Jobsheet Mengidentifikasi Kelebihan Obeng Ketok (Impact Driver)

Penggunaan obeng ketok terbilang penting saat bekerja memperbaiki kendaraan, baik itu bagian engine, sasis maupun kelistrikannya.

Jobsheet Mengidentifikasi Kelebihan Obeng Ketok (Impact Driver)

Obeng ketok sangat dikenal memiliki banyak nama saat digunakan di bengkel, beberapa menyebutnya dengan sebutan obeng gedor dan sebagina pula yang menyebutnya dengan sebutan obeng pukul. Obeng ketok memiliki nama teknik yang disebut dengan Impact driver.

Obeng ketok memiliki bentuk seperti selongsong yang terbuat dari bahan logam dengan bobot yang cukup berat. Dibagian dalamnya terdapat mekanisme penggerak yang akan menghasilkan gaya rotasi (berputar) dan sangat kuat ketika bagian belakangnya dipukul dengan palu.

Teori Singkat

Pada bagian depan obeng ketok ini terdapat sebuah socket khusus sehingga mata obeng getok bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Ya, obeng ketok memiliki beberapa model mata obeng ketok, namun umumnya disediakan dua macam plus dan minus.

Fungsi Obeng Ketok

Obeng ketok atau Impact driver adalah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan kekencangan yang lebih.Diaplikasikan dengan cara metutar gagang obeng kearah mengencangkan atau mengendorkan kemudian menahan dengan tetap menekan, selanjutnya ujung gagang obeng dipukul dengan palu.

Obeng‌ ‌ketok‌ ‌‌memiliki‌ ‌fungsi‌ ‌seperti‌ ‌palu,‌ ‌pada‌ ‌saat‌ ‌berputar‌ ‌di‌ ‌waktu‌ ‌yang‌ ‌bersamaan‌ ‌juga‌ ‌memberikan‌ ‌daya‌ ‌tekan‌ ‌pada‌ ‌objek‌ ‌target.‌ ‌Daya‌ ‌tekan‌ ‌yang‌ ‌dihasilkan‌ ‌bahkan‌ ‌sampai‌ ‌2000-3000‌ ‌bpm‌ ‌setiap‌ ‌menit,‌ ‌sangat‌ ‌berguna‌ ‌jika‌ ‌Anda‌ ‌ingin‌ ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌atau‌ ‌membuat‌ ‌lubang‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌yang‌ ‌keras.‌ 

Malahan juga‌ ‌dapat dimanfaatkan untuk‌ ‌mengencangkan‌ ‌‌coarse‌ ‌thread‌ ‌(salah‌ ‌satu‌ ‌jenis‌ ‌sekrup‌ ‌yang‌ ‌cocok‌ ‌digunakan‌ ‌pada‌ ‌material‌ ‌kayu)‌ ‌dengan‌ ‌ukuran‌ ‌60mm‌ ‌yang‌ ‌digunakan‌ ‌untuk‌ ‌material‌ ‌2x4‌ ‌inci‌ ‌(5,08x10,16cm)‌,‌ ‌Biasa‌ ‌digunakan‌ ‌untuk‌ ‌membuat‌ ‌dek‌ ‌kayu‌ ‌dan‌ ‌mengerjakan‌ ‌berbagai‌ ‌pekerjaan‌ ‌kayu.‌ ‌Dan‌ ‌bisa‌ ‌digunakan‌ ‌di‌ ‌lokasi‌ ‌konstruksi,‌ ‌bisa‌ ‌juga‌ ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌interior.‌

Biasanya obeng ketok tidak memiliki kabel, tetapi ada juga yang memiliki kabel. Karena memiliki one touch chuck (kepala bor), sehingga bisa dipakai tanpa menggunakan peralatan chuck yang beragam. Terdapat banyak jenis yang dijual yang bisa berputar secara terus-menerus tanpa merubah kecepatan perputarannya. Alat ini tidak hanya bisa digunakan untuk sekrup saja, tapi juga bisa digunakan untuk baut dan mur.

Alat Dan Bahan

Mata obeng dapat diganti-ganti sesuai ukuran yang pas dengan kepala sekrup. Berikut ini peralatan yang diperlukan pada jobsheet mengidentifikasi kelebihan obeng ketok (Impact Driver) kali ini, antara lain:
  1. Obeng Ketok 1 set
  2. Obeng biasa
  3. Bor tangan yang punya mode beton
  4. Kunci Socket (yang kecil)
  5. Palu

Keselamatan Kerja:

  1. Saat bekerja harus mengutamakan keselamatan diri maupun benda kerja.
  2. Gunakan alat dengan penuh tanggung jawab
  3. Pastikan mata obeng masuk dengan tegak lurus terhadap sekrup
  4. Pegang obeng ketok dengan erat
  5. Pukul hanya pada bagian handel obeng saja (sudah disediakan)

Langkah Kerja

A. Cara Menggunakan Obeng Ketok


Untuk menggunakan obeng ketok ini sebenarnya sangat mudah, perhatikan langkah-langkah menggunakan obeng ketok seperti dibawah berikut :
  • Pilih mata obeng ketok yang pas dan sesuai.


Langkah pertama adalah pasang mata obeng ketok sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk membuka sekrup dengan mata plus, maka gunakan mata obeng ketok dengan ujung yang berbentuk plus, begitu pula untuk model yang lainnya. Namun, tetap pastikan agar mata obeng ketok yang digunakan pas (tidak kendor). Menggunakan mata obeng ketok yang tidak sesuai bisa merusak sekrup yang akan dibuka.

  • Letakkan obeng ketok tegak lurus terhadap sekrup
Pasang obeng ketok dan masukkan mata obeng ketok ke kepala sekrup yang akan dikerjakan. Posisikan obeng ketok dan matanya tegak lurus terhadap sekrup tersebut.

  • Arahkan obeng ketok sesuai putaran yang dinginkan
Setelah obeng ketok dan matanya tertancap di sekrup, langkah selanjutnya adalah putar obeng ketok sesuai dengan arah yang di inginkan. Seperti misalnya kita ingin membuka sekrup tersebut, maka putar obeng ketok ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam (arah putaran ke kiri). Jika ingin mengencangkan sekrup, maka putar obeng ketok ke arah yang searah dengan jarum jam (arah putaran ke kanan).

a. Melepas Sekrup

Untuk mengendurkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikendurkan sambil agak memutarnya ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup bisa dikeluarkan dengan mudah dari tempatnya.

b. Memasang Skrup

Sementara untuk mengencangkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng searah jarum jam sampai baut atau sekrup tidak bisa diputar dengan tangan tanpa bantuan (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikencangkan sambil agak memutarnya searah jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup terpasang dengan benar dan pas sesuai torsinya.

  • Pegang dan tekan dengan erat posisi obeng ketok dan pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu
Setelah posisi obeng ketok sudah pas, tahan posisi obeng ketok sambil menekannya kebawah. Selanjutnya pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu hingga bagian mata obeng ketok dan sekrup bergerak dan berputar dengan sendirinya sesuai arah yang sudah kita inginkan.

B. Cara Menggunakan Obeng Biasa

Gunakan obeng untuk melepaskan pengencang-pengencang seperti skrup self tapping. Pilihlah obeng yang cocok dengan skrup yang akan anda pasang, Slotted atau Phillips. Gunakan obeng standar untuk melepaskan dan memasang skrup kepala bercelah (slotted). Gunakan obeng Phillips untuk melapaskan dan memasang skrup-skrup celah kembang

Bagian-bagian Obeng

Pilihlah ukuran obeng yang tepat dengan celah skrup. Obeng yang terlalu kecil dapat terpuntir dan merusak ujungnya, dan memungkinkan merusak kepala skrup. Obeng yang terlalu besar tidak akan pas pada celah skrup dan dapat terlepas pada waktu diputar.

Penggunaan Obeng Standard :
  1. Pilihlah obeng dengan ukuran yang sesuai dengan skrupnya. 
  2. Tahan mata obeng dengan satu tangan dan arahkan ujungnya pada celah dengan tangan lainnya. Peganglah obeng pada posisi tegak lurus dengan skrup. 
  3. Putarlah obeng kuat dan mantap untuk melapaskan skrup 
Tahan obeng dengan kedua tangan sampai tidak akan slip

Penggunaan Obeng Phillips :
  1. Bersihkan setiap debu yang mungkin terdapat pada recess dengan sebatang kawat bila memungkinkan. 
  2. Piilihlah obeng yang memungkinkan ujungnya pas sepenuhnya pada recess. 
  3. Tahan batang obeng dengan satu tangan dan arahkan ujungnya dengan tangan lainnya. 
  4. Peganglah obeng tegak lurus ke skrup untuk mencegah recessnya rusak. Berikan tekanan yang lebih besar bila menggunakan obeng standard
Mata obeng wajib terpasang penuh pada sekrup

Keamanan (Obeng Phillips dan Standard) :
  1. Hanya gunakan obeng dengan mata pisaunya yang sesuai ukurannya dengan celah skrup. 
  2. Jangan gunakan obeng yang gagangnya belah, atau mata pisaunya tumpul atau rusak. 
  3. Jauhkan tangan anda dari mata pisaunya bila menggunakan obeng.
  4. Jangan pernah menggunakan obeng sebagai palu, pahat atau pengungkit. Jangan gunakan obeng yang pegangannya atau mata pisaunya terlumuri gemuk atau oli

Pemeliharaan :
  1. Jagalah agar obeng tetap bersih, gunakan lap untuk membersihkan oli atau gemuk dari pegangannya atau mata pisaunya. 
  2. Buanglah obeng yang pegangannya patah atau ujungnya rusak. Simpanlah obeng di dalam lemari, kotak alat atau gantungan dinding.

C. Cara Menggunakan Bor menjadi Obeng Ketok

  1. Persiapkan alat-alatnya terlebih dahulu, yaitu mesin bor bolak-balik dan kunci 8mm yang didesain bisa dipasang pada bor tangan.
  2. Pasang mata bor khusus baut kedalam chuck bor tangan 
  3. Buat akses menuju baut atau sekrup yang akan dilepas, bila ada yang menggangu sobat bisa lepas dulu, hingga bor bisa mengaksesnya dan tegak lurus.
  4. Lalu arahkan kunci socket uk. 8mm tadi ke baut yang akan dilepas
  5. Pastikan menggunakan mode Beton (palu) pada bor
  6. Pastikan arah putaran bor adalah melepas baut, berlawanan arah jarum jam.

Kesimpulan

Berdasarkan proses mengidentifikasi kelebihan obeng ketok tersebut diatas, sobat tentu sudah mengalaminya. Dengan demikian, tentu saja sobat bisa membuat sebuah kesimpulan mengenai:
A. Kelebihan dan Kekurangan Obeng Ketok (Impact Driver)
B. Kelebihan dan Kekurangan Obeng Biasa
C. Kelebihan dan Kekurangan Bor Tangan dipakai jadi Obeng Ketok

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form