14 Langkah cara mengecek mesin mobil bekas

Beli kendaraan memiliki roda empat bekas adalah opsi alternative untuk memperoleh piranti kendaraan memiliki roda empat yang serupa pada harga yang lebih dapat dijangkau buat mengakali tingginya harga kendaraan memiliki roda empat gres. Tetapi demikian, belanja kendaraan memiliki roda empat bekas bukan permasalahan ringkas. Apa lagi seandainya dikerjakan oleh konsumen pemula atau orang pemula yang kurang pahami bagaimana tentukan kualitas sebuah kendaraan memiliki roda empat bekas.

Pada wajarnya , mayoritas lebih memandang satu kendaraan memiliki roda empat bekas cuman pada performa luar nya saja. Bila cat body mobil kelihatan mulus, kelihatan bersih, mengkilat, karena itu hal tersebut sudah dipandang cukup.

Walau perform kendaraan memiliki roda empat anggun dan rapi, tetapi ada banyak serpihan kendaraan memiliki roda empat yang lain yang penting diingat, misalnya keadaan mesin, keadaan suspensi, atau semua mekanisme kelistrikan kendaraan memiliki roda empat.

Membeli mobil bekas merupakan pilihan alternatif untuk mendapatkan perangkat mobil yang se 14 Langkah cara mengecek mesin mobil bekas

Kekurang hati-hatian dalam berbelanja kendaraan beroda empat bekas bisa menjadi bumerang bagi si pembeli. Mobil yang sebaiknya bisa langsung dipakai untuk beraktifitas, kenyataannya mesti mendekam usang di bengkel guna melakukan perbaikan.

14 Langkah cara mengecek mesin mobil bekas

Nah, pada potensi kali ini, ombro akan membuatkan info tentang cara mengevaluasi mesin kendaraan beroda empat bekas. Berikut yaitu cara menganalisa mesin mobil bekas...


1. Pеrhаtіkаn kоndіѕі ruаng mеѕіn

Langkah pertama untuk menyelidiki mesin kendaraan beroda empat bekas merupakan dengan mengamati keadaan ruang mesin secara menyeluruh. Bukalah kap mesin dan amati keadaan cat bodi di ruang mesin. Jika pada seluruh atau sebagian cat di ruang mesin terlihat gres, hal ini pertanda bahwa kendaraan beroda empat pernah turun mesin. Sebabnya tentu beragam, mampu alasannya adalah bekas gesekan, kebanjiran, atau dilema mesin lainnya.

Perhatikan pula rangka dibagian depan erat radiator dan lampu headlamp hingga sisi di kanan kiri fender. Mobil bekas tabrakan lazimnya mempunyai bekas lekukan yang tidak simetris, atau terlihat bekas perbaikan yang sulit diperbaiki bila tidak diganti dengan barang gres.


2. Cеk nоmоr mеѕіn

Pastikan nomor mesin yang ada di mesin ini sama dan sesuai nomornya dengan STNK yang ada guna menghalangi tindak penipuan. Selain itu, hal ini juga mampu membantu anda untuk mengetahui dimana letak nomor mesinnya sehingga dikala dibutuhkan anda sudah tau posisinya.


3. Cеk kоndіѕі оlі mеѕіn

Perhatikan keadaan oli mesin lewat stick oli yang ada. Keluarkan stick oli dan amati warna serta aroma oli mesin tersebut. Jika oli berwarna hitam bening dan higienis, umumnya mesin digunakan secara masuk akal . Namun bila oli berwarna coklat susu, hitam ada keraknya, atau bahkan tidak tampak oli di stick, anda perlu waspada sebab membuktikan mesin ada dilema.


4. Cеk kеbосоrаn оlі dаn аіr реndіngіn mеѕіn

Pastikan potongan atas mesin mulai dari engine cover, cylinder head, hingga oli pan yang berada dibagian bawah mesin bebas dari yang namanya kebocoran oli atau air pendingin mesin, mulai dari rembesan sampai yang menetes.

Meskipun kesannya sepele, kebocoran oli dan air pendingin mesin mengambarkan kendaraan beroda empat tersebut kurang perawatan, dan anda akan membutuhkan biaya embel-embel serta waktu untuk melaksanakan perbaikan tersebut.


5. Cеk kоmроnеn mеѕіn bеrbаhаn kаrеt

Komponen berbahan karet di mesin lambat laun akan keras dan retak, oleh lantaran itu perhatikan kondisi unsur mesin yang berbahan karet tersebut. Jika terlihat banyak retak-retak maka anda mesti menyiapkan dana untuk penggantian bagian tersebut


6. Cеk kоndіѕі kаbеl-kаbеl mеѕіn dаn ѕосkеtnуа

Kondisi kabel mesin pada kendaraan beroda empat bekas yang usianya lebih dari 10 tahun, biasanya sudah mulai keras dan retak-retak. Ada baiknya anda mengamati hal ini alasannya ialah untuk mengganti kabel-kabel mesin harganya cukup mahal dan sparepartnya jarang.


7. Cеk kеаdааn rаdіаtоr dаn ѕеlаng-ѕеlаng аіrnуа

Perhatikan kondisi radiator dan selang-selang airnya. Bukalah tutup radiator dan amati kondisi air radiatornya. Jika airnya tampakberminyak, keruh, atau didalam radiatornya berkerak, bisa jadi telah terjadi kebocoran oli dari mesin dan ini tidak manis untuk anda.

Pegang selang radiator, kalau terasa keras dan kaku, anda juga perlu waspada karena selang radiator yang kaku menunjukan di bab dalamnya telah sarat kerak dan kotoran yang di saat-waktu mampu menyumbat radiator.

8. Cеk kоndіѕі tіmіng bеlt dаn tаlі kіраѕ

Khusus untuk timing belt, perhatikan program penggantiannya, timing belt lazimnya diganti di kisaran 50.000 hingga 70.000 kilometer. Tanyakanlah kapan timing belt terakhir diganti, bila telah lama tidak diganti dan kilometer memperlihatkan sudah mendekati waktu akan diganti, maka anda perlu menyiapkan dana segera untuk penggantian timing beltnya (harga timing belt set biasanya cukup mahal).

Untuk tali kipas, keadaan tali kipas yang baik akan tampakhitam dan tidak retak-retak serta dalam posisi pemasangan yang normal. Kondisi tali kipas yang retak bisa membuat perkara ketika dijalan nantinya.


9. Kоndіѕі аkі kеndаrааn bеrоdа еmраt

Aki kendaraan beroda empat yang bagus secara fisik bentuknya rapih, tidak gembung dan mempunyai air aki yang jernih dan berada pada batas level ketinggian yang masuk akal. Jika didapatkan keadaan aki kendaraan beroda empat sudah gembung dan bab bawah dudukan aki tampakberkerak, ini ialah tanda yang kurang manis.


10. Pеngесеkаn ѕааt kunсі kоntаk роѕіѕі ON

Perhatikan lampu-lampu indikator di dashboard kendaraan beroda empat terutama untuk lampu indikator oli, lampu indikator aki, lampu indikator mesin (check engine). Pastikan ke 3 lampu indikator ini menyala sebelum anda menstarter mesin.


11. Cеk ѕааt ѕtаrtеr mеѕіn реrtаmа kаlі

Perhatikan kondisi dikala starter mesin. Mesin mobil yang elok, dikala distarter akan terasa enteng dan cepat hidup. Jika tidak demikian (sulit starter, tidak cepat hidup, sarter terasa berat) hal ini menunjukan bahwa sistem starter mempunyai kasus mulai dari aki kendaraan beroda empat hingga starter motor.


12. Cеk ѕеwаktu mеѕіn grеѕ реrtаmа kаlі hіduр

Ketika mesin gres hidup pertama kali, amati kondisi rpm mesinnya. Mesin yang wajar dihidupkan dari kondisi cuek, lazimnya rpm mesin akan naik sampai 1500 rpm dan berangsur-angsur turun ke rpm idling yang masuk akal . Jika rpm tak mauturun sehabis 5 menit mesin hidup, hal ini menunjukan mesin punya perkara di idling sistemnya (mirip ISC motor atau setelan rpmnya).


13. Cеk dі ѕааt mеѕіn hіduр

Perhatikan beberapa hal ini sewaktu mengevaluasi mesin mobil bekas ketika mesin hidup
  • Bunуі-bunуіаn аnеh dі mеѕіn (bunуі klеtеk-klеtеk уаng раrаh, аtаu bunуі mеѕіn mеndеngung)
  • Kоndіѕі rрm mеѕіn mеѕtі ѕtаbіl dі rрm іdlіng (tіdаk nаіk turun) tеrlеbіh kеtіkа kіtа mеnуаlаkаn AC kеndаrааn bеrоdа еmраt.
  • Sеmuа lаmрu іndіkаtоr реntіng раdа dаѕhbоаrd уаng аdа dі роіn ѕеbеlumnуа hаruѕ dаlаm kоndіѕі mаtі.
  • Gаѕ mеѕіn ѕесаrа rаndоm, jіkаlаu tеrdеngаr bunуі kеtukаn dі mеѕіn ѕеwаktu mulаі dі gаѕ hаl іnі mеnеrаngkаn mеѕіn рunуа реrѕоаlаn knосkіng (bіѕа аkhіr раkаі mаtеrі bаkаr rоn rеndаh аtаu аlаѕаnnуа аdаlаh реnуеtеlаn tіmіng mеѕіn уаng kurаng tераt).
  • Pеrhаtіkаn аѕар knаlроt. Idеаlnуа ѕааt mеѕіn hіduр tіdаk tеrlіhаt аѕар knаlроt (khuѕuѕ mеѕіn bеnѕіn). Jіkа munсul аѕар hіtаm, іnі іаlаh іndіkаѕі реnуеtеlаn bаhаn bаkаr tіdаk ѕеmрurnа. Jіkа аѕар рutіh, kеmungkіnаn оlі mеѕіn іkut tеrbаkаr.

14. Lаkukаn tеѕ jаlаn

Langkah terakhir untuk menganalisa mesin kendaraan beroda empat bekas semestinya dijalankan tes jalan. Dengan tes jalan kita bisa mengetahui kondisi dan penampilan mesin secara keseluruhan mulai dari performanya hingga berat entengnya tarikan mesin ketika digunakan.

Selain itu, dengan tes jalan kita juga bisa mengenali kondisi kopling mobil (kendaraan beroda empat manual). Kopling berat dikala di injak, susah masuk gigi, sampai akselerasi terasa lambat bisa menjadi indikator bila kopling kendaraan beroda empat mulai mempunyai masalah.

Demikianlah artikel wacana cara mengusut mesin kendaraan beroda empat bekas yang bisa ombro sampaikan , agar mampu memiliki kegunaan.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form