Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menyajikan huruf, angka dan etiket gambar teknik

Menyajikan huruf, angka dan etiket gambar teknik




A. Menyajikan Huruf dan Angka Gambar Teknik

Gambar teknik mempunyai tujuan menjelaskan maksud pelaksanaan dalam kegiatan teknik atau menuntun suatu kegiatan keteknikan pada umumnya. Karena itu mengandung suatu petunjuk yang berfungsi penting dalam kegiatan penyelesaian keteknikan.
 
Untuk melengkapi keterangan-keterangan pada gambar teknik supaya tidak terjadi salah tafsir maka perlu adanya keterangan berupa huruf, angka serta lambang-lambang teknik dalam susunan yang meyakinkan.

Hal hal yang perlu diperhatikan dari penulidan huruf dan angka pada gambar teknik adalah, mudah dibaca, keseragaman, dan keserasian. Huruf dan angka yang dipakai pada gambar teknik merujuk pada standar ISO 3098/1-1974, yakni harus mudah dibaca dan ditulis, serta bentuk huruf miring atau tegak. Tidak ada gaya khusus yang diperlukan, tetapi karakter harus menjadi konsisiten pada gambar yang sama. Huruf besar lebih disukai daripada huruf kecil.

contoh menulis huruf dan angka

Memproduksi ulang gambar diperlukan standar yang harus dipegang oleh seorang juru gambar. Juru gambar harus memperhatikan jarak diantara huruf, spasi pada dua huruf dan lain lain. Gambar dibawah ini menunjukan standar jarak dan ukuran pada huruf dan angka dalam milimeter.


ukuran huruf dan angka

tabel Tinggi Huruf dan Angka

Contoh atau gambaran dari huruf dan angka yang dipakai pada gambar teknik adalah sebagai berikut


jenis penulisan

ada dua metode dalam membubuhkan huruf dan angka pada etiket/gambar teknik, yaitu metode tegak lurus dan miring 75 derajat dari sumbu X

B. Menyajikan Etiket Gambar

Setiap gambar kerja yang dibuat, selalu ada etiketnya atau kepala gambar. Nah, apa sih etiket itu? Etiket adalah semua data-data atau informasi tentang gambar yang sudah dibuat. Etiket dibuat di sisi kanan bawah kertas gambar. Etiket memiliki bentuk dan format yang sangat bervariasi tetapi memiliki standard yang sama. Pada umumnya etiket (kepala gambar) ini harus kita cantumkan :




UKURAN PADA ETIKET

1) nama yang membuat gambar
2) nama gambar
3) nama instansi, departemen atau sekolah
4) nomor gambar
5) tanggal menggambar atau selesainyagambar
6) tanggal diperiksanya gambar dan nama yang memeriksa
7) ukuran kertas gambar yang dipakai
8) skala gambar
9) proyeksi yang dipakai pada gambar tersebut
10) satuan ukuran yang digunakan
11) berbagai data yang diperlukan untuk kelengkapan gambar.
Dalam membuat etiket pasti ada beberapa pertanyaan dari beberapa orang. Apakah etiket untuk kertas A4 dan untuk kertas A3 dan lainnya sama? Jawabannya adalah sama saja, baik bentuknya maupun ukurannya. Cuma bedanya adalah pada posisi kertasnya. Untuk kertas A4 biasanya posisi kertasnya adalah portrait dan untuk kertas jenis A3, A2,A1,A0 posisinya adalah landscape.


Etiket pada A4




Etiket pada A3 A2, A1, A0

ukuran garis tepi pada etiket



Ukuran Garis tepi pada Etiket
batas tepi etiket untuk yang dijilid adalah 20 mm, kemudian untuk jarak yang lain adalah menurut ukuran kertas. lihat C pada tabel.
Ada tambahan lain pada etiket mengenai gambar assembly/ rakitan. Pada gambar assembly ada tambahan tentang informasi komponen yang digunakan. Baik jenis nama bagiannya, jumlahnya, bahannya, posisinya, ukurannya, standarnya dll.


tambahan pasa etiket Assembly/rakitan

dengan adanya keterangan komposisi di kepala gambar seperti diatas, maka akan memudahkan dalam berbelanja bahan. karena ukuran dan jenisnya sudah diketahui. selain itu juga bahan yang dibeli tidak akan kurang dan kelebihan, sehingga lebih efisien waktu dan biaya.
contoh :


Demikian materi menyajikan huruf angka dan etiket gambar teknik ini. Semoga sobat bisa juara dalam semua materi pelajaran.

Post a Comment for "Menyajikan huruf, angka dan etiket gambar teknik"