Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Benarkah Rem ABS Bisa Mengurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor ?

Rеm ABS bіѕа kurаngі аngkа kесеlаkааn - saat ini masih banyak masyarakat indonesia yang memilih membeli kendaraan roda dua untuk alat transportasi mereka. Khususnya di kota kota besar yang sangat identik dengan yang namanya kemacetan seperti di ibukota jakarta ataupun di beberapa kota besar lain seperti surabaya.

Menggunakan sepeda motor memiliki kelebihan yakni bisa menerobos kemacetan bila dibandingkan dengan mobil. Namun demikian semakin banyaknya pengguna sepeda motor, menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut bahwa di negara Indonesia memiliki peringkat ke tiga dunia pasar sepeda motor terbesar dimana hal ini diikuti dengan peningkatan angka kecelakaan di negara ini.

 saat ini masih banyak masyarakat indonesia yang memilih membeli kendaraan roda dua untuk  Benarkah Rem ABS Bisa Mengurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor ?

Perlu anda tahu bahwa angka kecelakaan yang berkaitan dengan sepeda motor ini mencapai angka 36%, hal ini tentu sangat banyak dibandingkan negara jepang yang notabene negara produsen otomotif terbesar dunia yang hanya memiliki angka kecelakaan sebesar 3.7% saja.

Dengan adanya teknologi pengereman dengan sistem ABS yang disematkan di kendaraan bermotor roda dua, menurut beberapa lembaga survey menyebutkan, dengan penambahan sistem ABS pada sepeda motor ini mampu mengurangi angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya hingga 26%. Beberapa lembaga yang pernah melakukan pengujian mengenai sepeda motor tanpa ABS dan sepeda motor dengan ABS diantaranya adalah Highway Loss Data Institute (HLDI), Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) yang pertama kali melakukan riset mengenai sistem ABS dan pengaruhnya terhadap kecelakaan motor di tahun 2008 yang lalu.

Begitu pula dengan riset yang dilakukan oleh sebuah badan riset lintas negara yang pernah dipublikasikan di US National Library of Medicine juga menyebutkan pendapat yang sama, yakni dengan penggunaan rem berteknologi ABS bisa menurunkan angka kecelakaan sebesar 27% di negara italia, dan menurun sebanyak 22% di negara spanyol.

Dan dari berbagai data yang ada itulah banyak pemerintah negara yang menyerukan untuk melengkapi kendaraan bermotor roda dua dengan teknologi ABS agar tingkat kecelakaan lalu lintas motor roda dua ini menurun. Di negara Eropa misalnya, pengaplikasian teknologi ABS pada sistem pengereman sepeda motor ini sudah jamak dilakukan untuk motor berkapasitas mesin diatas 125cc per 1 januari tahun 2016 kemarin. Sedangkan di negara kita Indonesia hanya beberapa jenis sepeda motor yang menggunakan rem model ABS, mungkin ke depannya sepeda motor yang menggunakan rem berteknologi ABS akan semakin banyak berseliweran di jalan raya indonesia.

Fungѕі tеknоlоgі ABS

ABS adalah kependekan dari Anti Lock Bracking System dimana saat sepeda motor melaju kencang di jalan raya dan kemudian di rem mendadak, kita terhindar dari kecelakaan misalnya jatuh, oleng, ban slip dan lain sebagainya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai sistem ABS silahkan baca tulisan kami lainnya melalui taut link dibawah ini.

Baca juga : Pеngеrtіаn dаn саrа kеrjа rеm ABS

 saat ini masih banyak masyarakat indonesia yang memilih membeli kendaraan roda dua untuk  Benarkah Rem ABS Bisa Mengurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor ?
Sаlаh ѕаtu рrоduk mоtоr kаwаѕаkі уаng mеnggunаkаn ABS


Nah itulah tadi sekilas info mengenai реngаruh dаrі rеm bеrtеknоlоgі ABS tеrhаdар kеѕеlаmаtаn bеrkеndаrа. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.



Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Benarkah Rem ABS Bisa Mengurangi Angka Kecelakaan Sepeda Motor ?"