Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

kiprok motor 5 komponen full DC power 120 watt

               By : uncle zak
Kiprok adalah komponen kendaraan motor yang sangat penting, fungsinya merubah arus listrik AC menjadi arus DC, agar bisa mengecas aki dan menghidupkan aksesoris motor yang menggunakan arus listrik DC. Seperti lampu besar untuk penerangan, lampu sein, klakson, CDI DC, lampu dasbor dan sebagainya.
ada banyak model dan sistem rangkaian kiprok yang dibuat oleh produsen motor, namun kali ini paman zak akan memberikan solusi terbaik untuk anda sebuah kiprok super simple hanya menggunakan 5 komponen elektronik yang bekerja secara efektif dan efisien untuk charging aki motor kesayangan anda bagaimana membuatnya bisa dilihat rangkaian seperti dibawah ini

Memakai scr bt151 berfungsi untuk merubah arus AC menjadi DC yang mampu mensuplai energi maksimum sebesar 12 ampere, SCR bt151 bisa diganti juga denga scr tipe tyn 825 tyn1225, bt152 atau scr yang tipe 2N6509, fungsi transistor 2n5551 untuk mensuplai  Pulse gate scr agar scr bisa aktif fungsi resistor 22k arus DC untuk membuka base transistor agar menjadi aktif sedangkan fungsi diode zener 15 volt berfungsi untuk membatasi voltage aki sesuai yang kita rencanakan pada area 14 volt. Dan untuk fungsi diode 1 ampere untuk merubah arus AC menjadi DC untuk mensuplai arus  dan mengaktivkan transistor 1N5551.

Wujud komponen  elektronik 


diode 1 ampere 

bt151



bagi yang ingin melihat bagaimana proses pembuatan kiprok motor 5 komponen full dc power 120 watt bisa dilihat di video dibawah ini :

Selamat mencoba dan berkreasi dalam petualangan membuat sebuah kiprok 5 Komponen 120 Watt dan semoga bermanfaat bagi masyarakat otomotif Indonesia dan dunia internasional

Salam damai dari kota Tangerang Banten



Post a Comment for "kiprok motor 5 komponen full DC power 120 watt"