Ini Penyebab Performa Mesin Jadi Menurun

Tеnаgа mеѕіn mеnurun - Pernahkah anda memiliki kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil yang sudah lama dipakai dan tenaga atau performa mesin menjadi menurun alias loyo ?
Kondisi menurun nya tenaga mesin kendaraan ini bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, dan salah satunya adalah melemahnya kompresi mesin sehingga saat proses pembakaran terjadi, ledakan tenaga tidak bisa disalurkan secara maksimal.

 Pernahkah anda memiliki kendaraan baik itu sepeda motor maupun mobil yang sudah lama dipa Ini Penyebab Performa Mesin Jadi Menurun

Untuk melakukan identifikasi dari kompresi mesin yang telah menurun bisa kita ketahui dari beberapa gejala yang biasanya timbul seperti busi sering kali mati, keluar asap putih dari lubang knalpot, dan juga oli mesin yang sering kali berkurang bahkan habis.

Asap putih yang keluar dari dalam knalpot ini diakibatkan karena sudah aus nya ring piston, sehingga oli pelumas merembes masuk kedalam ruang bakar. Dan didalam ruang bakar ini oli akan ikut terbakar sehingga terciptalah asap putih tersebut.

Selain menciptakan asap putih, oli yang ikut masuk kedalam ruang bakar ini membuat busi menjadi gampang mati, kepala busi berubah warnanya menjadi hitam serta penuh kerak akibat terbakarnya oli mesin tadi.

Akibat paling berbahaya jika keausan ring seher sudah terlanjur parah dapat mengakibatkan oli mesin lebih banyak yang terbakar dan akhirnya oli mesin ini habis. Dampak yang terjadi adalah semua komponen mesin tak lagi mendapatkan pelumasan karena habisnya oli, dan karena tidak memperoleh pelumasan sebagaimana mestinya akan membuat semua komponen bergerak didalam mesin menjadi aus, bahkan bisa membuat piston macet dan menjeblokan blog mesin.

Nah bila kendaraan anda terasa loyo dan tidak bertenaga lagi, coba lakukan pemeriksaan apakah muncul asap putih dari knalpot, lakukan pengecekan pula ketinggian oli mesin, jika sering berkurang namun tidak ada kebocoran pada blog mesin, bisa dipastikan ring piston mobil atau motor anda mengalami keausan. Segera lakukan penggantian agar tidak terjadi hal hal yang sangat merugikan di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Bintan News

Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form