Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Jenis Kampas Rem, Awas Jangan Salah Beli

Mасаm jеnіѕ kаmраѕ rеm - salah satu piranti paling vital yang terpasang pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan ialah kampas rem. Oleh sebab itu anda sebagai pemilik kendaraan pun wajib rutin memeriksa ketebalan dari kampas rem tersebut, jika sudah dirasa tipis maka sebaiknya sesegera mungkin dilakukan penggantian agar nantinya tidak membahayaan diri anda saat berkendara.

Di pasaran sendiri banyak dijual kampas rem mulai dari yang original sesuai rekomendasi pabrikan otomotif, sampai kampas rem aftermarket dengan berbagai jenis atau type, tentunya harus membuat anda teliti dan pintar dalam memilih, sebab jika anda sampai salah memilih bisa bisa menyebabkan kerusakan yang tidak di inginkan terhadap unit kendaraan anda.

 salah satu piranti paling vital yang terpasang pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk Mengenal Jenis Kampas Rem, Awas Jangan Salah Beli


Nah di pasaran sendiri setidaknya ada 4 jenis kampas rem berdasarkan bahan baku pembuatan kampas. Dan dengan mengetahui jenis serta ciri kampas rem dari masing masing model, anda bisa menyesuaikan kampas rem model mana yang bagus untuk diaplikasikan ke kendaraan kesayangan anda. Dan dibawah ini adalah beberapa jenis bahan pembuat kampas rem tersebut.

Jеnіѕ kаmраѕ rеm kеndаrааn


1. Kаmраѕ rеm оrgаnіk

Kampas rem organik adalah jenis kampas rem yang menggunakan material organik sebagai bahan baku utamanya seperti serbuk kayu, karbon, asbes dan bahan lunak organik lainnya. Dan kampas jenis organik ini adalah jenis kampas rem yang paling banyak digunakan sebagai suku cadang standar pabrik. Memiliki keunggulan utama yakni tidak timbul suara berisik alias silent, berbahan lunak sehingga tidak merusak rotor disc atau disc brake.

Kekurangan dari kampas rem organik ini adalah karena bahan pembuatnya lunak maka kampas ini gampang sekali habis bila dibandingkan dengan kampas rem jenis lain. Selain itu ketika kampas ini menerima suhu panas yang tinggi akan mudah sekali kehilangan daya pengeremannya bahkan beberapa kasus membuat kampas rem ini lepas atau rontok. Kampas rem organik sangat cocok dipasangkan di kendaraan perkotaan yang ramai dan tidak terlalu digunakan kebut kebutan.

2. Kаmраѕ rеm ѕеmі - mеtаl / ѕеmі оrgаnіk

Jenis kampas rem yang kedua adalah kampas rem berbahan semi metal atau disebut juga semi - organik yang artinya kampas rem ini adalah perpaduan dari bahan organik namun dan metal seperti serbuk besi, serbuk tembaga, serbuk alumunium dan serbuk metal lainnya dengan kandungan logal metal antara 10% sampai 30% untuk yang jenis low, dan 30% hingga 60 % untuk yang standar.

Karena didalam kampas ini terdapat serbuk metal membuat kampas semi - metal ini lebih bagus ketimbang kampas organik dalam hal kemampuannya di suhu yang tinggi serta sangat cocok dipasangkan pada kendaraan yang digunakan secara agresif bermanuver dan stop n go. Seperti gading yang tak retak, selain memiliki keunggulan tersebut ternyata kampas rem semi - metal ini juga memiliki kekurangan yakni produksi serbuk bekas pengereman lebih banyak sehingga jika tidak rutin dibersihkan beresiko merusak bagian rotor disc / drum brake. Selain itu di daerah bersuhu dingin, penggunaan kampas semi metal ini kurang begitu powerfull.

3. Kаmраѕ rеm ѕіntеr / full mеtаl

Kampas rem selanjutnya adalah dari jenis sinter atau full metal yang artinya kampas rem ini dibuat dari perpaduan serbuk metal dalam proses pembuatannya. Harga dari kampas rem sinter atau full metal ini juga lumayan lebih mahal karena kemampuan dari kampas rem jenis ini juga sangat bagus untuk pengereman,kuat serta mampu menahan suhu yang sangat tinggi. Namun kekurangan dari jenis kampas ini adalah bisa merusak komponen cakram standar mobil. Jika anda ingin menggunakan kampas jenis ini sebaiknya ganti juga rotor disc dengan yang berbahan keras.

4. Kаmраѕ rеm kеrаmіk

Kampas keramik adalah sebuah kampas rem yang dibuat dari perpaduan bahan keramik seperti karbon dan silikon dimana ketahanan dari kampas ini lebih bagus ketimbang kedua jenis kampas yang telah disebutkan diatas. Harga yang ditawarkan untuk kampas rem keramik ini lumayan sangat mahal dibanding jenis lainnya, namun demikian kelebihan dari kampas keramik ini patut dipertimbangkan karena minimnya ampas sisa pengereman serta kemampuan pengereman yang sangat mumpuni di suhu tinggi sehingga kampas ini sangat cocok dipasangkan ke kendaraan balap / racing. Selain itu juga kampas keramik ini tidak merusak cakram.

 salah satu piranti paling vital yang terpasang pada sebuah kendaraan yang berfungsi untuk Mengenal Jenis Kampas Rem, Awas Jangan Salah Beli


Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai jenis jenis kampas rem yang beredar di pasaran. Semoga tulisan diatas bermanfaat sebagai раnduаn mеmіlіh kаmраѕ rеm yang cocok untuk kendaraan anda, dan jangan lupa dibagikan artikelnya, terimakasih.



Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Mengenal Jenis Kampas Rem, Awas Jangan Salah Beli"