Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang Part 2

by : Zakir Skynet


Jurnal ilmiah kali ini masih terkait dengan modifikasi sistem kelistrikan lampu utama motor, lebih khusus lagi sebuah metode untuk menambah pencahayaan lampu utama motor sistem ac dengan cara menambah arus listrik dan voltase pada jalur kabel lampu utama, dimana maksimal  output voltage tetap terkontrol. Tujuan modifikasi ini agar sistem penerangan lampu yang menggunakan sistem ac mendapatkan cahaya lampu super maksimal dan jauh lebih terang dari model full DC.

Modifikasi model sistem seperti ini sangat mudah dilakukan, mungkin lebih sulit memasang tali sepatu anda, jadi siapapun yang membaca artikel ini pasti akan sanggup dan bisa melakukannya, jadi anda termasuk orang-orang yang beruntung membaca jurnal ilmiah ini, bagaimana trik ini dilakukan bisa dilihat pada gambar dibawah ini, cukup memindahkan input kabel lampu dari kabel kuning standar motor, dipindahkan ke jalur ke kabel jalur charging aki, maka cahaya lampu motor anda akan memantulkan sinar yang sangat dasyat jauh dari apa yang anda bayangkan.



Latar Belakang Inovasi

Lampu utama motor merupakan salah satu komponen yang sangat vital dalam berkendara, saat ini sudah  banyak beredar dipasar otomotif model-model lampu dengan sinar yang sangat mendukung dalam berkendara seperti lampu HID, namun kendalanya memakai lampu  model ini  aki motor seringkali mengalami ketekoran, dan pada akhirnya lampu HID pun bersinar kurang  sempurna.

Dalam rangka memenuhi keinginan para pemilik kendaraan motor,  dimana harapannya  lampu motor bersinar super terang, dengan tingkat efisiensi super ekonomis dan dengan modif yang super sederhana,  maka institut teknologi paman zak melakukan riset selama 2 bulan yang dibiayai dari dana APBD paman zak  ( anggaran pendapatan belanja dapur paman zak ), maka hasilnya sangat super maksimal, lampu  utama motor dapat bersinar terang pada rpm 1000 lampu sangat stabil, rpm sedang jauh lebih terang dari pada full dc, sedangkan pada rpm tinggi sangat super terang jauh dari apa yang anda bayangkan, dengan voltage tetap terkontrol pada batas toleransi kewajaran.




Langkah langkah Pasti Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang

pada gambar dibawah ini terlahat diagram secara umum sitem kelistrikan dimana lampu utama motor konek ke jalur kabel tengah yang berwarna kuning, pada jalur kuning ini umumnya voltage  kiprok/regulator hanya pada area 10 s/d 12 volt, pada rpm tinggi, sedangkan pada rpm rendah 5 s/d 7 volt, jadi sangat wajar jika sistem standar sistem pencahayaan kurang memadai.

Sistem Kelistrikan Standar Motor

Modifikasi Lampu Motor Model Uncle Zak


Pada gambar dibawah ini terlihat modif model ini cukup memindahkan kabel lampu besar ke jalur kabel putih, maka lampu akan semakin terang pada rpm yang sama, dibandingkan dengan model standar, untuk modif model ini peralatan yang dibutuhkan :
  • Kabel dengan serabut tebal kurang lebih 1/2 - 1 meter
  • Isolator
  • Gunting
  • lampu motor 35 s/d 55 watt

Sistem Modif Kelistrikan model uncle zak


Lampu Osram 35 watt  4000 Kelvin Sinar Sangat Mantap

Lampu OSRAM 35 watt 4000 Kelvin super terang


kabel untuk modif


Langkah-Langkah Modifikasi


Ada dua cara mudah  untuk modifikasi lampu model seperti ini :


Cara 1:  masuk ke area dasbor switch lampu kabel kuning dipotong, sambung kabel baru , kabel yang satu diisolasi, selanjutnya  menuju area kiprok, cari kabel warna putih  kupas sedikit biar terlihat serabut tembaganya , selanjutnya sambungkan ujung kabel yang baru ke kabel putih kemudian diisolasi,
modif selesai !   seperti pada gambar dibawah ini :

masuk area switch lampu  mencari kabel kuning

didalam dasbor switch terlihat kabel lampu berwarna kuning


Kabel lampu utama motor warna kuning diputus

potongan kabel menuju switch konek ke kabel baru

ujung kabel tambahan konek ke kabel putih kiprok or stator, modif selesai,  isolasi dan rapikan kabel tambahan  masukan kedalam casing sayap motor  agar terlihat rapih


Cara 2 : bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

menuju area stator keluarnya kabel putih dan kuning :

kabel kuning diputus kabel putih dikupas sedikit


kabel kuning menuju lampu konek ke kabel putih


kabel kuning yang satu konek ke kabel baru

kabel semua di isolasi kabel kuning dari stator dan kabel baru menuju kiprok

 Menuju Area Kiprok

kabel kuning diputus

kabel kuning dari stator konek ke kabel kiprok dan yang satu lagi diisolasi, modif selesai

Test output voltage jalur kabel putih 

Data Riset :
Tes output  voltage jalur kabel putih dilakukan dijalan Imam Bonjol Tangerang, rpm tinggi tanpa beban  gas digeber sampai habis lampu merah dilewati, voltage terbaca 18 volt, selanjutnya diberi beban lampu 35 watt, voltage menunjukan 16 volt, cahaya lampu menunjukan performa yang luar biasa, batu -batu nisan dari jarak 100 meter bisa terlihat. test berikutnya beban lampu diganti pakai 100 watt halogen lampu mobil, cahaya lampu menunjukan performa super terang   voltage menunjukan angka 13 volt.
akhir cerita riset, sampai artikel ini ditulis selama 1 bulan lampu masih bersinar terang belum putus, lampu motor  paman zak  pakai merk Osram 35 watt 4000 kelvin seperti pada gambar diatas.

voltage tanpa beban


pakai beban 100 watt RPM tinggi voltage  stabil pada area 13 volt mantap




pakai beban 35 watt RPM tinggi 16 volt, mantap !





 
  
Catatan Penting Hasil Riset Paman Zaks Model Part 2  :
  • sebelum modif lakukan pengukuran voltage kabel kiprok warna putih, jika motor digeber rpm tinggi pada area 18 s/d 24 volt maka modif dapat dilakukan
  • jika Voltage kabel putih mencapai lebih dari 24 volt sampai tak terhingga, sebaiknya kiprok diganti  pakai kiprok honda legenda, supra original dan non original merk fukuyama


Semoga jurnal ilmiah ini bermanfaat untuk seluruh rakyat Indonesia dan warga dunia

Post a Comment for "Cara Mudah Modifikasi Lampu Motor Semakin Terang Part 2"