Cara Duplikat Anak Kunci Gembok Kerja Bangku

Sobat tentu pernah kehilangan kunci dan mencari kunci yang hilang bukan perkara mudah. Oleh karena itu, beberapa orang memiliki kunci duplikat. Biasanya Sobat akan mengunjungi tukang kunci untuk membuat kunci duplikat.

Namun kejadian itu bisa Sobat hindari karena Sobat bisa membuat kunci duplikat sendiri dengan mudah dengan bahan yang tidak begiru susah untuk didapatkan. Yang perlu Sobat kerjakan adalah bahan seperti korek api, pita perekat atau selotip, dan tutup kaleng.

Cara Duplikat Anak Kunci Gembok Kerja Bangku

Hanya dengan mengikuti langkah berikut, Sobat bisa memiliki kunci duplikat dalam waktu kurang dari 10 menit.

Tahap pertama, ganggang kunci asli di atas api kecil dari lilin atau korek api. Pastikan bagian yang dibakar adalah bagian yang bergerigi hingga berwarna hitam. Kemudian siapkan pita perekat atau selotip yang memiliki struktur lebih keras. Kemudian tempelkan kunci yang sudah berwarna hitam tadi ke selotip hingga membekas ke pita perekat.

Siapkan bagian tutup kaleng dan potong sesuai dengan cetakan gambar dalam pita perekat. Langkah ini memang agak sulit. Yang harus Sobat lakukan adalah memotong bagian kaleng agar benar-benar menyerupai struktur kunci yang terbentuk pada pita. Jika langkah ini berhasil, itu berarti kunci duplikat Sobat sudah selesai.


Sobat bisa mencobanya sembari menyimak video tutorial lainnya dari YouTube.

Biasanya saat kita membeli gembok kita mendapakan 3 buah kunci kemudian memberikannya pada masing-masing anggota keluarga. Tetapi bagaimana bila jumlah orang lebih dari 3? tentu saja kita perlu menduplikat kunci itu. Ongkos untuk menduplikat kunci bisa dikatakan cukup murah, mungkin sekitar Rp 10.000,- kita sudah bisa mendapatkan kunci sesuai dengan contoh aslinya dan pengerjaanya pun sangat cepat. 

Cara Duplikat Anak Kunci Gembok Kerja Bangku

Bagaimana bila membuat duplikat kunci gembok sendiri? sebenarnya menduplikat kunci sendiri cukup mudah, dengan bermodal beberapa alat sederhana dan kesabaran kita bisa membuat sendiri kunci yang kita inginkan. Berikut cara-caranya.

Bahan Duplikat Anak Kunci Gembok Kerja Bangku
  • baut 7mm
  • kuas bekas
  • lem kayu
  • lem besi

Peralatan untuk membuat anak kunci
  • gerinda
  • kikir
  • gergaji
  • vernier kaliper/jangka sorong


Cara menduplikat anak kunci gembok

1. Kerjakan menggunakan gerinda, ratakan permukaan baut hingga datar. Buat semua sisi hingga berbentuk persegi panjang seperti kunci

2. Ukur lebar dan ketebalan kunci menggunakan caliper (jangka sorong). Bila ukuran hampir mendekati, lanjutkan menggunakan kikir untuk menipiskan


3.  Berikutnya adalah membuat gigi kunci. Pertama-tama ukur jarak gigi kunci asli menggunakan caliper, kemudian dengan menggunakan kikir kecil, buat gigi yang sama sesuai ukuran.

4. Apabila sudah, ukur kembali jarak gigi asli kunci menggunakan kaliper, lantas kikir lagi dan seterusnya.

Baut sudah dikikir persis kunci aslinya

5. Apabila seluruh gigi pada kunci telah dibuat, seharusnya sekarang kunci yang kita buat ini sudah bisa digunakan untuk membuka gembok.

Langkah Membuat Pegangan Kunci

1. Pertama-tama potong kepala baut lantas las ring 7mm pada bagian atas kunci sehingga menjadi seperti ini

2. Siapkan kuas bekas, kemudian potong dengan ukuran lebih besar daripada pegangan pada kunci menggunakan gergaji. Lantas potong kayu menjadi dua bagian

Melekatkan kayu untuk gagang kunci

3. Berikutnya buat coakan sebesar ring menggunakan alat bor dengan mata batu asah, Bila tidak ada, Sobat juga bisa menggunakan pahat.

4. Kemudian gunakan lem besi untuk menempelkan kunci pada kayu yang sudah diberi coakan.

5. Beri lem kayu pada permukaan kayu yang lain kemudian tempelkan dan jepit. Tunggu sekitar 1 hari agar kayu benar-bentar lengket.

6.  Selepas menungu satu hari, seharusnya pegangan kunci ini telah jadi, tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dan rapi, kita perlu memberi sedikit bentuk pada kayu menggunakan kikir ataupun amplas.

Membentuk pegangan kunci

Selepas beberapa proses akhirnya kunci ini selesai juga dibuat. Walaupun tidak secepat yang dikerjakan tukang kunci, kunci buatan kita ini bernilai seni dan Sobat dapat menunjukannya pada kerabat Sobat kemudian mengatakan ‘itu buatan tangan saya’ dengan bangga 😀

1 Comments

Previous Post Next Post

Contact Form