhhhd dhsh dan KK dan 776
Anonymous May 04, 2022 Delete Comment
Jehdh
Bintannews May 04, 2022 Delete Comment
Aku coba iya