Water Pump Mobil Bocor, Awas Overheating Mengintai

Wаѕраdа mеѕіn оvеrhеаt - banyak sekali penyebab kenapa mesin mobil mengalami panas berlebihan atau overheating yang kemudian membuat mesin mobil menjadi mogok dan dalam kondisi yang sangat parah mesin mobil tidak bisa dihidupkan kembali akibat bengkoknya kepala silinder atau cylinder head mesin, sehingga kompresi mesin bocor ( hilang ).

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kenapa mesin mobil mengalami overheat adalah karena adanya kegagalan sistem pendinginan mesin, baik itu karena adanya kebocoran pada sistem radiator, terjadi kerusakan pada komponen thermostat, atau adanya kerusakan pada bagian pompa air alias water pump sehingga proses sirkulasi pendingin terhambat.

 banyak sekali penyebab kenapa mesin mobil mengalami panas berlebihan atau overheating yan Water Pump Mobil Bocor, Awas Overheating Mengintai



Fungѕі роmра аіr dіdаlаm mеѕіn mоbіl

Fungsi utama dari water pump atau pompa air didalam sistem pendinginan mesin ialah sebagai alat pemompa dan mensirkulasikan air panas dari dalam mesin menuju ke radiator, dan juga sebaliknya menghisap air yang telah didinginkan dari dalam radiator dan dimasukkan kedalam mesin agar suhu mesin tetap terjaga dibawah titik didih yang bisa menyebabkan overheat.

Pompa air ini termasuk komponen yang gampang sekali rusak, terutama jika anda menggunakan cairan air radiator sembarangan seperti memakai air sumur atau air yang mengandung bahan organik penyebab karat sehingga didalam komponen pompa air ini timbul karat dan merusak kipas pompa air.

Pompa air yang telah berkarat akan menurun kemampuannya dalam mensirkulasikan air pendinginan mesin atau bahkan hilang sama sekali, sehingga resiko mesin mobil overheat semakin besar. Seperti kasus yang pernah penulis alami sesuai gambar diatas, sebuah pompa air mobil Isuzu Panther yang telah rusak karena karat dan tidak mampu lagi memompa air dengan debit yang seharusnya sehingga mesin pun terjadi overheat.

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan sistem pendinginan mesin silahkan baca juga dibawah ini :



Maka dari itu agar tidak terjadi kerusakan pada komponen water pump ini maka lakukan perawatan pada sistem pendinginan mesin dengan sebaik mungkin, terutama untuk cairan pendingin, jangan sekali kali menggunakan air sembarangan. Gunakanlah air khusus radiator agar tidak terjadi karatan didalam saluran sistem pendinginan mesin. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.


Bintan News

Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form