Ban Luar Mobil Sobek Apakah Bisa Ditambal ?

Pеrbаіkаn bаn luаr реrbаіkаn bаn tubеlеѕѕ - sering kali kita menemui kecelakaan akibat pecahnya ban mobil di jalan raya, penyebab pecah ban ini sangatlah beragam, mulai dari kelalaian pemilik yang tidak mengganti ban gundul dengan yang baru, juga diakibatkan karena adanya paku yang menancap namun tidak segera dilakukan penambalan. Bisa juga diakibatkan karena adanya robek pada dinding ban akibat membentur lubang di jalanan.

Kebanyakan pemilik mobil tidak mengerti bahwa ban yang sobek ( walaupun sedikit ) ini dapat membahayakan nyawa, sebab jika robek an pada ban tersebut pecah saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, bisa membuat mobil terbalik dan terguling guling tak terkendali.

Perbaikan ban luar perbaikan ban tubeless Ban Luar Mobil Sobek Apakah Bisa Ditambal ?

Nah oleh sebab itu kita sebagai pemilik mobil wajib melakukan pemeriksaan pada bagian ban ini sendiri sebelum menggunakan mobil. Apakah ada robek pada bagian dinding ban ataukah tidak, atau apakah pada ban tersebut tertancap paku ataukah tidak ?. Bila terdapat paku yang menancap segera mungkin lakukan tambal ban cacing, sedangkan jika pada ban mobil terdapat luka robek dibagian dinding, alangkah baiknya tidak menggunakan ban tersebut untuk perjalanan, lakukan rotasi ban yang robek tersebut dengan ban serep yang kondisinya lebih bagus.

Lаlu bаgаіmаnа jіkа tеrnуаtа bаn ѕеrер jugа tіdаk bеgіtu bаguѕ ?

Dilema memang sebab banyak sekali pengguna mobil yang masih mengandalkan ban serep tidak layak pakai sehingga mau tidak mau harus memperbaiki ban yang robek tersebut dibandingkan merotasi nya dengan ban serep.

Bіѕаkаh bаn luаr уаng ѕоbеk dі реrbаіkі ?

Jika luka robek pada ban luar / tubeless tersebut berukuran kecil, misalnya saja sobek nya sekitar 2 sampai 4 cm masih bisa dilakukan perbaikan dengan jalan mengelem robekan ban tersebut dengan sealer dan dirapatkan. Selanjutnya pada bagian dalam ban dilakukan penambahan lapisan karet ban dengan teknik tambal ban Tip Top, tujuannya untuk memperkuat dinding ban yang robek tadi sehingga ban tubeless / ban luar tadi bisa digunakan kembali. Untuk teknik penambalan yang bagus dan teliti bahkan bisa memperbaiki ban yang memiliki robekan panjang seperti yang terlihat pada foto diatas.

Untuk menambah keamanan terhadap ban robek yang telah dilakukan repair, sebaiknya anda pasang ban dalam sebagai pendukung jika ban luar tadi kondisinya masih tebal. Namun jika ternyata ban yang robek tadi sudah tipis alias gundul, jalan terbaik adalah menggantinya dengan ban baru.

Nah itulah tadi sekilas mengenai ban luar mobil yang robek apakah bisa diperbaiki ataukah tidak. Untuk membaca tulisan kami yang lain seputar ban, silahkan lihat daftarnya dibawah ini.





Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.



Bintan News

Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form