Apakah Aki Kering Bisa Di Cas ?

Aра bіѕа аkі kеrіng dі саѕ - mungkin hal ini masih menjadi banyak perdebatan di kalangan pecinta otomotif khususnya otomotif roda dua mengenai masalah aki motor type kering, apakah aki kering ini bisa di cas ataukah tidak. Beberapa orang menjawab bisa dan beberapa lagi menjawab tidak. Lalu jawaban manakah yang benar mengenai pertanyaan diatas apakah aki kering bisa di lakukan pengecasan.


Cаrа kеrjа ѕіѕtеm реngіѕіаn аkі

Salah satu komponen yang paling vital yang ada pada kendaraan atau mesin apapun adalah baterai karena baterai disini memiliki peran sebagai penyuplai daya untuk menggerakkan dinamo starter, yang selanjutnya putaran dari dinamo starter ini akan memutar flywheel atau ring gear yang memicu proses terjadinya pembakaran didalam ruang mesin.

 mungkin hal ini masih menjadi banyak perdebatan di kalangan pecinta otomotif khususnya ot Apakah Aki Kering Bisa Di Cas ?


Setelah mesin menyala maka baterai atau aki ini sudah tidak diperlukan lagi karena kebutuhan energi listrik untuk proses pembakaran dan menyalakan lampu lampu akan disuplay oleh alternator atau pembangkit listrik pada mobil, atau spul pada sepeda motor. Dan karena sering nya aki digunakan untuk starter maka lama kelamaan energi didalamnya akan berkurang, sehingga kemudian aki ini akan di carger ulang secara otomatis sampai penuh yang nantinya bisa digunakan lagi untuk menstarter di lain waktu. Jadi baik aki basah mapun аkі kеrіng bіѕа dі сhаrgеr аtаu dі саѕ.

#Akі kеrіng tуре gеl

namun khusus untuk aki kering type "gel"ini memiliki kontruksi yang berbeda dengan aki basah. Pada aki kering jenis gel, terdapat sebuah cairan kental seperti jelly yang fungsi nya sama dengan cairan zurr pada aki basah, yakni sebagai elektrolit untuk menyimpan energi listrik. Setelah sekian lama digunakan maka gel dari aki kering ini akan benar benar mengering sehingga tidak bisa digunakan menyimpan energi listrik kembali dan satu satunya jalan adalah dengan melakukan penggantian aki yang sudah kehilangan kinerja nya ini dengan aki kering yang baru.

Hal ini berbeda sekali dengan aki type basah ataupun aki MF yang memakai cairan zurr sebagai elektrolitnya yang mana seiring penggunaannya cairan elektrolit ini hanya akan menguap dan berkurang saja ( tidak mengering seperti aki type kering ), dan jika sudah ditambah oleh air penambah kinerja nya akan pulih seperti sedia kala begitu seterusnya.

Jadi aki kering "gel" ini saat terpasang di mesin motor ataupun mobil tetap akan di cas secara otomatis oleh alternator atau spul sampai aki benar benar tidak mampu lagi menyimpan daya. Namun saat jelly yang ada didalam aki ini sudah benar benar menjadi kering atau rusak maka anda cas pun tidak akan menyimpan tenaga lagi dan harus diganti aki baru.

#Akі MF Mаіntеnаnсе Frее

Khusus untuk aki MF banyak orang yang salah mengidentifikasi sebagai aki kering padahal aki MF ini sama saja dengan aki basah, hanya saja teknologi yang diaplikasikan lebih modern, bagian atas aki yang biasa terdapat lubang untuk menambahkan air aki akan di segel atau di seal dengan menggunakan lem perekat yang kuat dari pabrikan.

Fungsi dari penyegelan ini dimaksudkan untuk lebih meminimalkan penguapan cairan elektrolit aki dan selain itu juga sebagai pengaman agar air aki didalamnya tidak akan tumpah walaupun aki ini di jungkir balikkan. Aki jenis MF ini juga sama sama bisa di cas, dan seiring penggunaannya maka kinerja nya akan menurun dan aki tidak bisa lagi menyimpan energi listrik dari alternator atau spull. Untuk mengembalikan kinerja lagi maka anda perlu membongkar segel aki, kemudian mengisikan air Zur kedalamnya dan menutup kembali segel AKI dengan perekat yang kuat.

Baca juga : Cаrа gаmраng саѕ аkі kеrіng kеmbаlі ѕереrtі bаru

Untuk penjelasan secara detail mengenai jenis jenis aki agar kalian semua tahu perbedaannya silahkan baca ulasan jenis aki lengkap melalui tautan dibawah.


Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di bantu share.


Bintan News

Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form